SMPN 1 CIPONGKOR KUNJUNGI TKB BINAAN

Cipongkor (Newsroom). SMPN 1 Cipongkor mengunjungi sejumlah Tempat Kegiatan Belajar (TKB) di wilayah binaanya di Kecamatan Cipongkor. Kegiatan yang bertujuan menyosialisasikan sejumlah program pendidikan tersebut, dilaksanakan secara terpogram dan berkelanjutan, Selasa (10/7/21).

Pelaksana Tugas Kepala SMPN 1 Cipongkor, Agus Solihin, mengungkapkan kegiatan di atas, selain memberikan sosialisasi sejumlah program dan kebijakan pemerintah terkait pembelajaran yang akan dilaksanakan di tahun ajaran 2021/2022, juga untuk mengetahui kondisi terkini TKB-TKB di wilayah binaanya. Menurutnya, hal ini diperlukan agar para proses pembelajaran di masa pandemi ini dapat berlangsung secara optimal sehingga pelayanan pendidikan bagi para siswanya dapat berjalan sesuai dengan harapan semua pihak.

“Kunjungan ke TKB-TKB di wilayah binaan kami, selain menyosialisasikan sejumlah regulasi pemerintah di masa pandemi, juga untuk mengetahui kondisi sesungguhnya tempat kegiatan belajar mereka. Hal ini sangat penting untuk menentukan langkah efektif dan efisien bagi kemajuan dan perkembangan pembelajaran para peserta didik yang dikelola TKB,” ungkapnya.

Ditambahkannya, saat ini sekolah yang dipimpinnya mengelola lima TKB, yakni TKB AL Ikhlash Sukamulya, TKB Neglasari, TKB Ciketa, TKB Cikawung, dan TKB Neglasari. Semuanya berada di pelosok daerah yang secara geografis sulit mendapatkan akses sekolah lanjutan tingkat pertama. Oleh karena itu, pihaknya mengunjungi tempat kegiatan belajar tersebut dengan mengikutsertakan, para pengelola TKB, guru pamong, tenaga administrasi, dan para siswa.

Lebih jauh disampaikan, pada tahun pelajaran 2021/2022 pihaknya telah mencanangkan sejumlah program unggulan, seperti peningkatan kualitas sarana prasarana seperti pengadaan dan optimalisasi teknologi informasi, pembenahan sekolah dalam rangka menuju Adiwiyata dengan menanam pohon-pohon hias dan produktif, termasuk peningkatan kualitas sumber daya manusianya.

Hal di atas, menurutnya merupakan salah satu upaya sekolah dalam meningkatan kualitas pelayanan pendidikan bagi masyarakat dan warga sekolah. Termasuk di dalamnya para TKB binaannya.

Sementara itu, Pengelola TKB Al Ikhlas Sukamulya Cipongkor, Kyai Dindin Sofyan Abdulah, menyampaikan apresiasi atas kunjungan rombongan SMPN 1 Cipongkor. Menurutnya hal ini menjadi motivasi pihaknya untuk terus meningkatkan mutu kegiatan belajar mengajar anak didiknya.

“Kami sangat berterima kasih atas kunjungan Bapak Kepala Sekolah beserta rombingannya yang telah mengunjungi tempat kegiatan belajar di Al Ikhlas. Hal ini sebagai bentuk perhatian sekolah induk yang yang sangat berarti bagi kami dan para siswa. selain sebagai silaturahmi, juga hal ini memberikan motivasi kami untuk mendukung segala upaya sekolah induk dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan pendidikan bagi masyarakat dan warga sekolah yang kami bina,” imbuhnya.

Di sisi lain, Agus Solihin menyerahkan beberapa bantuan olahraga, seperti raket bulu tangkis, alat-alat tenis meja dan bola voli yang nantinya akan dipergunakan oleh para siswa TKB. Ditandaskannya, kegiatan yang akan dilaksanakan secara berkelanjutan tersebut, selain sebagi salah satu bentuk perhatian sekolah, juga diharapkan dapat menjadi langkah awal dalam upaya membantu pemerintah mencerdaskan kehidupan bangsa. Hal ini  telah dicanangkan pihaknya di visi dan misi sekolah baru-baru ini, yakni mewujudkan peserta didik berahklak mulia, kritis, kreatif, dan berwawasan lingkungan.

“Kegiatan kunjungan ke TKB ini insya Allah akan berkelanjutan. Hal ini diharapkan menjadi langkah awal kami dalam upaya merealisasikan visi dan misi sekolah. Sehingga kondisi pandemi seperti sekarang ini, tidak menjadi hambatan dalam upaya untuk mencetak generasi unggul di segala bidang, seperti yang telah kami canangkan di visi dan misi sekolah, yakni mewujudkan peserta didik berahklak mulia, kritis, kreatif, dan berwawasan lingkungan. Semoga segala upaya kita mendapatkan rida Allah Swt.,” tandasnya.***

Berita dan Foto: Adhyatnika Geusan Ulun

Sumber Berita: Agus Solihin, S.Pd., M.Pd (Plt. Kepala SMPN 1 Cipongkor)