SMPN 2 LEMBANG JUARAI LOMBA YEL-YEL ANTI NARKOBA

Lembang (Newsroom). SMPN 2 Lembang meraih prestasi gemilang saat tampil sebagai Juara Ke 1 Lomba Yel-Yel Anti Narkoba pada peringatan HUT RI ke 76 yang diselenggarakan Badan Narkotika Nasional (BNN) Kab. Bandung Barat, baru-baru ini.

Kepala SMP Negeri 2 Lembang, Kusnadi, mengungkapkan capaian di atas merupakan lanjutan torehan prestasi sebelumnya ketika sekolah menjuarai  Lomba Cipta Puisi tentang narkoba yang juga diselenggarakan oleh BNN Kab. Bandung Barat pada Juli 2021. Menurutnya, prestasi ini merupakan buah kerja keras tim sekolah.

“Alhamdulillah dengan Latihan yang keras dan bimbingan dari para guru pembimbing dengan arahan Wakasek Kesiswaan, akhirnya para siswa dapat meraih Juara ke 1. Ini merupakan hal yang membanggakan sekolah, setelah sebelumnya juga mencapai prestasi ,” ungkapnya.

Lebih lanjut disampaikan, sekolah telah mengikutsertakan  siswa dalam lomba di atas seagai salah satu upaya dan metoda pencegahan penyalahgunaan narkoba. Menurutnya, usia sekolah menengah merupakan saat yang rentan, sehingga diperlukan upaya yang terpadu dan komprehensif dalam memberikan pemahaman tentang bahaya narkoba bagi kehidupan masa depan siswa.

Ditambahkannya, sejumlah upaya preventif dan refresif telah dilakukan pemerintah, salah satu adalah dengan melibatkan siswa dalam kampanye anti narkoba. Dengan melibatkan mereka secara langsung sebagai subyek diharapkan meningkatkan pemahaman tentang bahaya narkoba. Sehingga ke depan, dengan kesadaranya mereka akan mampu membentengi diri dari penyalahgunaan obat-obat terlarang tersebut.

Sementara itu, Agustina Indrawati, Wakasek Kesiswaan, menyampaikan pihaknya telah menjalin kerja sama dengan BNN Kab. Bandung Barat Bidang Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat dalam berbagai kegiatan. Hal ini merupakan bagian dari upaya mendukung program yang digulirkan BNN tentang bahaya penyalahgunaan narkoba bagi generasi muda.

Ditambahkannya, salah satu bentuk dukungan di atas SMP Negeri 2 Lembang telah meluncurkan program Bersinar, yakni Sekolah Bersih Narkoba. Hal ini merupakan bentuk keseriusan sekolah dalam mengatasi bahaya narkoba di kalangan siswa dengan terus memberikan pemahaman kepada mereka tentang pentingnya menjaga kesehatan dan nama baik sekolah serta masa depannya.

Agustina Idrawati menuturkan siswa yang meraih prestasi, yakni Amelia (8E), Hasna (8G), Khayla (8F), Nazwa (8D), dan Raisya (8D), menjadi contoh kesungguhan sekolah dalam penerapan program  di atas. Menurutnya, walaupun di tengah pandemi Covid-19, sekolah tetap konsisten melaksanakan kampanye anti narkoba. Ke depan, pihaknya akan terus melaksanakan program tersebut dengan sebaik mungkin.

“Di sini akhirnya kita dapat menyadari bahwa penyuluhan dan informasi mengenai bahaya peredaran dan penyalahgunaan narkoba serta covid-19 harus direncanakan dan dilaksanakan dengan sebaik-baiknya,” imbuhnya.

Di sisi lain, Kusnadi mengapresiasi prestasi anak didiknya di atas. Ditandaskannya capaian tersebut merupakan hasil kolaborasi warga sekolah dalam mendukung program yang dikeluarkan pihaknya. Oleh karena itu, diharapkan hal ini menjadi stimulus dan memotivasi siswa lainnya untuk terus berkarya dan menggapai prestasi yang membanggakan lainnya.

“Capaian prestasi di atas merupakan hasil kolaborasi warga sekolah dalam mendukung program yang dikeluarkan sekolah. Sehingga kami mudah mengapresiasi dan memberikan penghargaan kepada semua pihak yang terlibat. Semoga torehan prestasi ini menjadi motivasi untuk terus berkarya,” tandasnya. ***

Berita: Budi Ruhiat

Sumber Berita: Dra. Agustina Indrawati (Wakakes Kesiswaan SMPN 2 Lembang)

Editor: Adhyatnika Geusan Ulun