SMPN 3 Parongpong Gelar LDKO

Parongpong-disdikkbb.org-SMPN 3 Parongpong menggelar Latihan Dasar Kepemimpinan OSIS  (LDKO). Kegiatan yang diselenggarakan  pada Rabu (7/2/24) tersebut merupakan tindak lanjut dari pemilihan pengurus OSIS yang rutin dilaksanakan setiap tahun.

Kepala SMPN 3 Parongpong, Nani sulyani menyampaikan di atas dimaksudkan agar pengurus OSIS memiliki jiwa kepemimpinan yang mantap dan mampu menghadapi tuntutan zaman ini. Menurutnya, hal tersebut sesuai dengan tema yang diusung, yaitu: “Menciptakan Generasi Visioner Menuju Profil Kepemimpinan yang Berkarakter dan Berjiwa Pancasila”.

“LDKO digelar agar pengurus OSIS memiliki jiwa kepemimpinan yang mantap dan mampu menghadapi tuntutan zaman. Oleh karena itu, tema yang diusung, adalah Menciptakan Generasi Visioner Menuju Profil Kepemimpinan yang Berkarakter dan Berjiwa Pancasila,” ujarnya.

Lebih jauh disampaikan LDKO tersebut diikuti oleh 20 pengurus OSIS masa bakti 2024-2025 yang merupakan siswa-siswi terpilih dari kelas 7 dan 8 yang sebelumnya telah melewati tes kemampuan berorganisasi juga tes kepribadian. Selain itu, mereka mengikuti tes baris-berbaris yang juga harus dikuasai oleh pengurus OSIS.

Sementara itu, Pengawas Pembina, Udin Saripudin, dalam sambutannya mengatakan bahwa pengurus OSIS merupakan calon pemimpin di masa depan sehingga diperlukan pelatihan yang membangun jiwa kepemimpinan yang baik dan tangguh.

Di sisi lain, Ima Rahmawati, selaku Wakasek Kesiswaan memaparkan para peserta LDKO diberikan  materi yang berhubungan dengan kepemimpinan. Diawali dengan materi Membangun Jiwa Visioner dan Retorika Kepemimpinan oleh Yopi Wildan Sopari. Kemudian, dilanjukan dengan materi Organisasi dan OSIS oleh Iin Irawati, dan peserta juga diberikan kegiatan yang berupa teamwork games oleh Susilawati Nurhayani. Hal ini dimaksudkan agar pengurus OSIS dapat menjaga kekompakan dan memiliki kemampuan problem solving yang baik.

Dipaparkannya juga, berbeda dengan tahun sebelumnya, LDKO tahun ini mengundang narasumber laiinya, yakni Bhabinkamtibmas Desa Karyawangi, Bripka Irsan Mauly Achmad untuk memberikan materi Kedisiplinan dan Baris Berbaris.

Ditandakan Wakasek, ada tiga syarat kepemimpinan, yaitu skill, power and authority, goodwill. Seorang pemimpin juga harus memiliki kemampuan dalam berargumen secara persuasi untuk membujuk orang lain. Melalui karakter pembicara, pemilihan kata, intonasi bicara, dan emosi agar orang lain dapat menerima saran sehingga terbentuk wibawa seorang pemimpin yang baik. ***

Kontributor: Iin Irawati, S.Pd (SMPN 3 Parongpong)-Pewarta/Editor: Adhyatnika Geusan Ulun.