“THE BEST STUDENT OF THE MONTH”, PROGRAM INPIRATIF SMPN 2 CILILIN

Berita: Dian Diana

CILILIN-(NEWSROOM) Kepala SMPN 2 Cililin, Jumardi mengungkapkan bahwa beberapa program ungulan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) akan dilaksanakan segera di lingkungan sekolah. Salah satunya adalah Program The Best Student of The Month. Program ini akan berlangsung selama 1 kali dalam sebulan yang merupakan pencarian siswa berprestasi dan berbakat setiap bulannya.

“Program unggulan PPK di sekolah kami diantaranya adalah The Best Student of The Month. Program ini merupakan program penjaringan prestasi siswa yang dapat menghafal ayat-ayat Al Qur’an, serta prestasi spiritual lainnya. Para pemenang akan diumumkan setiap satu bulan sekali, pada saat Upacara Bendera hari Senin.” Ungkap Jumardi.

Ketua Tim PPK SMPN 2 Cililin, Enung Nurhayati mengemukakan tujuan diadakannya Program The Best Student of The Month yaitu untuk memotivasi siswa agar berprestasi dalam berbagai bidang. Salah satunya dengan menghapal Al Qur’an. Ada hadiah atau reward yang akan diberikan kepada para siswa yang berprestasi tersebut. Pemberian reward diharapkan jadi penyemangat bagi siswa agar terus meningkatkan prestasinya.

“Kami menginginkan banyak para penghafal Al Qur’an usia muda, yang tidak hanya tahu dan hafal ayatnya saja, tapi juga hapal arti dan isi dari ayat tersebut. Semoga akan lahir Generasi Rabbani yang menguasai ilmu agamanya, dan tidak hanya berprestasi dalam bidang pengetahuan saja, tapi juga mahir dan terampil dalam berbagai bidang, serta memiliki sikap yang santun. Kami memberikan reward bagi siswa pemenang The Best Student of The Month.” ucap Enung.

Lebih lanjut Enung mengemukakan bahwa, reward untuk program ini secara khusus disponsori oleh salah satu anggota komite SMPN 2 Cililin yaitu Ahmad Kosasih. Setelah melalui seleksi yang cukup ketat oleh guru PAI, maka setiap pertengahan bulan para pemenang The Best Student of The Month akan diumumkan.

“Pemenang Bulan Oktober yaitu Ai Sobariah kelas 9B yang sudah hapal 3 Juz Al Quran. Sebelum pemberian hadiah, siswa tersebut terlebih dahulu diuji oleh Guru PAI, Ahlan Hamid, dengan metode sambung ayat. Alhamdulillah Ai sudah bisa menyambung ayat dengan baik, meskipun terlihat sedikit tegang. Untuk reward, ada anggota komite sekolah Pak Ahmad Kosasih yang siap mendanai kegiatan ini” tutur Enung.

Prestasi The Best Student of the Month selanjutnya tidak hanya di bidang hafalan Al Qur’an saja, bisa hafalan hadist, dan kegiatan keagamaan yang lain. Setelah bidang keagamaan, akan dilanjutkan dengan prestasi bidang pengetahuan dan keterampilan. Pembagian ini cukup penting, karena siswa adalah individu unik, yang memiliki prestasi dan potensi yang berbeda-beda.

“Untuk bulan depan, kami sudah membidik beberapa siswa calon pemenang penghargaan The Best Student of the Month. Ada siswa yang sudah hapal 25 hadist, ada siswa yang khatam Al Quran dalam waktu dua setengah bulan, dan ada siswa yang istiqomah dengan menjalankan program Sholat Dhuha dan tilawah pada jam kosong. Sementara ini siswa yang dibidik masih yang berkaitan dengan spiritual. Ke depannya diharapkan guru-guru lain pun memberikan masukan siswa berprestasi dalam berbagai bidang.” pungkas Enung.