SELAMAT, 7 SEKOLAH KBB RAIH PENGHARGAAN RAKSA PRASADA!

Bandung-disdikkbb.org- Sebanyak tujuh sekolah dari Kab.Bandung Barat berhasil meraih penghargaan Gubernur Jawa Barat bidang Lingkungan Hidup Raksa Prasada tahun 2023. Ketujuh sekolah tersebut, yaitu SMPN 2 Lembang, SMPN 4 Lembang, SMPN 3 Ngamprah, SMP IT Nurul Fikri Boarding School, SMAN 2 Padalarang, SMA IT Nurul Fikri Boarding School, dan MAN Padalarang. Penganugerahan Raksa Prasada diselenggarakan di Plasa Gedung Sate, Komplek Pemprov. Jawa Barat, Kamis (7/11/23).

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Prov. Jawa Barat, Prima Mayaningtias mewakili Pj. Gubernur, menyampaikan penghargaan di atas diberikan dalam rangka Peringatan Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional (HCPSN) Tingkat Provinsi Jabar Tahun 2023. Menurutnya, Pemprov. Jawa Barat berkomitmen dalam perlindungan dan pengeloaan lingkungan hidup. Pihaknya terus mendorong kepedulian masyarakat dalam aksi nyata perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup dari lingkup terkecil.

“Komitmen perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup harus ditanamkan sedini mungkin kepada generasi muda. Tujuannya agar kecintaan terhadap lingkungan yang tertanam sejak dini akan menjadi kebiasaan sampai dewasa. Selain itu, meningkatkan kepedulian masyarakat untuk turut serta dalam aksi nyata perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup mulai dari lingkup terkecil,” ujarnya.

Lebih lanjut disampaikan Prima, tujuan diselenggarakan HCPSN adalah dalam rangka melaksanakan keputusan presiden nomor. 4 tahun 1993 tentang hari Cinta Puspa Dan Satwa Nasional (HCPSN) dengan tujuan untuk meningkatkan kepedulian, perlindungan, dan pelestarian puspa dan satwa nasional oleh segenap masyarakat.

Kemudian, untuk memotivasi dan mendorong partisipasi publik dan peran aktif dari segenap pemangku kepentingan, masyarakat dan khususnya sekolah untuk peningkatan kualitas lingkungan di Jawa Barat. Kemudian,  mengajak seluruh pemangku kepentingan untuk berperan aktif dalam perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup, khususnya dalam menjaga kelestarian bumi.

Pemprov. Jawa Barat pada tahun 2023 ini menyerahkan penghargaan Gubernur bidang lingkungan hidup“Raksa Prasada” kepada 158 penerima penghargaan dari 7 kategori, yaitu:

  1. Kategori individu/kelompok masyarakat peduli lingkungan sebanyak 3 orang;
  2. Kategori sekolah berbudaya lingkungan (adiwiyata) sebanyak 114  sekolah;
  3. Kategori bank sampah induk berbasis masyarakat sebanyak 5  kabupaten/kota;
  4. Kategori kabupaten/kota penyusun dokumen informasi kinerja pengelolaan lingkungan hidup daerah (dikplhd) kabupaten/kota tahun 2022 sebanyak 10  kabupaten/kota.
  5. Kategori program kampung iklim (proklim) kabupaten/kota sebanyak 21 lokasi;
  6. Kategori dunia usaha peduli lingkungan sebanyak 2  perusahaan;
  7. Kategori kantor berbudaya lingkungan (eco office) sebanyak 3 kantor.

Sementara itu, Kepala SMPN 4 Lembang, Pipih Sopiah mengungkapkan kebanggaan atas diraihnya Raksa Prasada. Menurutnya, hal tersebut semakin memotivasi pihaknya dan warga sekolah untuk terus menata dan menjaga lingkungan hidup.

“Alhamdulillah, sangat bangga karena semangat, serta motivasi seluruh warga sekolah dalam menata dan menjaga lingkungan, kami mendapatkan bonus berupa penghargaan Raksa Prasada dari Gubernur sebagai Sekolah Adiwiyata tingkat Provinsi Jawa Barat,” ungkapnya.

Di lain pihak, Kepala Dinas Pendidikan KBB, Asep Dendih, melalui Sekretaris Dinas Pendidikan, Rustiyana mengapresiasi prestasi yang diraih sekolah-sekolah di atas. Menurutnya, kepedulian akan kelestarian lingkungan hidup yang telah dilaksanakan sekolah-sekolah peraih Raksa Prasada tersebut, diharapkan menjadi stimulus sekolah lainnya untuk bersama-sama mengelola dan menjaga lingkungan hidup seoptimal mungkin.

“Selamat kepada sekolah-sekolah yang ada di Kab.Bandung Barat yang telah meraih pengharagaan Raksa Prasada. Semoga hal ini menjadi stimulus sekolah lainnya untuk bersama-sama mengelola dan menjaga lingkungan hidup sebagai bagian dari rasa syukur kita atas anugerah Tuhan yang harus kita lestarikan,” tandasnya. ***

 Sumber Berita: Pipih Sopiah, M.Pd.(Kepala SMPN 4 Lembang)-Pewarta/Editor: Adhyatnika Geusan Ulun.