SMPN 3 CISARUA GELAR ISTIGOSAH VIRTUAL

Cisarua-(Newsroom). SMPN 3 Cisarua Kab. Bandung Barat menyelenggarakan istigosah. Kegiatan yang diikuti oleh 91 siswa kelas 9 tersebut, dilaksanakan secara virtual melalui Google Meeting, Kamis (1/4/21).

Kepala SMPN 3 Cisarua, Hj. Ai Nurhayati, mengungkapkan bahwa kegiatan di atas digelar sebagai salah satu persiapan menghadapi Ujian Sekolah yang akan dilaksanakan pada Senin-Jum;at (5-9/4/21).. Menurutnya, hal ini untuk memberikan bekal mental kepada para siswa agar dapat mengikuti kegiatan Ujian Sekolah dengan optimis. Selain itu, diharapkan agar pelaksanaan ujian tersebut lancar dan mendapatkan keberkahan Tuhan Yang Maha Esa.

“Kegiatan istigosah yang dilakukan secara virtual ini tidak mengurangi makna, upaya yang dilakukan ini sebagai bentuk kepasrahan kepada yang Maha Kuasa, bahwa sekuat apapun upaya yang dilakukan secara lahiriah, tanpa ada rida Allah semua akan sia-sia, karena itu istigosah merupakan bentuk pembiasaan pendidikan karakter sekaligus upaya spiritual sebagai bentuk keyakinan dan keimanan kepada Tuhan Yang Maha Esa, dengan harapan semoga seluruh peserta didik dapat diberikan kelancaran dan kemudahan seluruh peserta didik dalam menempuh Ujian Sekolah,” ungkapnya.

Sementara itu, Neneng Maesyaroh, Guru PAI, menyampaikan bahwa kegiatan tersebut dibagi menjadi dua segmen, yakni salat Dhuha bersama di rumah masing-masing, dilanjutkan dengan membaca surat Yassin dan pembacaan Asmaul Husna yang dilantunkan secara serempak.

“Kegiatan istogosah dibagi menjadi dua segmen, yakni salat Dhuha bersama di rumah masing-masing, dilanjutkan dengan membaca surat Yassin dan pembacaan Asmaul Husna,” tuturnya.

Lebih lanjut disampaikan bahwa kegiatan yang dipimpinnya ini merupakan rutin tahunan ini dilaksanakan dengan penuh khidmat dan berlangsung dengan khusyuk. Hal ini mengingat pelaksanaan pada tahun ini digelar dalam situasi pandemi yang belum berakhir. Oleh karena itu, dalam tausyiahnya, Neneng mengajak kepada semua peserta untuk terus meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah Swt.

Ditambahkanya juga bahwa yang menjadi pembawa acara istigosah ini adalah Neneng Supriatin dan doa dipimpin oleh Hj Dwi Astuti.

Di sisi lain,  Hj. Dwi Astuti, dalam doanya berharap agar keadaan di dunia pendidikan, khususnya warga sekolah diberikan kemudahan dari segala hal, terutama untuk para siswa yang akan menempuh ujian Sekolah. Pihaknya pun berharap agar wabah Covid-19 segera berakhir dan pembelajaran tatap muka dapat dilakukan kembali seperti biasa.

“Semoga keadaan dunia pendidikan semakin membaik. Dan khusus warga SMPN 3 Cisarua selalu diberikan kemudahan dari segala hal, terutama untuk para peserta didik yang akan menempuh ujian Sekolah senantiasa diberikan kelacaran. Tidak lupa, semoga wabah Covid-19 segera berakhir dan pembelajaran tatap muka dapat dilakukan kembali seperti biasa,” tandasnya.***

Berita: Budi Ruhiat
Sumber Berita: Hj. Ai Nurhayati (Kepala SMPN 3 Cisarua)
Editor: Adhyatnika Geusan Ulun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *