SMPN 3 PADALARANG GELAR WEBINAR PELAJAR PANCASILA

Padalatang-(Newsroom)-SMPN 3 padalarang Kab. Bandung Barat menyelenggarakan webinar bertema “Profil Pelajar Pancasila” . Seminar virtual yang diikuti guru dan siswa tersebut bekerja sama dengan Newsroom Tim Peliput Berita Pendidikan Bandung Barat digelar pada Sabtu (20/2/21).

Kepala SMP Negeri 3 Padalarang, Iwan Ridwan Setiadi, menyampaikan bahwa Profil Pelajar Pancasila merupakan perwujudan pelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila yang tertuang dalam Permendikbud No.22 Tahun 2020.

“Profil Pelajar Pancasila merupakan perwujudan pelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila yang tertuang dalam Permendikbud No.22 Tahun 2020. Webinar pertama ini merupakan langkah awal untuk melaksanakan kegiatan selanjutnya,” kata Iwan dalam presentasinya.

Lebih jauh dijelaskan bahwa kegiatan ini akan menjadi penguatan karakter secara konsisten diterapkan oleh siswa melalui pembiasaan. Terlebih di masa Belajar dari Rumah (BdR). Pihaknya juga menghrapkan adanya kerjasama dengan orangtua siswa melalui keteladanan dan pengawasan.

Menurut Iwan,  penguatan Karakter jika diajarkan, dibiasakan, dan dilatih secara terus menerus akan menjadi budaya dan akhirnya akan melekat dalam pribadi siswa. Kegiatan ini juga dapat berbagi pesan positif dalam penguatan karakter. Sehingga Pelajar Pancasila dapat terwujud.

Sementara itu,  Mardiah, narasumber, yang pada Desember 2020 mendapatkan pelatihan Profil Pelajar Pancasila tingkat nasional dari Pusat Penguatan Karakter (Puspeka) Kemdikbud di Jakarta, menjelaskan bahwa dalam menyebarluaskan Profil Pelajar Pancasila sesuai sambutan Presiden Joko Widodo yang menyatakan bahwa Sistem Pendidikan Nasional harus mengedepankan nilai-nilai ketuhanan, yang berakter dan berakhlak mulia serta unggul dalam inovasi dan teknologi.

Hal di atas juga sesuai harapan Mendikbud Nadiem Makarim, bahwa semua perubahan yang kita lalukan di sistem pendidikan akan berdampak pada Profil Pelajar Pancasila.

Diuraikan Mardiah bahwa Profil Pelajar Pancasila merupakan program Pusat Penguatan Karakter Kemdikbud yang memiliki enam pilar; beriman, bertaqwa kepada Tuhan YME dan berakhlak mulia, Berkebinekaan Global, Mandiri, Bergotong Royong. Bernalar kritis dan Kreatif. Oleh karena maka diharapkan tercapai Sumber Daya Manusia (SDM) unggul yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.

Diterngkannya juga bahwa kegiatan di atas merupakan salah satu program Wakasek Kurikulum Ali Muhtadji yang didukung penuh oleh Kepala Sekolah, Wakasek serta guru-guru dan staf TU. Berperan sebagai operator dan teknisi adalah Sugiarto, dan Ariefriyanto Suhardadi. Sementara,  Asri Indriani, sebagai host dan Ina Mulatsih sebagai moderator.

Ina Mulatsih, Wakasek Kesiswaan, menuturkan bahwa  tujuan webinar kali ini adalah untuk menciptakan SDM yang unggul, yaitu siswa cerdas berkarakter atau Pelajar Pancasila yang dapat menjadi agen-agen penguatan karakter di sekolah, keluarga dan masyarakat.

Pihaknya mengapresiasi kehadiran program tersebut. Hal ini tampak dari jumlah peserta yang banyak.

“Peserta yang hadir sekitar 600 orang. Hal ini merupakan jumlah yang cukup besar dan menggembirakan,” tuturnya.

Di sisi lain,  Selviani Nur Hasanah mengungkapkan bahwa Apa yang di sampaikan narasumber mudah dipahami dan mudah dicerna untuk diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

“Acaranya menarik. Apa yang di sampaikan oleh panitia serta narasumber mudah dipahami dan diingat. Kata-kata yang disampaikan mudah dicerna untuk dicontoh dalam mewujudkan Pelajar Pancasila,” pungkasnya.***

Berita: Dian Diana

Sumber Berita: Mardiah, M.Pd (SMP Negeri 3 Padalarang)

Editor: Adhyatnika Geusan Ulun. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *