“BELITAR” – Belajar Mengelola Lingkungan Sekitar

Oleh: Andri Ecu Septriana M.Pd
(SDN 3 Cikande)

 

Permasalahan sampah merupakan salah satu permasalahan lingkungan yang selalu menjadi isu hangat untuk diperbincangkan pada hampir seluruh wilayah di Indonesia. Pengelolaan sampah merupakan tantangan terbesar bagi Indonesia.

Saat ini sampah merupakan masalah lingkungan yang sangat serius yang dihadapi masyaraka pada umumnya. Bisa dikatakan sampah setiap hari dihasilkan oleh ibu-ibu rumah tangga, baik itu sampah organik maupun sampah anorganik. Namun yang memperhatinkan, sampah-sampah yang dihasilkan tersebut malah dibuang sembarangan diberbagai tempat, dan efeknya akan merusak lingkungan yang ada disekitarnya.

Sampah akan terus diproduksi dan tidak pernah berhenti selama manusia tetap ada. Jumlah sampah yang dihasilkan oleh penghuni bumi ini akan semakin meningkat Sampah bisa berubah menjadi sesuatu yang bermanfaat jika mengetahui teknik pengolahan yang tepat. Akan tetapi, selama ini masih banyak yang menggunakan teknik tradisional dalam mengolah sampah dan kurang ramah dengan lingkungan. Langkah yang paling sederhana adalah dengan metode 4R, yaitu ReplaceReduce, Reuse, dan Recycle. Jika metode ini sudah diterapkan setidaknya telah membantu memilah dan mengolah sampah.

SD Negeri 3 Cikande sebagai salah satu satuan pendidikan yang memiliki kewajiban untuk menanamkan kesadaran akan pentingnya lingkungan kepada murid-muridnya terutama mengenai masalah sampah.

Dalam menumbuhkan pola pikir peduli sampah di sekolah, maka dibentuk dan dicanangkan program “BELITAR” Belajar Mengelola Lingkungan sekitar. yang dilaksanakan melalui kegiatan kokurikuler, yaitu penunjang kegiatan intrakurikuler untuk menguatkan pemahaman terhadap materi ajar yang disampaikan oleh guru kepada peserta didik.

Ttujan program BELITAR yaitu  membantu mengurangi limbah sampah sehingga lingkungan tetap bersih dan selain itu sebagai wadah pembelajaran anak agar menjadi lebih kriatif dalam memanfaatkan limbah sampah, Adapun keterlibatan dari program ini yaitu seluruh warga sekolah SDN 3 Cikande.

Hasil perogram belitar

Program BELITAR ini berfokus pada bagaimana pengelolaan sampah bisa diolah dengan baik, sampah dapat di daur ulang dan menjadikan hasil karya yang bermanfaat bahkan berdaya jual.Untuk hasil tujuan langsung dapat terlihat dari murid-murid yang semakin peduli terhadap lingkungan khususnya pengelolaan sampah yang bisa dibuat menjadi sebuah karya. Juga tentang pengembangan diri dari kegiatan kokurikuler yang sudah diikuti, dampak yang ditimbulkan dari program ini yaitu murid mampu menjadi pribadi yang percaya diri, peka, peduli dan bertanggungjawab, serta mampu berkolaborasi dengan menghargai perbedaan pendapat dan lingkungan sekolah .

Simpulan

Program BELITAR sudah baik diterapkan dengan adanya hasil nyata karya dari murid dengan kolaborasi warga sekolah yang peka dan peduli bagaimana menjaga lingkungan sekitar.Di masa yang akan datang penulis berharap sekolah selalu melakukan sosialisasi dan kolaborasi dengan masyarakat dan juga dengan orangtua bagaimana pentingnya menjaga lingkungan sekolah. **

 

Profil Penulis
Andri Ecu Septriana, M.Pd. Lahir di Bandung 08 September1995 Domisili di Bandung Barati, Jawa Barat. Peserta Pendidikan Calon Guru Penggerak Angkatan 9 Kabupaten Bandung Barat tahun 2024. Bertugas sebagai guru di SD Negeri 3 Cikande Kecamatan Saguling Kabupaten Bandung Barat sejak tahun 2021. Email : Andriecuseptriana@gmail.com, IG : @Andriecu.