BERKAHI-PROGRAM BERBAGI INFORMASI KULIAH DARI ALUMNI

Oleh: Dede Remandani, S.Psi., M.M
(SMKN 1 Cihampelas)

 

Program Berbagi Informasi Kuliah dari Alumni (BERKAHI) dilatarbelakangi rendahnya minat murid SMKN 1 Cihampelas untuk melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi, setiap pendaftaran SNMPTN/SNBP kuotanya tidak pernah terpenuhi.

Berdasarkan hasil diskusi dengan murid kelas 12 maka lahirlah Program “BERKAHI” yang memungkinkan murid untuk memberikan ide atau gagasan (Voice) mengenai bentuk kegiatan sosialisasi kuliah seperti apa yang dibutuhkan, memberikan kesempatan kepada murid untuk memilih waktu, tempat, materi dan alumni yang akan diundang (Choice) yang mereka inginkan serta memberikan kesempatan murid untuk berpartisipasi dalam pengembangan program yang lebih baik lagi (Ownership).

Dengan berkolaborasi dan memanfaatkan asset yang ada di Sekolah sebagai modal utama untuk memaksimalkan program yang berdampak positif pada murid, maka akan melahirkan murid yang dengan Profil Pelajar Pancasila, bergotong royong, mandiri, beriman, bertakwa dan berakhlak mulia.

Tujuan program

Berbagi informasi perguruan tinggi dan beasiswa pendidikan KIP kuliah dari alumni yang sudah sukses diterima di perguruan tinggi baik negeri maupun swasta

Capaian, langkah-langkah, hasil yang diharapkan

  1. Capaian: Murid dapat menetapkan cita-cita pendidikanya.
  2. Langkah-langkah: Survei minat, survei pengetahuan awal dan Guru BK menuliskan hal menarik yang disampaikan murid mengenai informasi Perguruan Tinggi
  3. Hasil yang di harapkan: Murid yang berminat kuliah dapat terlayani dengan baik, sehingga bisa kuliah ke Perguruan Tinggi yang mereka harapkan.

Struktur program dan mitra

Program ini dilaksanakan dengan mengundang alumni yang sudah sukses diterima di Perguruan Tinggi baik negeri maupun swasta diberikan waktu untuk Berbagi Informasi Perguruan Tinggi dan Beasiswa Pendidikan KIP Kuliah.

Pernyataan tentang kapasitas yang dimiliki sekolah

SMKN 1 Cihampelas adalah Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang beralamat di Jln. Raya Sayuran No. 39 Desa Mekarmukti Kecamatan Cihampelas Kabupaten Bandung Barat, dengan jumlah murid 1204 dan 93 tenaga pendidik dan kependidikan, dengan lima kompetensi keahlian yaitu: 1. Teknik Komputer danJjaringan, 2. Teknik Instalasi Tenaga Listrik, 3. Teknik Pendingin dan Tata Udara, 4. Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis, dan 5. Akuntansi dan Keuangan Lembaga

Rencana evaluasi

Setelah selesai program langsung di evaluasi dengan memberikan kuisioner dan wawancara kepada murid, guru dan kepala sekolah

Kemungkinan tantangan

  1. Menyesuaikan waktu pelaksanaan dengan jadwal kuliah alumni dan jadwal KBM di sekolah
  2. Motivasi murid yang menurun
  3. Komitmen dan konsistensi dari diri sendiri dan
  4. Dukungan dari rekan sejawat dan Kepala Sekolah.

 

Profil Penulis
Dede Remandani, dilahirkan di Cililin, 26 September 1980. Penulis merupakan Guru Bimbingan dan Konseling di SMKN 1 Cihampelas Kabupaten Bandung, sekarang sedang belajar menulis dan telah menyelasaikan Pendidikan Guru Penggerak Angatan 9 Kabupaten Bandung Barat.