DEKLARASI ANTI NARKOBA DI SMPN 4 CIKALONGWETAN

Cikalongwetan-(NEWSROOM). SMPN 4 Cikalongwetan kembali menggelar kegiatan, yakni Deklarasi Anti Narkoba, via Daring Zoometing yang berlangsung pukul 10.00 sampai 11.30. Kegiatan diikuti oleh siswa-siswi dan dewan guru dengan dipandu secara langsung oleh Endang Wahyu Widiasari selaku Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum yang mewakili Kepala Sekolah karena berhalangan hadir berkenaan adanya acara kedinasan, Kamis, 27/01/2021.
Dalam sambutannya, Endang mengatakan bahwa kita harus selalu waspada dengan peredaran narkoba, Berdasarkan data yang diperoleh, peredaran narkoba dari tahun ketahun semakin meningkat tak terkeculi di masa pandemi penyebaran virus Covid-19. Maraknya peredaran barang haram ini sudah semakin meluas. Oleh karena itu, kita harus selalu waspada terhadap bahaya narkoba yang dapat meruksak jiwa dan raga generasi bangsa.
“Kita harus selalu waspada dengan peredaran narkoba. Berdasarkan data yang diperoleh, peredaran narkoba dari tahun ketahun semakin meningkat tak terkeculi di masa pandemi ini, penyebarannya sudah semakin meluas. Untuk itu, kita harus waspada terhadap bahaya narkoba yang dapat meruksak generasi bangsa,”ujar Endang Wahyu Widiasari di dalam sambutannya.
Sementara itu, Asep Burhanudin selaku Wakasek Humas, mengemukakan bahwa acara Deklarasi Anti Narkoba ini digelar untuk mencegah penyebaran narkoba dan mengingatkan kepada warga sekolah agar selalu waspada terhadap penyebaran narkoba yang semakin marak.
Di sisi lain Arifin Hidayat sebagai Wakasek Kesiswaan, mengungkapkan pula, dengan adanya kegiatan ini diharapkan tumbuh kesadaran siswa untuk menjauhi narkoba. Siswa tidak akan tergiur oleh godaan-godaan para pengedar narkoba. Kita juga harus waspada kalau narkoba penyebarannya sudah meluas ke berbagai pelosok daerah dengan korban yang tidak mengenal usia.
“Dengan adanya kegiatan ini diharapkan tumbuh kesadaran siswa untuk menjauhi narkoba dan tidak tergiur oleh godaan-godaan para pengedar narkoba. Kita juga harus waspada kalau narkoba penyebarannya sudah merambah ke berbagai pelosok daerah dengan korban yang tidak mengenal usia,”tambah Arifin Hidayat, Wakasek Kesiswaan.
Kegiatan Deklarasi Anti Narkoba, SMPN 4 Cikalongwetan diikuti siswa dan guru dengan antusias yang luar biasa. Hal tersebut ditandai dengan adanya pembuatan slogan gambar anti narkoba. Ada 100 siswa yang membuat gambar slogan tersebut. Deklarasi dimulai oleh Jajang Abdurahman sebagai Guru PAI dan juga Wakasek Bidang Sarana. Beliau menulis slogan “Dunia Begitu Indah Ketika Narkoba Tiada”.
Kemudian, deklarasi diikuti oleh guru dan siswa – siswi yang lainnya. Mereka mengemukakan slogan dengan membuka video zoometingnya masing-masing. Maya misalnya, kelas 8A menyebutkan slogan, “Berprestasi Tanpa Narkoba”. Nelisa kelas 8B “Jauhi Narkoba Sebelum Dunia Menjauhimu”. Lalu Sumiyati menyebutkan, “Hidup Sehat Tanpa Narkoba”, dan Irma mengungkapkan slogan “Narkoba Akan Membunuhmu Secara Perlahan”, ditambah Afni mengemukakan “Jauihi Narkoba Sekarang Juga!”.
Pada sesi terakhir kegiatan, semua peserta secara serempak menyebutkan dengan lantang, “Prestasi Yes Narkoba No”. Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan seluruh siswa menayangkan gambar foster atau slogan mereka masing-masing.
“Semoga kegiatan ini bisa menjadi jalan salah satu pencegahan penyebaran narkoba khususnya di wilayah sekolah kami,” pungkas Endang di sela penutupan acara kegiatan.***

Berita: N. Mimin Rukmini
Sumber dan Foto: Endang Wahyu Widiasari (Wakasek Kurikulum SMPN 4 Cikalongwetan)