DISDIK BANDUNG BARAT GELAR RAKOR BEDAH KISI-KISI SOAL SMP

Bandung-(Newsroom).  Dinas Pendidikan Kab. Bandung Barat menyelenggarakan Rapat Koordinasi Bedah dan Penyusunan Kisi-Kisi Soal Ujian Jenjang SMP Tahun 2021. Kegiatan yang melibatkan guru dan pengawas Pembina dari 11 mata pelajaran tersebut dilaksanakan di Hotel Takashimaya Lembang Bandung Barat, Senin (24/5/21).

Kepala Seksi Kurikulum dan Kesiswaan, Sri Heryanti, mewakili Kepala Dinas Pendidikan Kab. Bandung Barat, dalam sambutannya menyampaikan bahwa program di atas digelar sebagai upaya peningkatan kualitas pelayanan pendidikan. Menurutnya, meskipun kegiatan pembelajaran di masa pandemi sebagian besar melaksanakan pembelajaran jarak jauh dan pelaksanaan PAT diserahkan kepada sekolah, namun Dinas Pendidikan  KBB berupaya agar peningkatan kompetensi guru tetap menjadi prioritas utama sehingga  program di atas diselenggarakan.

“Meskipun soal Penilaian Akhir Tahun diserahkan kepada sekolah namun kami tetap berupaya meningkatkan kompetensi guru dengan melaksanakan sejumlah kegiatan. Salah satunya adalah dengan kegiatan bedah kisi-kisi dan penyusunan soal ujian jenjang SMP pada tahun pelajaran 2020/2021 ini,” sambutnya.

Sementara itu, Koodinator narasumber, Yuli Ridawati, menyampaikan bahwa pihaknya telah mempersiapkan sejumlah materi untuk dipresentasikan, yakni selain teknik bedah dan penyusunan soal, Penilaian Hasil Belajar dan Pengolahan NIlai, penyusunan soal HOTS dan materi lainnya yang sangat diperlukan oleh para guru.

Lebih jauh ditambahkan bahwa para narasumber terdiri dari unsur pengawas yang sangat kompeten di bidangnya, yakni Nanang Saeful Anwar, Beny setiawan, Hery taryana, Sri Kusumah Ayuningsih, Iwan Hermawan, Suparman, Udin Saripudin, Asep Supriatna, Eli Maftuhfalah, Didi Achdiat, Eti Rochaeti, Rohman, Neneng Komariah, Euis  Yuningsih, dan N. Yuli RIdawati.

Di sisi lain, Ketua Musyawarah Kerja Pengawas Sekolah (MKPS), Rondang Okinda,  mengapresiasi terselenggaranya kegiatan di atas. Menurutnya, selain sebagai upaya peningkatan kualitas pelayanan pendidikan jenjang SMP, program ini pun dilaksanakan untuk memberi penyegaran kepada para guru berkenaan dengan teknik penyusunan dan bedah kisi-kisi  soal. Sehingga diharapkan dapat meningkatkan kompetensi mereka dan dapat diimplementasikan di sekolah.

“Saya mengapresiasi kegiatan ini.  Selain untuk meningkatkan kualitas pelayanan pendidikan, program ini juga diselenggarakan sebagai penyegaran kepada para guru tentang teknik penyusunan soal dan bedah kisi-kisi  soal. Kami berharap kegiatan ini dapat meningkatkan kompetensi mereka dan dapat diimplementasikan di sekolah masing-masing,” tandasnya.

 

Berita: Adhyatnika Geusan Ulun

Foto Eksklusif Newsroom.