KADISDIK BANDUNG BARAT BEKALI CALON KEPALA SEKOLAH

Bandung-(Newsroom).  Kepala Dinas Pendidikan Kab. Bandung Barat, Asep Dendih, mengungkapkan bahwa kepala sekolah merupakan tenaga fungsional guru yang diberikan tugas tambahan untuk memimpin sebuah sekolah dimana diselenggarakan proses belajar mengajar yang di dalamnya terjadi interaksi di antara guru dengan siswa.  Oleh karena itu, diperlukan kepala sekolah yang mempunyai strategi tepat agar terjalin hubungan yang harmonis dengan di lingkungan institusi pendidikan tersebut. Sehingga akan tercipta kondusivitas proses belajar mengajar dan tercapainya visi dan misi sekolah dengan tepat.

Hal di atas disampaikan Asep Dendih saat memberikan pembekalan kepada 106 guru  yang mengikuti kegiatan tes substansi Bakal Calon Kepala Sekolah (BCKS) jenjang SD dan SMP di POP Festival Citylink Hotel Bandung, Jumat (21/5/21).

Disampaikannya juga bahwa diperlukan kepala sekolah yang memiliki kemampuan mencari gagasan baru, mampu mengintegrasikan setiap program kegiatan, dan mendorong semua guru untuk mengembangkan model-model pembelajaran yang inovatif, serta menjadi teladan kepada semua warga sekolah.

“Kepala sekolah  harus memiliki visi ke depan dengan memiliki kemampuan dalam menciptakan ide-ide baru yang kreatif, inovatif, dan berwawasan global.  Selain itu,  juga mampu mendorong semua guru untuk mengembangkan model-model pembelajaran yang inovatif, serta role model  sehingga menjadi teladan bagi semua pihak,” imbuhnya.

Seperti diketahui, Dinas Pendidikan Kab. Bandung Barat, dalam memenuhi kebutuhan kepala sekolah, mengirimkan sebanyak 106 guru yang telah mengikuti seleksi administrasi untuk mengikuti kegiatan tes substansi.  Kegiatan yang diselenggarakan oleh Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah (LPPKS) Kemdikbud tersebut, meliputi tes tertulis dan wawancara, dan dilaksanakan selama dua hari dari 20-22 Mei 2021.

Lebih jauh ditambahkan juga bahwa kegiatan yang dibiayai oleh APBN ini harus disyukuri oleh semua pihak, terutama para peserta. Hal ini merupakan amanat yang harus dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab.

Kegiatan di atas dihadiri juga oleh Kepala Bidang Pmebinaan SD, Rustiyana, Kepala Bidang Pembinaan SMP, Asep Nirwan, Kepala Seksi GTK SMP, Samid Rusman, dan Kepala Seksi GTK SD, Edi Safrudin, dan Tim dari LP2KS.

Asep Dendih menandaskan bahwa kepala sekolah, selain memiliki kemampuan berinovasi, kreatif, dan berwawasan global, juga mampu memberikan pelayanan pendidikan yang optimal.  Sehingga akan meningkatkan kualitas pendidikan yang akan berdampak pada terwujudnya lulusan yang cerdas, mandiri, kreatif, dan berkarakter mulia sesuai dengan tujuan pendidikan nasional.

“Selain memiliki kemampuan berinovasi, kreatif, dan berwawasan luas, juga diharapkan kepala sekolah ke depan mampu memberikan pelayanan pendidikan yang maksimal dan  optimal.  Sehingga hal ini akan berdampak kepada meningkatnya kualitas pendidikan dan terwujudnya lulusan yang cerdas, mandiri, kreatif, dan berkarakter mulia,” tandasnya.

 

Berita: Adhyatnika Geusan Ulun

Foto Eksklusif Newsroom.