DISDIK KBB Gelar Bimtek Jurnalistik

Lembang (Newsroom)– Dinas Pendidikan Kab. Bandung Barat (Disdik KBB) menggelar bimbingan teknis pelatihan menulis berbasis jurnalistisk. Kegiatan yang diikuti oleh 110 guru Bahasa Indonesia jenjang SMP se-KBB tersebut, dilaksanakan selama tiga hari (Senin-Rabu, 5-7 Desember 2022) di Takashimaya Hotel Lembang, Senin (5/12/22).

Kepala Dinas Pendidikan KBB, Asep Dendih dalam sambutannya yang disampaikan Ketua MKPS, Rondang Okinda, menyatakan bahwa kegiatan di atas merupakan salah satu upaya pihaknya untuk meningkatkan kualitas pelayanan pendidikan.

“Bimtek ini digelar sebagia salah satu upaya Dinas Pendidikan Bandung Barat untuk meningkatkan kualitas pelayanan pendidikan,” sampainya.

Disampaikannya juga, dengan bimbingan teknis tersebut diharapkan para guru dapat membuat karya jurnalistik yang bermanfaat dalam mendorong kemajuan pendidikan di setiap sekolahnya.

“Kemudian, bimbingan teknis tersebut diharapkan para guru dapat membuat karya jurnalistik yang bermanfaat dalam mendorong kemajuan pendidikan di setiap satuan pendidikan di mana mereka berada,” terangnya.

Lebih jauh ditambakan, setiap satuan pendidikan juga harus menyosialisasikan tentang mitigasi bencana. Hal tersebut terakait dengan maraknya musibah di sejumlah daerah. Oleh karena itu, dengan ada kegiatan di atas diharapkan informasi yang dibuat dapat disampaikan dengan faktual dan berimbang.

“Terkait dengan maraknya bencana di beberapa daerah, maka dengan pelatihan ini diharapkan para guru dapat membuat berita yang faktual dan berimbang. Termasuk, informasi tentang pentingnya mitigasi bencana,” imbuhnya.

Sementara itu, Yuli Ridwan mewakili penyelenggara menyampaikan tujuan dilaksanakan Bimtek di atas, selain meningkatkan kompetensi para guru di bidang literasi, juga meningkatkan kemampuan guru dalam membuat sejulmah produk jurnalistik.

“Tujuan dilaksanakan Bimtek penulisan berbasis jurnalistik ini, selain untuk meningkatkan kompetensi para guru di bidang literasi, juga meningkatkan kemampuan guru dalam membuat sejulmah produk jurnalistik,” tandasnya. ***

Pewarta: Adhyatnika Geusan Ulun – Newsroom Tim Peliput Berita Pendidikan Bandung Barat-Sumber Berita: Hj. Eti Rohaeti, M.Pd (Pengawas Pembina Disdik KBB).