Gerak Jalan Sehat HAORNAS SDN 2 Kertamulya

Oleh: Nia Kurniawati, S.Pd.SD
(SD Negeri 2 Kertamulya)

Tanggal 9 September diperingati sebagai Hari Olahraga Nasional (HAORNAS). Haornas pada 9 September menjadi salah satu hari nasional yang perlu diperingati berdasarkan dari Keputusan Presiden (Keppres) No. 67 tahun 1985. Adapun Haornas menjadi salah satu bentuk kepedulian pemerintah mengenai pentingnya Pendidikan Olahraga.

Dalam memperingati HAORNAS SD negeri 2 Kertamulya mengadakan kegiatan “Gerak Jalan Sehat”. Masa pandemi Covid-19 yang membatasi akses kegiatan massal dalam peringatan Haornas dua tahun ke belakang menjadi salah satu latar belakang diadakannya kegiatan ini. SD Negeri 2 Kertamulya ingin membangkitkan embali budaya berolahraga dan gaya hidup sehat salah satunya dengan kegiatan gerak jalan ini.

Adapun tujuan dari diadakannya kegiatan ini adalah mengembangkan bakat dan minat peserta didik dalam bidang olahraga, mengembangkan jiwa sportivitas, rasa percaya diri dan rasa tanggung jawab. Mengembangkan budaya hidup sehat dan gemar berolahraga, menumbuhkan jiwa nasionalisme serta menjalin solidaritas dan persahabatan antar peserta didik khususnya di SD negeri 2 Kertamulya. Tujuan ini sesuai dengan penerapan Profil Pelajar Pancasila di sekolah.

Sebelum mengadakan kegiatan ini, kami mempersiapkan segala sesuatunya agar kegiatan ini berjalan lancar tanpa kendala kurang lebih dalam kurun waktu seminggu. Dimulai dengan mengadakan rapat koordinasi antara Kepala Sekolah (Erus Rusnadi, S.Pd)  dan guru-guru SD Negeri 2 Kertamulya sebagai panitia kegiatan gerak jalan sehat yang dipimpin oleh ketua pelaksana kegiatan, yaitu Syafiek Khoerudin, S.Pd dan Farhan Aulia Rahman, S.Pd.

Kemudian, dilanjutkan dengan pencetakan tiket/karcis yang di dalamnya ada nomor undia, mensosialisasikan kegiatan ini ke peserta didik, orang tua dan umum melalui pembuatan banner yang disebarkan melalui media sosial (whatsapp), merinci biaya pengeluaran, pengadaan doorprize, penentuan rute (arah jalan) yang dilalui, pengadaan konsumsi, dll.

Dan Alhamdulillah hari yang dinanti tiba tepatnya pada Sabtu, 17 September 2022, warga sekolah SD Negeri 2 Kertamulya melaksanakan kegiatan Gerak Jalan Sehat yang diikuti hampir 350 peserta yang terdiri dari peserta didik, guru, orang tua murid dan dari kalangan umum (alumni).

Seperti biasanya, sebelum kegiatan ini dilaksanakan semua peserta berkumpul di halaman sekolah untuk diberitahukan berbagai peraturan yang harus ditaati oleh seluruh peserta yang disampaikan oleh Asep Mochamad Yamin, S.Pd dan diakhiri dengan berdoa oleh M Furqon, S.Pd, kegiatan gerak jalan sehat dimulai tepat pukul 08.30 WIB.

Rute gerak jalan sehat ini adalah sekitar sekolah, melewati, jalan raya depan sekolah, jalan setapak, pemukiman warga dan area persawahan. Perjalanan ditempuh dengan jarak kurang lebih 3 km dengan estimasi waktu 1 jam dengan peserta dibagi menjadi tiga kelompok perjalanan diselingi dengan berhenti dulu di sekitar pos pemberhentian yang telah ditentukan.  Untuk kelas 5 & 6 berhenti dulu di pos 3, kelas 3 & 4 berhenti dulu di pos 3, dan kelas 1 & 2 berhenti di pos 1.

Hal ini di atas dilakukan agar tidak terjadi penumpukan peserta di garis finish dan pengecekan nomor tiket undian. Terlihat semangat dan antusias para peserta dalam mengikuti kegiatan ini, terlihat dari beberapa foto yang berhasil didokumentasikan.

Sekitar pukul 09.30 WIB seluruh peserta telah kembali lagi di sekolah.Sebelum pembagian doorprize diadakan beberapa hiburan dulu untuk menghibur peserta yang telah melaksanakan gerak jalan. Semua peserta membuka bekal masing-masing dan makan Bersama (botram).

Pembagian doorprize dilaksanakan sekitar pukul 10.00 WIB s.d selesai dengan memperebutkan sekitar 110 hadiah door prize yang didapat dari penjualan tiket, sumbangan dari guru, orang tua dan masing-masing kelas. Cukup banyak dan menggiurkan hadiah door prizenya. Seluruh peserta melihat nomor undian.

Acara pembagiana doorprize dipimpin oleh guru. Pembagian doorprize ini tidak sekaligus dilaksanakan, namun sebagian dahulu yang diselingi dengan berbagai hoiburan baik dari guru maupun orang tua juga peserta didik. Dan yang mendapatkan hadiah doorprize adalah orang yang beruntung.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat memberikan semangat baru begitu pula dengan peringatan HAORNAS ke 39 dapat meningkatkan prestasi yang dilahirkan sekolah. Melalui kegiatan gerak jalan sehat yang terintegrasi dengan pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan (PJOK) diharapkan peserta didik lebih giat berolahraga dan menerapkan kedisiplinan.

Belajar di luar kelas merupakan hal yang yang sangat dinantikan peserta didik untuk menghilangkan kejenuhan (kebosanan) belajar di dalam kelas. Belajar secara langsung (alam tak kambang) memberikan pengalaman yang sangat berharga untuk dapat diceritakan di masa yang akan datang.

Harapan kami semoga kegiatan ini dapat dilaksanakan di tahun yang akan datang dan dijadikan agenda kegiatan rutin. Terima kasih atas dukungan dari semua pihak (guru dan orang tua) sehingga kegiatan gerak jalan santai ini berjalan lancar dan sukses.

Profil Penulis

 Nia Kurniawati, S.Pd.SD, lahir di Bandung, 30 Januari 1980. Domisili di Kp. Babakan RT 01/02 No. 80 Ds. Ciburuy Kec. Padalarang Kab. Bandung Barat. Menempuh pendidikan di D2 di STAI Siliwangi th 2003, S1 di Universitas Terbuka th 2013. Pertama mengajar di TK Rian Kumarajaya (1998-2003), Guru Bantu di SD Negeri 2 Kertamulya (2003-2008), dan CPNS & PNS di SD Negeri 2 Kertamulya (2008-sekarang). Selain mengikuti beberapa pelatihan dan bimbingan teknis, sekarang sedang menempuh PGP angk 4.

Pewarta: Adhyatnika Geusan Ulun