Hagia, Anak Hebat Dengan Segudang Bakat

Oleh: Imas Sumiati, S.Pd
(Kepala SDN Marga Mulya Kec.Ngamprah KBB)

 

Setiap anak memiliki minat,bakat dan potensi yang berbeda, minat dan bakat yang dimiliki anak nantinya akan menjadi life skill yang akan menjadi bekal yang sangat bermanfaat bagi mereka di kemudian hari.

Minat dan bakat menjadi hal yang penting diketahui oleh masing-masing individu,terutama bagi anak. Dengan mengetahui minat dan bakat yang dimiliki, seseorang dapat dapat menggali potensinya, kelebihan hingga kekurangan yang terdapat di  dalam dirinya. Hal ini dapat menjadi pemicu bagi seseorang untuk berkembang menjadi  pribadi yang lebih baik dan ketika anak beranjak dewasa Dia akan  lebih cenderung memiliki daya juang yang tinggi, percaya diri, dan tidak mudah menyerah.

Adalah Hagia,  anak yang hebat dengan segudang bakat, Hagia Sophia Fauziana lahir di Bandung tanggal 12 Agustus 2012. Terinspirasi dari nama Masjid Indah di Turki dan Fauziana merupakan nama pemberian dari Kakek dan Nenek sebagai doa untuk menjadi anak yang bermanfaat bagi dirinya, agama, negara dan sesama.

Saat ini, Hagia duduk di kelas 5 SDN Margamulya Kecamatan Ngamprah Kab.Bandung Barat. Prestasi Hagia dimulai sejak kecil, sebelum sekolah sudah mulai belajar  ikut lomba di rumah, seperti Agustusan dan kegiatan lainnya. Masuk TK mulai mengikuti ajang perlombaan baik di sekolah maupun tingkat TK seperti lomba menggambar, mewarnai dan akademik, Alhamdulillah atas izin Alloh selalu menjadi peringkat 1.

Setelah masuk SD bakat minatnya tampak berkembang di bidang olahraga, yaitu Renang dan selalu masuk juara setiap perlombaan yang diikuti. Tidak hanya dalam olah raga, dalam bidang agama pun, Hagia pernah menjuarai lomba kaligrafi dan mengaji metode Al-Barqy.  Kemampuan Bahasa nya juga berkembang, hal ini ditunjukkan Hagia, Dia pernah menjadi Juara menulis cerita pendek di Tingkat Kabupaten Bandung Barat.

Prestasi membanggakan yang pernah diraih Hagia, di antaranya :

  1. Juara 1 Menulis Cerita Pendek (LMBKS) Sekolah Dasar (SD) tingkat Kabupaten Bandung Barat yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan KBB 2023
  2. Juara 1 Renang Gaya Dada Putri (LMBKS) Sekolah Dasar tingkat Kecamatan 2023
  3. Juara 1 Renang Gaya Dada Putri Kejuaraan Renang Antar Pelajar Se-Bandung Raya Fajar Panorama 2023
  4. Juara 1 Lomba mewarnai tingkat SD/MI se Kota Cimahi pada acara Festival Anak Kota Cimahi 2022
  5. Peserta Terbaik metode Al-Barqy yang di selenggarakan 20 Februari 2022 di Bandung.
  6. Juara 3 Lomba Kaligrafi At-Tauhid Ramadhan Competition 2022 di Masjid At-Tauhid Cimahi

Alhamdulillah keseharian Hagia padat dan bermanfaat bahkan waktu bermain nya pun di isi main musik, catur, lego dan hal lain yang menyenangkan tapi tetap bermakna. Bangun pagi diawali sholat Subuh dan membereskan tempat tidur adalah suatu keharusan. Di usia nya sekarang sudah pandai menyiapkan keperluannya sendiri. Belajar, bermain dan bersosialisasi mengenal lingkungan itu yang selalu diterapkan.

Hagia bisa menginspirasi dalam pengembangan minat bakat anak-anak disekitarnya. Untuk mengembangkan bakat minat  anak-anak  perlu diberikan stimulus, untuk bisa lebih bereksplorasi terhadap diri  dan lingkungannya. Guru dan juga Orang Tua dapat memulainya dengan memberi kesempatan pada anak untuk mengenal berbagai macam bentuk kegiatan, olahraga, hobi dan jenis pekerjaan disekelilingnya, tentunya dengan menggunakan pendekatan yang ringan dan menyenangkan sesuai dengan usia anak.

Meski dengan segudang bakat dan prestasinya, Hagia tetap berusaha untuk bersikap humble dan selalu bersyukur. Prestasi yang didapatnya sekarang adalah berkat dukungan semua pihak, orang tua, Guru, teman-teman dan pihak sekolah yang selalu memberikan motivasi dan bimbingan dalam mencapai tujuan. ***