KABID SMP BANDUNG BARAT: SELAMAT KEPADA KETUA MKKS SMP KBB TERPILIH

Padalarang-(Newsroom). Kepala Bidang Pembinaan SMP Dinas Pendidikan Kab. Bandung Barat, Rustiyana, menyampaikan fungsi Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) di antaranya adalah membina profesionalitas kepala sekolah untuk meningkatkan kepribadian, manajerial, kewirausahaan, supervisi dan sosial. Selain itu, MKKS diharapkan dapat menumbuhkan semangat kerja sama antar kepala sekolah sebagai upaya meningkatkan mutu pendidikan.

Hal tersebut disampaikan Rustiyana kepada Newsroom saat dimintai keterangan terkait terpilihnya Suhartono sebagai Ketua MKKS SMP Kab. Bandung Barat periode 2021-2023.  Menurutnya, selain fungsi di atas, MKKS diharapkan dapat menyebarkan informasi dan inovasi untuk mengembangkan mutu pendidikan. Kemudian, menjalin persatuan dan kesatuan untuk menumbuhkan rasa percaya diri dalam mengemban tugas sebagai kepala sekolah agar kinerja profesi melalui kegiatan berbagi pengalaman bisa terus ditingkatkan. Selanjutnya, MKKS  menjadi media bagi kepala sekolah untuk memberikan tanggapan atas kebijakan pemerintah beserta penerapannya di sekolah.

“Selamat kepada Ketua MKKS SMP Bandung Barat yang terpilih, dengan harapan kepengurusan dapat mengoptimalkan fungsi MKKS, yaitu terkait membina profesionalitas kepala sekolah, menumbuhkan kerja sama antar kepala sekolah, menyebarkan informasi dan inovasi, menjalin persatuan dan kesatuan. Kemudian, sebagai media untuk memberikan tanggapan atas kebijakan pemerintah dan penerapannya di sekolah. Sehingga dengan fungsi MKKS yang optimal ini akan dapat membantu dan mendukung Dinas Pendidikan dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan yang ada di Kabupaten Bandung Barat,” katanya.

Seperti diketahui, MKKS SMP Kab. Bandung Barat menyelenggarakan pemilihan ketua yang baru menggantikan Jaka Supritana, Ketua MKKS SMP lama yang telah habis masa jabatannya. Di kegiatan yang diselengggarakan di SMPN 2 Padalarang pada Kamis (2/9/21) tersebut, terpilih Suhartono, Kepala SMPN 1 Padalarang, sebagai Ketua yang baru, mengungguli kandidat lainnya, yakni H.Dadang Nurjaman, Kepala SMPN 1 Cihampelas, H.Nurdin, Kepala SMPN 2 Cipeundeuy, dan Pipih Sopiah, Kepala SMPN 4 Cisarua.

Sementara itu, Suhartono menyampaikan pemilihan Ketua MKKS SMP KBB berlangsung secara demokratis. Pihaknya mengucapkan terima kasih atas kepercayaan semua kepala sekolah yang telah memilihnya sebagai ketua. Diharapkan semua pihak dapat membantunya dalam mewujudkan fungsi MKKS yang profesional, inovatif, edukatif, dan menjadi media kerja sama antar kepala sekolah dalam mengimplemetasikan seluruh kebijakan pemerintah untuk kemajuan pendidikan di Kab. Bandung Barat.

“Terima kasih atas kepercayaan para kepala sekolah yang telah memilih saya sebagai ketua. Pemilihan Ketua MKKS ini berlangsung secara demokratis, tranparan, dan akuntable. Semoga MKKS ke depan menjadi semakin maju, profesional, dan mampu mengimplentasikan seluruh kebijakan pemerintah untuk kemajuan pendidikan, khususnya di Kab. Bandung Barat,” ungkapnya.

Ditambahkannya, MKKS SMP Kab. Bandung Barat lebih kompak dan bersatu. Hal ini sebagai modal utama untuk melangkah, dengan mengedepankan prinsip berkoordinasi dan saling berkomunikasi antar instansi atau lembaga, baik secara vertikal maupun horizontal, untuk memberikan rasa nyaman kepada para kepala sekolah  di lingkungan Dinas Pendidikan Kab. Bandung Barat, khususnya bidang SMP.

Berbagai ucapan selamat disampaikan para kepala sekolah, salah satunya adalah Agus Solihin, Kepala SMPN Satap Lembang Cililin dan Plt. SMPN 1 Cipongkor, yang mengucapkan selamat atas terpilihnya Suhartono sebagai Ketua MKKS SMP KBB yang baru. Menurutnya, di bawah kepemimpinannya diharapkan organisasi ini semakin solid dan lebih berkembang.

“Alhamdulillah, hari ini Kamis tanggal 2 September 2021 merupakan hari yang dinanti-nanti oleh seluruh kepala sekolah di Kabupaten Bandung Barat untuk memilih kepengurusan baru MKKS KBB. Dengan terpilihnya ketua MKKS yang baru, diharapkan MKKS KBB semakin berkembang, semakin solid, berbagi informasi untuk meningkatkan kemampuan dalam menjalankan tugas sebagai kepala sekolah. Sehingga kepala sekolah menjadi sebuah jabatan yang bermartabat. Selamat untuk ketua terpilih Bapak Suhartono, S Pd., M.M, Kepala Sekolah SMPN 1 Padalarang KBB. Semoga MKKS KBB di bawah kepemimpinannya semakin berkembang,” tandasnya.***

Berita: Adhyatnika Geusan Ulun

Sumber Berita dan Foto: Budi Ruhiat