KHOTMUL QUR’AN SALAH SATU PROGRAM UNGGULAN SMP DAARUT TAUHIID BOARDING SCHOOL ECO PESANTREN KAMPUS IKHWAN

PARONGPONG – NEWSROOM. Berbagai cara dilakukan setiap makhluk yang beriman untuk dapat mendekatkan dirinya kepada Sang Pencipta, salah satunya adalah dengan “Khotmul Qur’an”.

“Hotmul Quran merupakan mediasi untuk menyempurnakan iman, menambahkan tauhid kita kepada Allah S.W.T. Insyaallah, kegiatan ini dapat menambah rasa cinta terhadap Quran, bukan hanya membuka pesan di whatsapp, melihat video di youtobe, menonton televisi, tetapi juga selalu merindukan untuk membaca Al-Quran, yang insyaallah menjadi penerang dalam hidup kita setelah ajal menjemput.” ungkap Dedi Setiawan, Waka Humas SMP Daarut Tauhid Boarding School Putra (DTBS PUTRA) saat dimintai keterangan tentang kegiatan ini, Kamis (11/10/18).

Bertempat di lapangan basket SMP DTBS PUTRA, Kegiatan Hotmul Quran untuk pertama kalinya diselenggarakan. Kegiatan ini merupakan bahan evaluasi pembacaan Al-Quran santri dan seluruh civitas akademika serta dalam rangka tasyakur bi’nimat atas suksesnya kegiatan akreditasi sekolah. Hotmul Quran dilaksanakan dengan cara menamatkan Al-Qur’an dalam satu hari secara bersama-sama, dibagi-bagi sesuai dengan juzz yang telah diberikan.

Kegiatan yang diikuti oleh seluruh santri SMP DTBS PUTRA sejumlah 365 santri ikhwan, kelas VII, VIII, dan IX, serta diikuti oleh seluruh civitas akademika SMP DTBS PUTRA, sejumlah 50 orang ini berlangsung dengan khidmat dan tertib.

Aa Gym dalam lamannya menegaskan, untuk menjadikan Al Quran sebagai sahabat  kita yang menemani hari-hari kita. Milikilah Al Quran yang praktis bisa dibawa kemana-mana, sehingga dengan mudah bisa kita baca dan kita tadaburi isinya. Kita bisa berlama-lama bersama ponsel kita, betah membolak-balik sosial media, meski tidak begitu perlu, maka semestinya kita jauh lebih rajin membuka-buka Al Quran yang jelas-jelas isinya adalah firman Alloh SWT., tentang kunci-kunci kebahagiaan dan kemenangan. Semoga Alloh SWT. menggolongkan kita sebagai orang-orang yang akrab dengan Al Quran dan mendapatkan syafaatnya di akhirat kelak. Aamiin Yaa Robbal’aalamiin.

Allah SWT. Berfirman (QS.Ash Shoff :3), “Dan (ada lagi) karunia yang lain yang kamu sukai (yaitu) pertolongan dari Allah dan kemenangan yang dekat (waktunya). Dan sampaikanlah berita gembira kepada orang-orang yang beriman.” Selanjutnya, dalam Surah Al-Muzzammil, ayat (4) “Lebih dari (seperdua) itu, dan bacalah Al-Qur’an itu dengan perlahan-lahan.”

Ayat-ayat tersebut mengandung makna, bahwa hendaklah kita senantiasa berpegang teguh kepada pedoman umat Islam yaitu Al-Quran dan As-Sunnah. Dengan membaca Al-Quran, membuat hati kita merasa tenang dan nyaman. Mempelajari Al Quran adalah panduan hidup bagi seluruh umat manusia, namun hanya orang-orang beriman yang mau menjadikannya sebagai pedoman. Allah menjanjikan kemenangan bagi orang-orang yang beriman kepada Al Quran dan mengamalkannya, dan janji Allah pasti benar. ***ZaFa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *