KREATIF DAN INOVATIF DI PEMBELAJARAN LURING

Oleh : Khemal Adhytia Pribadi, S.Pd

(Guru Bahasa Indonesia SMP Negeri Satu Atap Cimarel)

Pembelajaran jarak jauh metode luring dengan pemanfaatan media pembelajaran dan lembar kerja siswa yang kreatif dan inovatif merupakan salah satu alternatif kegiatan pembelajaran di masa pandemi Covid-19 saat ini.

Latar Belakang

Penyebaran Covid-19 masih belum berakhir. Angka penyebarannya di negara kita masih sangat tinggi. Semua aktivitas di segala bidang menjadi terkendala. Salah satunya adalah pendidikan.

Semenjak awal penyebaran virus ini pada Maret tahun 2020, pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengambil berbagai kebijakan. Beberapa regulasi yang menjadi acuan dalam pelaksanaan pembelajaran pada masa pandemi Covid-19 ini, yaitu Surat Edaran Mendikbud No. 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Covid-19; Surat Edaran Mendikbud No. 15 Tahun 2020 tentang Pedoman Penyelenggaraan Belajar dari Rumah dalam Masa Darurat Covid-19. Dari kedua acuan ini, sekolah mengalihkan semua kegiatan belajar dari rumah dengan moda daring, luring, dan kombinasi..

Di sisi lain, penyederhanaan dan penyesuaian kurikulum dalam masa darurat pun dilakukan dengan memilih KI, KD dan materi-materi pembelajaran yang essensial. Hal ini dikarenakan pada masa darurat Covid-19 target dalam kurikulum tidak harus tercapai. Siswa diarahkan pada pendidikan kecakapan hidup dan pendidikan karakter. Semua kebijakan itu diambil demi mengutamakan kesehatan dan keselamatan semua warga sekolah.

Dengan mengikuti semua dasar acuan yang dikeluarkan oleh pemerintah tersebu, SMP Negeri Satu Atap Cimarel yang bertempat di Kampung Cimarel Desa Sukaresmi Kecamatan Rongga Kabupaten Bandung Barat menerapkan pembelajaran jarak jauh dari rumah dengan metode luring. Metode luring ini dipilih karena menyesuaikan dengan kondisi sekolah yang akses jaringan internet masih belum terjangkau. Selain itu, kondisi masyarakat yang masih belum memahami teknologi. Termasuk dengan keterbatasan kepemilikan alat komunikasi smartphone, serta faktor lainnya.

Namun dengan menggunakan moda pembelajaran luring, guru diharapkan untuk tetap kreatif. Hal ini dilakukan untuk menciptakan pembelajaran yang menarik bagi siswa selama belajar dari rumah. Selain itu, diharapkan moda tersebut dapat memusatkan keaktifan belajar pada siswa.  Mereka diharapakna dapat mengembangkan kemampuan dirinya, menemukan sumber-sumber belajar secara mandiri, menambah pengetahuan dan wawasan, serta tetap semangat belajar.

Pada era globalisasi seperti sekarang ini bukanlah sebuah alasan untuk tidak bisa mengembangkan diri dengan memanfaatkan teknologi. Terdapat banyak aplikasi yang bisa digunakan guru dalam menunjang kegiatan pembelajaran, seperti pembuatan bahan ajar, modul, media, dan lembar kerja siswa.

Langkah Penyelesaian

Pelaksanaan pembelajaran jarak jauh luring di SMP Negeri Satu Atap Cimarel selama ini berfokus pada pemberian materi dalam bentuk modul sederhana. Juga pada  media pembelajaran dan penugasan berbentuk lembar kerja yang diberikan oleh guru kepada siswa untuk belajar dari rumah. Selain itu, siswa disarankan bisa memanfaatkan media televisi dengan siaran pendidikan yang telah diprogramkan Kemdikbud selama pembelajaran jarak jauh dari rumah.

Adapun tahapan yang dilakukan dalam pelaksanaan pembelajaran jarak jauh dengan moda luring adalah sebagai berikut.

  • Tahap pertama, sekolah melalui wakil kepala bidang kurikulum menyusun kurikulum sekolah dengan menyesuaikan kondisi darurat Covid-19. Di tahapan ini dirancang pembelajaran jarak jauh moda luring. Kemudian, membuat jadwal belajar di rumah, mengelompokkan siswa atau membuat simpul belajar berdasarkan tempat tinggal terdekat untuk memudahkan koordinasi dan pemberian bahan ajar selama mereka belajar di rumah.
  • Tahap kedua, guru-guru mendapatkan arahan serta bimbingan dari pengawas sekolah tentang pembelajaran moda luring. Termasuk dengan cara membuat bahan ajar berupa modul, media pembelajaran, lembar kerja siswa serta penilaian siswa ketika belajar dari rumah.
  • Tahap ketiga, masing-masing guru mata pelajaran merancang modul, media pembelajaran, dan lembar kerja yang akan diberikan kepada siswa.

Dalam membuat modul, media pembelajaran dan lembar kerja guru diberi kebebasan untuk berkreasi dalam membuatnya, namun tetap memperhatikan struktur penulisan modul dan lembar kerja siswa yang benar. Selain itu guru juga membuat format kegiatan harian kepada siswa untuk mengasah kecakapan hidupnya dan untuk menilai karakter siswa selama berkegiatan di rumah.

  • Tahap keempat, membagikan bahan ajar berupa modul, media pembelajaran, lembar kerja serta format kegiatan harian siswa selama di rumah kepada koordinator setiap simpul belajar melalui wali kelas untuk kegiatan belajar di rumah sesuai jadwal yang telah ditentukan.
  • Tahap kelima, pengumpulan hasil penugasan dan penilaian hasil belajar siswa selama pembelajaran dari rumah.

Sementara itu, bagaimana media pembelajaran dan lembar kerja bisa disebut kreatif dan inovatif. Hal ini dikarenakan guru diharuskan kreatif dan inovatif dalam membuat bahan ajar, media belajar, dan lembar penugasan/kerja siswa selama pelaksanaan pembelajaran jarak jauh. Baik secara daring, luring, maupun kombinasi.

Selain itu, guru dituntut kreatif. Media pembelajara dibuat berdasarkan ide kreativitas mereka untuk membuat pembelajaran lebih menarik. Sehingga minat belajar siswa meningkat.

Selama proses pelaksanaan pembelajaran luring berlangsung, penulis menemukan satu aplikasi yang mampu membantu guru dalam membuat media pembelajaran dan lembar kerja yang menarik untuk siswa, yakni Canva.

Canva memiliki banyak fitur yang dapat digunakan untuk membuat media pembelajaran dan lembar kerja siswa lebih menarik.

Sesungguhnya guru diberikan kebebasan dalam  menuangkan ide dan berkreasi untuk membuat media pembelajaran dan lembar kerja siswa.

Hasil

Pembelajaran jarak jauh dengan moda luring di SMP Negeri Satu Atap Cimarel dapat dilaksanakan dengan baik dan lancar sesuai dengan ahrapan semua pihak..

Siswa dapat belajar dengan mendapatkan pemahaman materi pembelajaran yang esensial melalui modul dan pengerjaan tugas dengan lembar kerja yang diberikan. Walaupun mereka harus belajar dari rumah.

Banyak aplikasi yang bisa guru manfaatkan dan gunakan untuk menuangkan ide dan kreativitas dalam pembuatan bahan ajar berupa modul, media pembelajaran, dan lembar kerja siswa. Hal ini membuat pembelajaran lebih menarik dan menyenangkan.

Simpulan

Pembelajaran jarak jauh moda luring dengan memanfaatkan modul, media pembelajaran dan lembar kerja siswa mampu menjadi alternatif kegiatan belajar di rumah selama masa pandemi Covid-19.

Selain itu, guru dapat memanfaatkan dan menggunakan banyak aplikasi pendukung dalam pembuatan bahan ajar yang menarik untuk siswa selama belajar dari rumah.***

Catatan: Tulisan di atas lebih lengkap dapat disimak di Buku Kumpulan Best Practice Guru yang segera kaan terbit.

Profil Penulis

Khemal Adhytia Pribadi, S.Pd, Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMP Negeri Satu Atap Cimarel. Alumni S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia UPI Bandung. Guru Sarjana Mendidik di Daerah 3T angkatan kedua (2012). Pendidikan Profesi Guru SM3T UNJ (2014). Guru Garis Depan angkatan kedua (2016).

Email: khemal.adhytia@gmail.com

FB: Khemal Adhytia Pribadi

IG: khemal.adhytia

Editor: Adhyatnika Geusan Ulun