LEISURE TIME BAHAGIA ANGGOTA KOPERASI BINA MANDIRI SMPN 2 NGAMPRAH

Berita: Riska Mutiara

NGAMPRAH – (NEWSROOM). – Bersyukur adalah salah satu ciri umat bertakwa dalam pandangan Allah SWT. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mensyukuri nikmat Allah SWT ketika diberikan kemudahan dalam mendapatkan rezeki dan kesejahteraan. Berbagi kebahagiaan bersama anggota Koperasi Bina Mandiri SMPN 2 Ngamprah di pesisir pantai Pangandaran adalah satu bukti betapa bersyukurnya atas nikmat karunia-Nya yang begitu besar.

Kepala SMPN 2 Ngamprah, Agus Samsu Permana mengemukakan pendapat tentang positifnya keberadaan koperasi Bina Mandiri di lingkungan keluarga besar SMPN 2 Ngamprah karena menurutnya koperasi merupakan organisasi ekonomi yang dimiliki dan dikelola demi kepentingan bersama, maka koperasi tersebut melandaskan semua kegiatannya berdasarkan atas asas kekeluargaan. Untuk itu beliau mengijinkan kegiatan RAT Koperasi tahun buku 2018 diselenggarakan pada hari Sabtu dan Minggu 23-24 Februari 2019 silam di Pantai Pangandaran.

“Alhamdulillah, keberadaan koperasi Bina Mandiri SMPN 2 Ngamprah menjadi berkah untuk keluarga besar kami, karena pada hakekatnya koperasi itu merupakan organisasi ekonomi yang dimiliki dan dikelola demi kepentingan bersama,maka koperasi tersebut melandaskan semua kegiatannya berdasarkan atas asas kekeluargaan.” ujar Agus saat memimpin Rapat RAT sebagai Pembina Koperasi di Pangandaran.

Koperasi Bina Mandiri SMPN 2 Ngamprah merupakan koperasi simpan pinjam dan konsumsi yang sudah berbadan hukum sejak tahun 2018, sehingga dalam keseluruhan kegiatannya koperasi ini dipantau langsung oleh Dinas Koperasi Bandung Barat. Tidak dapat dipungkiri bahwasannya keberadaan Koperasi Bina Mandiri  SMPN 2 Ngamprah mampu meningkatkan kesejahteraan hidup guru-guru dan pegawainya, karena selain ditopang oleh gaji dari pemerintah pusat juga insentif dari pemerintah Kabupaten Bandung Barat, ternyata Koperasi  Bina Mandiri juga memiliki andil yang besar dalam menopang kebutuhan hidup warga SMP Negeri 2 Ngamprah.

Ketua Koperasi Bina Mandiri, Abdul Mungid Ismail (Ami) menyampaikan tentang tujuan berdirinya koperasi ini sebagai sarana untuk meningkatkan kesejahteraan anggotanya; “Tujuan pendirian Koperasi Bina Mandiri ini hanya satu, yaitu untuk meningkatkan kesejahteraan hidup para anggotanya baik secara finansial maupun non finansial, diharapkan setiap anggota akan mendapatkan solusi keuangan yang terbaik dan termudah dari koperasi.” Ungkap Ami.

Harapan Ami, dengan mengadakan kegiatan Rapat Anggota Tahunan Koperasi di obyek wisata Pangandaran, maka kebutuhan non finansial para anggota koperasi dapat juga terpenuhi, yaitu secara bersama-sama bisa melepaskan penat dan lelah dari rutinitas kegiatan sekolah setiap harinya untuk mencari pencerahan dan penyegaran kembali.

“Selain tingkat partisipasi anggota akan semakin meningkat, diharapkan juga Dinas Koperasi Bandung Barat dapat bersama-sama membantu mengembangkan dan mendukung koperasi Bina Mandiri SMPN 2 Ngamprah ini, sehingga ke depannya Koperasi Bina Mandiri dapat menjadi koperasi sekolah yang maju dapat membantu para anggotanya secara optimal dan menjadi rujukan dan contoh Koperasi Sekolah di Kabupaten Bandung Barat.” Pungkas Ami.