“LOGARITMA” – Kelompok Gemar IT dan Matematika

Oleh: Erni Aeni Rahayu, S.Pd
(Guru SMPIT Daarut Tauhiid Boarding School)

 

Teknologi disenangi, Matematika ditakuti. Ini adalah alasan utama terbentuknya program LOGARITMA, menggabungkan dua kegemaran yaitu Teknologi dan Matematika. Program ini juga sesuai dengan tujuan Pendidikan Ki Hajar Dewantara yaitu “menuntun segala kekuatan kodrat (kodrat alam dan kodrat zaman) yang ada pada anak-anak itu, agar mereka sebagai manusia dan anggota masyarakat dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi- tingginya”

Jenis program LOGARITMA termasuk kedalam ekstrakurikuler. Murid diberikan kesempatan memberikan saran terhadap karya yang dibuat dan ditampilkan (voice), memberikan kebebasan kepada murid untuk memilih tim dan jenis teknologi sesuai dengan bakat dan minatnya (choice) dan mengikuti kompetisi/melakukan pameran karya di sekolah dalam bidang teknologi Matematika (ownership).

Untuk terlaksananya program ini, tentu harus adanya dukungan dari berbagai pihak salah satunya dengan mensosialisasikan tujuan utama program yaitu untuk mewujudkan generasi profil pelajar pancasila melalui teknologi dan Matematika dengan berkarakter BAKU (Baik dan Kuat) sesuai goals yang diharapkan sekolah SMP Daarut Tauhiid Boarding School.

Capaian yang diharapkan:

Capaian Langkah-langkah Hasil yang Diharapkan
Menggunakan aplikasi Test of Second Mathematics Dilaksanakan selama empat kali pertemuan Murid memahami matematika dasar
Menggunakan  AI, AR dan Math City Map dan lainnya

 

Dilaksanakan selama satu semester ●   Murid terampil menggunakan teknologi pembelajaran

●   Menumbuhkan karakter Baik (ikhlas, jujur, dan tawadhu) dan Kuat (berani, disiplin, dan Tangguh)

Membuat aplikasi Matematika berbasis basic math dan pengenalan bangun-bangun ruang Dilaksanakan setelah murid-murid memahami teknologi pembelajaran. Dapat menghasilkan aplikasi Matematika dalam satu semester.
Melakukan pameran karya di sekolah dalam bidang teknologi Matematika. Dilaksanakan selama satu semester sekali Mengevaluasi dan mengembangkan karya
Mengikuti perlombaan berbasis teknologi Matematika Dilaksanakan selama satu semester sekali Terampil dan lebih tertantang untuk membuat karya inovatif.

Program ini dilaksanakan di luar jam pembelajaan selama satu minggu sekali dengan durasi waktu 2 x 60 menit dan ditujukan untuk seluruh kelas 7, 8 dan 9 dalam ekstrakurikuler gabungan Informatika dan Matematika. Adapun kapasitas yang dimiliki sekolah sudah sangat sesuai dengan program ini yaitu adanya ekstrakurikuler Programing dan klub Matematika OSN, mempunyai guru yang ahli dalam bidang IT dan Matematika, adanya komunitas belajar MGMP Matematika dan Informatika, sarana prasarana seperti Handphone dan Laptop yang masing-masing murid memilikinya dapat menunjang terlaksananya program ini.

Sebagai evaluasi berjalannya program kepala sekolah, wakasek kurikulum dan wakasek kesiswan melakukan pengarahan dan pemantauan secara berkelanjutan. Guru Informatika dan Matematika berkolaborasi menyepakati poin-poin program apa saja yang akan dilakukan agar materi yang diberikan sesuai dengan kebutuhan murid dan tidak lupa murid diminta untuk terlibat menentukan karya/teknologi matematika yang akan digunakan atau dibuat sesuai dengan minat murid sebagai student agency.

Tantangan dalam program LOGARITMA ini adalah mencari referensi teknologi yang sesuai dengan kebutuhan murid, membuat karya nyata yang membutuhkan waktu yang lama karena ekstrakurikuler yang banyak membuat program akan terhambat sehingga murid sulit membagi waktu.

Dari semua tantangan itu tentu ada solusi yang harus ditemukan yaitu referensi teknologi bisa memanfaatkan sosial media ataupun secara langsung menghubungi dan mendatangkan expert, melakukan koordinasi dengan kepala sekolah dan wakasek kesiswaan agar memberikan izin penggabungan waktu ekstrakurikuler informatika (programing) dan klub matematika supaya karya nyata yang dibuat lebih efektif dan memuaskan. **

 

Profil Penulis
Erni Aeni Rahayu, S.Pd. kelahiran Garut, seorang guru penggerak angkatan 9 kabupaten Bandung Barat dan guru Matematika yang senang menulis ini, mengajar di SMP Daarut Tauhiid Boarding School sejak 2022 sampai sekarang, dapat dihubungi melalui WhatsApp 082311519793 dan gmail ernirahayu64@guru.sd.belajar.id.