PERAN DAN KONTRIBUSI GURU PENGGERAK DALAM MENGUBAH PARADIGMA PENDIDIKAN

Oleh: Entis Sukaedi,  S.Pd
(Guru SDN 3 Purabaya)

 

Peran dan kontribusi guru penggerak sangat penting dalam mengubah cara kita memandang pendidikan. Mereka adalah agen perubahan di dalam sistem pendidikan dengan menginspirasi rekan guru dan murid lainnya untuk mencoba metode-metode baru yang lebih baik.

Dengan kepemimpinan yang inovatif dan semangat yang tak kenal lelah, guru penggerak membawa ide-ide segar dan relevan ke dalam ruang kelas, memperluas kesempatan belajar murid. Mereka juga membantu menciptakan lingkungan belajar yang mendukung dan membangun kreativitas siswa, mempersiapkan mereka untuk masa depan yang penuh tantangan.

Peran Guru Penggerak dalam pendidikan telah menjadi sorotan penting. Mereka dikenal sebagai inovator yang memperkenalkan perubahan signifikan dalam metode pembelajaran. Melalui pendekatan untuk membangun lingkungan yang terbuka untuk siapa saja dengan latar belakang dan kondisi yang berbeda-beda, meliputi: karakteristik, kondisi fisik, kepribadian, status, suku, budaya secara bersama-sama, mereka mendorong penggunaan teknologi untuk memperkaya pengalaman belajar.

Selain itu, Guru Penggerak berperan sebagai pemimpin pendidikan di sekolah, mempraktikkan inovasi dalam pengajaran, dan mendukung perubahan kebijakan. Mereka juga berperan sebagai pembimbing profesional, memberikan pelatihan dan umpan balik kepada rekan-rekan guru. Keberadaan mereka juga terbukti meningkatkan kinerja sekolah secara keseluruhan, menciptakan budaya belajar yang dinamis dan meningkatkan prestasi akademik serta kepuasan siswa, guru, dan orang tua.

Guru penggerak bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan dengan mengenalkan metode-metode baru dan inovatif dalam pembelajaran, sehingga siswa dapat lebih terlibat dan berhasil dalam proses belajar.

Keberhasilan seorang Guru Penggerak tercermin dalam perubahan yang menginfirasi dalam pendidikan. Dengan kepemimpinan dan cara pandang dan dedikasi yang luar biasa, mereka mampu merubah metode pembelajaran, budaya sekolah, sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila. Mereka tidak hanya menjadi inovator dalam mengajar, tetapi juga menjadi agen perubahan yang memperkuat komunitas pendidikan melalui kolaborasi yang erat antara guru, murid, dan orang tua.

Keberhasilan Guru Penggerak tercermin dari dampak positifnya terhadap kualitas pendidikan, termasuk peningkatan motivasi Murid, pertumbuhan profesionalisme Guru, dan pencapaian akademik yang lebih tinggi. Tentu, ada beberapa poin utama mengenai peran dan kontribusi guru penggerak terhadap murid:

1.Mendorong Motivasi Belajar: Guru Penggerak memiliki peran penting dalam mendorong motivasi belajar murid. Mereka menggunakan pendekatan yang menarik dan relevan untuk meningkatkan minat dan antusias murid untuk belajar, sehingga membantu dalam mencapai potensi yang di inginkan murid.

  1. Memberikan Dukungan Personal: Guru Penggerak tidak hanya mengajar pelajaran akademik, tetapi juga memberikan dukungan personal kepada murid. Mereka memahami kebutuhan individu murid dan memberikan bimbingan serta dorongan yang diperlukan agar setiap murid dapat merasa didukung dan di hargai dalam perjalanan belajar mereka.
  2. Memfasilitasi Pembelajaran Kolaboratif: Guru Penggerak mendorong pembelajaran kolaboratif di antara murid, mempromosikan kerja tim, diskusi, berpikir kritis dan menimbulkan ide-ide mereka dalam pembelajaran. Hal ini tidak hanya meningkatkan pemahaman konsep, tetapi juga mengembangkan keterampilan sosial emosional murid dalam bekerjasama.
  3. Menginspirasi Keberhasilan: Dengan kepemimpinan dan cara pandang dari seorang Guru Penggerak dan memiliki dedikasi yang luar biasa, Guru Penggerak menjadi model yang menginspirasi murid untuk mencapai keberhasilan. Mereka memberikan contoh positif melalui praktek pengajaran yang inovatif dan memberikan dorongan kepada murid untuk meraih prestasi tertinggi.
  4. Menumbuhkan Kemandirian: Guru Penggerak membantu menumbuhkan kemandirian pada murid dengan memberikan kesempatan untuk mengembangkan kreativitas, keberanian, dan ketekunan dalam menghadapi tantangan. Mereka memberikan dukungan yang dibutuhkan, tetapi juga mendorong murid untuk mengambil inisiatif dan bertanggung jawab atas proses pembelajaran mereka sendiri.

Dengan pemahaman yang mendalam tentang latar belakang peran guru penggerak dalam membentuk masa depan bangsa, kita dapat menghargai dan mendukung upaya mereka dalam menciptakan dunia pendidikan yang lebih baik bagi generasi mendatang. **

 

Profil Penulis
Entis Sukaedi, S.Pd, Lahir di Lebak pada 08 Agustus 1985, dan saat ini bertugas sebagai Guru PJOK di SDN 3 Purabaya Kabupaten Bandung Barat sejak 2010, dan merupakan CGP Angkatan 9 KBB.