MAPAH JAIM (Mengolah Sampah Jadi Indah)

Oleh: Herra Srimulyati Novita, S.Pd
(Guru SD Medalsirna)

 

SDN 2 Medalsirna adalah sekolah yang tidak hanya  mengembangkan  akademik murid, tetapi juga aktif dalam memupuk kesadaran lingkungan. Sebagian dari inisiatif peduli terhadap lingkungan sekolah ini secara konsisten mempromosikan dan mengintergrasikan kegiatan pengelolaan sampah yang berkelanjutan diseluruh lingkungan sekolah. Sekolah ini ingin menanamkan kesadaran yang tinggi terhadap pentingnya pengelolaan sampah untuk menciptakan lingkungan yang sehat dan masa depan yang lebih baik dengan pengelolaan sampah yang tepat.

Selama ini banyaknya sampah yang ada di sekolah, Plastik-plastik yang berserakan sangat menganggu pemandangan dan tidak mendukung kebersihan, sehingga tercetuslah untuk mengelola sampah menjadi bahan yang indah, bermanfaat, bernilai seni, dan berdaya jual. Rendahnya penanganan sampah dilingkungan sekolah menjadi salah satu yang melatarbelakangi tercetusnya program MAPAH JAIM (Mengolah sampah jadi indah).

Tujuan program

  • Melatih Keterampilan dan menumbuhkan kesadaran dalam mencintai dan menjaga lingkungan serta mengembangkan pengetahuan Murid dalam Bidang PLH dan SBDP.
  • Membangun kepemimpinan murid ( Student agency ).
  • Mengembangkan budaya bersih dan peduli lingkungan.
  • Memupuk Kerjasama san gotong royong.
  • Mengembangkan kreativitas murid melalui karya pengolahan sampah dengan mengolah sampah menjadi indah, yaitu menjadi barang yang bermanfaat dan bernilai seni.

Latar belakang

  • Masih rendahnya kesadaran siswa dalam mencintai lingkungan di buktikan dengan banyaknya sampah plastik yang bertumpuk setiap harinya.
  • Sampah plastik yang bertumpuk setiap hari membuat kurang nyaman untuk dipandang dan membuat lingkunan menjadi kurang sehat dan tidak indah
  • Memiliki aset utama modal manusia yaitu memiliki guru yang kompeten dalam bidang PlH dan SBdP kreatif dalam membuat karya / mengolah sampah jadi indah
  • kepemimpinan murid harus dikembangkan dengan program yang berpihak pada murid untuk membentuk karakter Profil Pelajar Pancasila

Gambaran umum program MAPAH JAIM

  • Program ini dilaksanakan dua minggu sekali setiap hari sabtu, yang terintegrasi dengan pembelajaran PLH dan SBDP.
  • Target murid mulai dari kelas 1 sampai kelas 6, usia 7 tahun sampai 13 tahun.
  • Pada minggu pertama dan ketiga (murid mengumpulkan sampah dan memilah)
  • Pada minggu kedua dan keempat murid mengolah sampah menjadi karya yang ktreatif dan bernilai seni.
  • Ekstrakurikuler MAPAH JAIM dilaksanakan setelah jam Pelajaran yang berkolaborasi dengan Kegiatan Pramuka.

 Catatan refleksi

program ini sangat penting untuk dilaksanakan mengingat masih sangat rendahnya tingkat kesadaran murid dalam mencintai dan menjaga lingkungan, Kepala Sekolah dan Rekan guru memberikan masukan yaitu dengan program ini diharapkan murid dapat lebih mencintai dan menjaga lingkungan yang terintergrasi dengan pembelajaran PLH, dan kreasi yang dihasilkan murid terintegrasi dengan pembelajaran SBDP. Masukan dari murid yaitu murid dapat menentukan sendiri hasil karya yang dibuat sesuai dengan minatnya.

Perasaan penulis ketika melaksanakan aksi nyata tahap ambil pelajaran ini adalah sangat bersemangat dalam mengidentifikasi minat murid dan mencari referensi dari berbagai sumber tentang gambaran kagiatan yang dapat diterapkan dalam melatih keterampilan dan menumbuhkan kesadaran dalam mencintai dan menjaga lingkungan serta mengembangkan pengetahuan murid dalam bidang PLH dan SBDP.

Setelah melakukan aksi nyata ini, penulis menjadi lebih bersemangat lagi dalam mewujudkan program yang berdampak positif bagi murid untuk menumbuhkembangkan  kepemimpinan murid. Merasa senang dengan respon dari warga sekolah yang sangat positif dalam menyambut program MAPAH JAIM, karena dengan program ini akan meningkatkan pengetahuan dan menumbuhkan kesadaran murid untuk lebih mencintai dan menjaga lingkungan serta mengembangkan pengetahuan mereka di bidang PLH dan SBDP. Sehingga tercipta lingkungan yang sehat

Keunggulan Program MAPAH JAIM ini dari program pengelolaan sampah lainnya adalah dalam penekanan bagaimana menumbuhkan kesadaran siswa dalam mencintai dan menjaga lingkungan. Bagaiman membangun kerjasama dan gotongroyong dalam pengelolaannya. Mengembangkan budaya bersih dan peduli lingkungan dan membangun kepemimpinan murid.

Program MAPAH JAIM mengembangkan kreatifitas murid lebih dalam lagi dalam menggali potensi mereka dengan membebaskan murid untuk membuat karya seni sesuai dengan keinginannya. Dalam pembelajaran SBDP biasanya sudah terprogram hasilkarya apa yang akan dihasilkan, tetapi dalam program MAPAH JAIM ini murid dapat menghasilkan karya seni sesuai dengan minatnya.

Melalui kegiatan diskusi dengan seluruh warga sekolah, diharapkan program ini dapat terealisasi.  semoga program MAPAH JAIM ini dapat dilaksanakan dengan konsisten dan diharapkan dapat memunculkan ide-ide pembelajaran yang kreatif, inovatif dan menyenangkan bagi murid.

Akhirnya, dengan dukungan yang penuh dari semua warga sekolah semoga program ini dapat berjalan sesuai dengan yang direncanakan, mengingat program ini sangat baik untuk menambah pengetahuan dan menumbuhkan kesadaran murid dalam mencintai dan menjaga lingkungannya, serta mengembangkan pengetahuan murid dibidang PLH dan SBDP. Sehingga di sekolah menjadi lingkungan yang bersih, indah , sehat, tertib, dan nyaman, yang akan mendukung program pembelajaran semakin kondusif dan bersemangat. **

 

Profil Penulis
Herra Srimulyati Novita, S.Pd. Lahir di Bandung pada 26 Nopember 1976. Merupakan CGP Angkatan 9. Saat ini bertugas sebagai Guru kelas 6 di SDN 2 Medalsirna, Kecamatan Padalarang, kabupaten Bandung Barat, dan sudah bertugas selama 15 tahun. Memiliki Motto : Sebaik-baik manusia adalah yang memiliki manfaat bagi orang lain.