MENELADANI “SANG KEKASIH”, KHIDMATNYA PERINGATAN MAULID NABI MUHAMMAD SAW SMPN 3 SAGULING

Berita : Riska Mutiara

SAGULING – ( NEWSROOM ). “Kami merasa gembira dapat melaksanakan kegiatan Maulid Nabi Muhammad SAW. Rasulullah adalah kekasih Allah. Beliau adalah insan yang mengajarkan kepada kita agar selalu berprestasi. Maka dari itu kita harus bertekad bahwa hari ini harus lebih baik dari hari kemarin.” Ujar Nani Sulyani, Kepala SMPN 3 Saguling ketika memberikan sambutannya di acara Maulid Nabi, Rabu ( 21/11/2018).

Nani juga menyampaikan pesan, bahwa dengan meneladani pribadi Rasulullah sebagai kekasih yang sangat disayangi Allah SWT dalam setiap sendi kehidupan, termasuk kegiatan di sekolah, dapat menumbuhkan karakter berakhlak mulia bagi semua warga sekolah seperti selalu bersemangat untuk berprestasi dan memperbaiki diri.

Pada hari Senin tanggal 21 Nopember 2018, semua keluarga besar SMPN 3 Saguling yang terdiri dari para guru, siswa dan TU memperingati hari yang sangat mulia itu dan mengisinya dengan berbagai macam kegiatan dan aneka perlombaan keagamaan, seperti tausiah, lomba tumpeng, lomba Hadroh/marawis antar kelas dan lomba karoke lagu religi.

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW ini, biasa diadakan dari tahun ke tahun dengan sebutan  ‘Muludan’ oleh sebagian masyarakat di daerah. Sebagai apresiasi dan rasa sayang serta cinta umat muslim kepada sang kekasih Allah, selain mengikuti dan meneladani setiap pribadi rasul, umat muslim menambah kecintaannya dengan selalu mengingat dan mengagungkan beliau melalui hari kelahirannya.

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW ini juga adalah kegiatan keagamaan yang rutin diselenggarakan di setiap sekolah untuk umat muslim dengan acara yang berbeda beda. Di sisi lain, kegiatan ini juga merupakan salah satu implementasi dari program PPK ( Penguatan Pendidikan Karakter ) yaitu menjadikan siswa lebih religius ( taat kepada agama yang dianutnya).

Wakasek bidang Kesiswaan Barkah Fatahillah mengungkapkan bahwa, kemampuan dan kreativitas siswa dalam bidang seni dan keagamaan ternyata di luar dugaan, merekalah sebenarnya yang berinisiatif menyelenggarakan kegiatan ini. Mereka juga kemudian  yang mengikutinya  dengan penuh semangat dan khidmat dengan mengeluarkan segenap potensi yang terpendam.

“Kegiatan ini merupakan inisiatif para siswa, kami dari pihak sekolah hanya memfasilitasi saja. Alhamdulillah, selain dapat melaksanakan kegiatan memperingati hari besar keagamaan, ternyata para siswa juga dapat menunjukan potensinya, khususnya dalam seni marawis.” Tutur Barkah.