MENINGKATKAN KEKOMPAKAN DAN INOVASI DI SMPN 1 LEMBANG MELALUI EMPLOYEE GATHERING

Berita : Nani Sulyani

LEMBANG-(NEWSROOM). Berprofesi sebagai guru menuntut kesiapan paripurna, baik fisik maupun mental. Menjalani rutinitas  sehari-hari  sebagai guru, mulai dari menyusun administrasi, melaksanakan Proses Belajar Mengajar, membimbing, membina siswa, melaksanakan evaluasi pembelajaran, menyusun laporan, serta setumpuk tugas-tugas lainnya terkadang menimbulkan kepenatan.

Untuk mengatasi hal tersebut dibutuhkan sebuah strategi agar kinerja guru kembali prima, bahkan semakin meningkat, sehingga berimbas pada peningkatan mutu sumber daya manusianya, serta kualitas lembaga pendidikan/sekolah. Salah satu ide yang biasanya muncul adalah melalui Gathering.

“Di sela-sela kesibukan melaksanakan Proses Belajar Mengajar, tenaga pendidik dan kependidikan perlu direfresh, agar semangat pengabdian terus dapat berkobar. Sangat terlihat keceriaan, kebersamaan dan kekompakan guru-guru dalam mengikuti kegiatan ini. Semoga kebersamaan dan kekompakan tersebut terus berlanjut dan menginspirasi rutinitas kegiatan di sekolah,” papar Endang Supriatna, Kepala SMPN 1 Lembang saat dimintai keterangan perihal kegiatan Employee Gathering SMPN 1 Lembang di Citumang-Pantai Pangandaran (30 November s.d 02 Desember 2018), yang diikuti oleh pendidik dan tenaga kependidikan di lingkungan SMPN 1 Lembang.

Gathering merupakan suatu kegiatan yang diadakan pada waktu tertentu di satu lokasi baik di dalam maupun luar ruangan dengan tema yang telah disepakati. Tujuan kegiatan ini guna menjalin tali silaturahmi, membangun keakraban dan rasa kekeluargaan. Kegiatan ini secara fisik, pikiran, dan emosional tidak terlalu berat. Lebih dominan kepada unsur hiburan. Seperti misalnya bersama-sama berkunjung ke wahana wisata tertentu, makan bersama ditambah dengan hiburan musik, ataupun permainan yang menyenangkan, dan lain sebagainya.

Beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari kegiatan gathering adalah sebagai berikut: (1) Sebagai Kegiatan Refreshing; (2) Membangun Team Kerja yang Solid; (3) Mempererat Hubungan Persaudaraan Antar PTK; (4) Mengembalikan Kondisi Fisik dan Mental agar Kembali fresh; (5) Membangun Kebersamaan; (6) Membangun Kembali Semangat Bekerja.

 

“Aktivitas yang dilakukan dalam kegiatan gathering lebih tertuju pada aspek menyenangkan sehingga tidak membutuhkan persiapan khusus. Gathering sangat tepat diprogramkan secara berkala sebagai bentuk apresiasi kepada para guru.” Pungkas Endang.