Meningkatkan Profesionalisme Guru Penggerak Melalui Pembelajaran dan Pengembangan Diri

Oleh: Aceng Ali Nurdin, M,Pd
(Guru SDN Cibadak)

 

Sebagai seorang calon Guru Penggerak, penting bagi kita untuk terus melakukan kegiatan pembelajaran dan pengembangan diri guna menguatkan nilai-nilai dan peran sebagai seorang Guru Penggerak.

Dengan berbagai aktivitas yang dilakukan seperti mengikuti seminar, workshop, pembuatan video pembelajaran, dan berkolaborasi dengan rekan sejawat, kita dapat mencapai profil pelajar Pancasila dan meningkatkan kompetensi sebagai seorang guru.

Salah satu kegiatan yang dapat dilakukan adalah mengikuti seminar dan workshop yang berkaitan dengan dunia pendidikan. Melalui kegiatan ini, kita dapat memperluas wawasan, mendapatkan informasi terkini, serta bertukar pengalaman dengan para ahli dan praktisi pendidikan lainnya. Dengan demikian, kita dapat mengaplikasikan pengetahuan baru tersebut dalam proses pembelajaran di kelas sehingga memberikan dampak positif bagi perkembangan peserta didik.

Selain itu, pembuatan video pembelajaran juga merupakan salah satu kegiatan yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Dengan membuat video pembelajaran, kita dapat mengembangkan kreativitas dalam menyampaikan materi pembelajaran sehingga peserta didik dapat lebih mudah memahami konsep yang diajarkan. Selain itu, video pembelajaran juga dapat menjadi sumber belajar mandiri bagi peserta didik di luar jam pelajaran sehingga pembelajaran dapat terus berlangsung di luar kelas.

Kolaborasi dengan rekan sejawat juga merupakan hal yang penting dalam meningkatkan kompetensi sebagai seorang Guru Penggerak. Dengan berkolaborasi, kita dapat saling bertukar ide, memberikan masukan, serta mendukung satu sama lain dalam menghadapi tantangan dalam dunia pendidikan. Kolaborasi juga dapat memperluas jaringan profesional kita sehingga kita dapat terus belajar dari berbagai pengalaman dan pengetahuan yang dimiliki oleh rekan sejawat.

Dampak positif yang dirasakan dari kegiatan pembelajaran dan pengembangan diri ini sangatlah signifikan. Peserta didik akan menjadi lebih bersemangat dalam belajar karena mereka akan mendapatkan pembelajaran yang lebih bermutu dan relevan dengan kebutuhan mereka. Selain itu, kompetensi guru juga akan meningkat karena guru akan terus mengembangkan diri dan mengikuti perkembangan terkini dalam dunia pendidikan.

Dengan demikian, sebagai seorang Guru Penggerak, kita harus terus melakukan kegiatan pembelajaran dan pengembangan diri agar dapat menguatkan nilai-nilai dan peran sebagai seorang Guru Penggerak. Melalui berbagai aktivitas seperti seminar, workshop, pembuatan video pembelajaran, dan kolaborasi dengan rekan sejawat, kita dapat mencapai profil pelajar Pancasila dan meningkatkan kompetensi sebagai seorang guru yang profesional dan berkualitas. *

 

Profil Penulis
Aceng Ali Nurdin. Lahir di Bandung, 9 November 1985. Guru sekolah dasar di SDN Cibadak Kec. Rongga Kab. Bandung Barat. Ia memperoleh gelar Magister Pendidikan dari Universitas Pendidikan Indonesia Bandung. Aceng Ali Nurdin saat ini telah menyelesaikan pendidikan Guru Penggerak angkatan 9 Kab. Bandung Barat tahun 2024.