MENYAMBUT TMBB TAHUN 2019 GLS SMP NEGERI 2 LEMBANG MENGADAKAN WISATA LITERASI

Oleh : Kusnadi, S.Pd., M.M.Pd.

(Kepala Sekolah SMPN 2 Lembang)

 

Mengawali kegiatan dalam rangka menjawab Tantangan Membaca Bandung Barat (TMBB) Tahun 2019 yang merupakan strategi GLS di Kabupaten Bandung Barat, dan menindaklanjuti Surat Edaran Kadisdik No. 421/1095.Bid.SMP Tanggal 9 Januari 2019, maka GLS Kombat Dalem (Komunitas Baca Tulis SMP Negeri 2 Lembang)  mengawali kegiatannya dengan mengadakan “Wisata Literasi Kombat Dalem 2019” di Bumi Perkemahan Ranca Upas Ciwidey Kabupaten Bandung yang dilaksanakan pada hari Sabtu, tanggal 12 Januari 2019.

Memilih tempat tersebut karena Bumi Perkemahan Ranca Upas Ciwidey adalah tempat wisata yang sangat luas. Areanya mencapai 215 hektar yang tentunya seluruhnya adalah ruang terbuka hijau yang sejuk. Lokasi ini berada di ketinggian 1700 meter di atas permukaan laut, sehingga suhunya bisa mencapai 17 derajat celcius dan sangat sejuk. Selain itu, kawasan wisata ini juga merupakan hutan lindung di Kabupaten Bandung, yang menjadi tempat konservasi bagi verbagai jenis flora dan fauna. Flora langka hang ada di sana seperti Jamuju, Kihujan, Huru, Hamirung, dan Kitambang. Sedangkan untuk satwa yang ada di sana antara lain rusa dan beberapa jenis burung yang tengah jadi favorit di media sosial terutama di kalangan anak remaja. Hal ini diharapkan bisa menambah motivasi untuk berliterasi.

            Kegiatan wisata literasi kali ini diikuti oleh 35 orang peserta siswa dan dibimbing oleh 13 orang guru pembimbing. Dengan berliterasi diharapkan peserta didik SMP Negeri 2 Lembang dapat meningkatkan pengetahuan yang dimiliki dengan cara membaca berbagai informasi yang bermanfaat dan agar dapat menumbuhkembangkan budi pekerti yang baik serta memperkuat nilai kepribadian atau karakter yang positif. Selain itu juga untuk memberikan pengalaman yang berharga melalui kegiatan refreshing di alam yang luas dan indah.

            Kegiatan dimulai dari pukul 07.00 dimulai dari kampus SMP Negeri 2 Lembang, diawali dengan berdoa sebelum melaksanakan perjalanan. Kegembiraan selama di perjalanan, bernyanyi dengan riang terpancar suasana kegembiraan di wajah para siswa peserta wisata literasi, bercanda gurau berfoto dan kegiatan lainnya. Tak terasa tiba pukul 09.00 di area Bumi Perkemahan Alam Wisata Ranca Upas Ciwidey. Sesaat setelah kami sampai di lokasi, kami pun segera menyiapkan semua peralatan yang dibutuhkan, seperti memasang spanduk, mendirikan tenda, dll.

Kegiatan di Area Alam Wisata Ranca Upas diisi dengan kegiatan apel pembukaan, ice breaking, readathon, menulis bebas, dan presentasi. Kegiatan lainnya juga diisi dengan kegiatan games, out bond dan mengenal alam bebas dengan berkunjung ke tempat penangkaran rusa.

Itulah serangkaian acara yang dilakukakan dalam wisata literasi kali ini, seluruh peserta Kombat Dalem terlihat ceria dan sangat menikmati. Mudah-mudahan dengan adanya kegiatan ini bisa menambah keberkahan khususnya bagi peserta didik SMP Negeri 2 Lembang, sehingga tumbuh kesadaran pada peserta didik akan pentingnya membaca buku untuk memperdalam ilmu pengetahuan, membaca alam untuk menumbuhkan dan meningkatkan nilai-nilai budi pekerti dan membaca situasi lingkungan sekitar untuk mempertajam dan menguatkan karakter peserta didik. Semoga semua langkah dan ikhtiar kita mendapat ridho dan keberkahan dari Allah SWT… Barakallah Fii kum…