MERIAHNYA PERINGATAN HARI SUMPAH PEMUDA DI SMPN 1 CIHAMPELAS

Berita : Dian Diana

CIHAMPELAS-(NEWSROOM) Kepala SMPN 1 Cihampelas Dadang Nurjaman mengemukakan bahwa dalam rangka memperingati hari Sumpah Pemuda tahun ini, akan dirayakan dengan meriah dalam bentuk menggelar berbagai lomba antar kelas. Tema dari acara kali ini adalah “Kita Songsong Generasi Emas 2045 melalui Lomba Kepemudaan yang penuh Ekspresi dan Karya”. Upacara Hari Sumpah Pemudanya sendiri sudah dilaksanakan pada Hari Senin, (29/10/18).

“Hari ini banyak kegiatan yang harus diikuti siswa untuk berlomba dan berkarya. Semua siswa diterjunkan langsung ke lapangan, tidak ada yang menganggur.  Mereka memiliki tugas masing-masing untuk mengisi kegiatan ini. Kegiatan berjalan dengan meriah dan semangat. Bahkan ada beberapa kelas yang menginginkan pesertanya lebih dari kuota yang tersedia. Terima kasih kepada OSIS, Pembina OSIS, PKS Kesiswaan, para juri, dan seluruh PTK SMPN 1 Cihampelas yang telah menyelenggarakan kegiatan ini dengan lancar dan sukses.” Ungkap Dadang kepada Newsroom, Rabu (31/10/18).

Pembina OSIS, Ading Rosidi mengatakan bahwa Pengurus OSIS menyiapkan kegiatan ini dengan totalitas yang tinggi, mereka bahkan menginap di rumah salah satu siswa yang dekat dengan lokasi sekolah. Lima mata lomba yang ditandingkan, menghasilkan juara-juara per tingkat dari juara 1 sampai 3.

“Kegiatan Peringatan Hari Sumpah Pemuda kemarin memompa semangat siswa untuk berkreasi. Ini tidak lepas dari sosialisasi oleh Pengurus OSIS yang bekerja dengan ikhlas dan tak kenal lelah. Salut untuk anak-anak OSIS! Mata lomba yang ditandingkan diantaranya lomba fashion show, lomba cipta puisi kepemudaan, lomba pidato bertema kepemudaan, lomba menyanyi solo, dan lomba kebersihan antar kelas.” ucap Ading.

Lebih lanjut Ading mengungkapkan bahwa ada lomba tambahan yang membuat lapangan SMPN 1 Cihampelas bertambah ramai, yaitu lomba membuat karedok.  Pesertanya adalah para pemuda Zaman Baheula atau Zaman Old alias Bapak-Bapak Guru dan Staf TU yang memiliki semangat dan jiwa muda.

“Lomba membuat karedok semakin membuat acara semarak, kami guru dan TU laki-laki bertanding dengan sorakan supporter siswa yang hadir di situ. Ternyata cita rasa yang kami buat, tidak kalah dengan para chef yang sering tampil di televisi. Tapi, ada juga guru yang mencampurkan bahan seadanya yang disediakan tanpa diseleksi bumbunya terlebih dahulu. Semua senang, walau hanya 3 juara yang menang.” tutur Ading.

Saat dikonfirmasi tentang kegiatan ini, Ketua OSIS  SMPN 1 Cihampelas, Nandita Sasya Kamila mengatakan bahwa, peringatan kali ini adalah Peringatan Hari Sumpah Pemuda yang  paling meriah dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Pengurus OSIS berusaha memberikan sajian yang terbaik dan menarik bagi siswa SMPN 1 Cihampelas. Para pemuda harus cerdas dalam segala hal, termasuk berkolaborasi dan bekerjasama untuk kesuksesan acara ini.

“Kami ingin semangat perjuangan para pemuda zaman dulu berkobar di hati kami. Kami mulai dari lingkup yang kecil dulu, seperti di sekolah yang kami cintai ini. Peringatan Sumpah Pemuda kali ini paling meriah dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Selain 5 mata lomba yang ditandingkan, kami juga menggelar bazaar makanan karya siswa per kelas, yang langsung dijual pada konsumen. Lumayan keuntungannya, bisa mereka nikmati, dan dibagi bersama. Kami mencoba berwirausaha. Paling seru saat bapak-bapak guru berlomba untuk membuat karedok. Ternyata ada sisi dimana kami sangat terhibur oleh keterampilan meraka. Kami salut pada guru-guru kami.” Pungkas Nandita.