MKKS SMP KAB. BANDUNG BARAT DIKUKUHKAN

Reportase: Nani Sulyani.

Kamis (23/9/2021) bertempat di Lembang Asri Resort telah dilaksanakan pengukuhan Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP Kabupaten Bandung Barat. Dihadiri sekira 60 perwakilan kepala sekolah, kegiatan ini merupakan lanjutan dari pemilihan balon ketua MKKS yang dilaksanakan pada 2 September lalu.

Ketua terpilih Suhartono dalam sambutannya mengemukakan bahwa MKKS merupakan wadah kerja bareng bagi kepala sekolah untuk memajukan pendidikan khususnya di Bandung Barat. Semua unsur di dalamnya harus dapat bersinergi, bertumbuh dan besar bersama saling bahu membahu.

Mengutip  hadits Rasullullah, Suhartono mengungkapkan bahwa: “MKKS ibarat suatu tubuh. Anggota di dalamnya harus  saling mencintai, saling menyayangi dan mengasihi. Bila ada salah satu anggota tubuh yang kesakitan atau tertimpa musibah, maka anggota-anggota tubuh yang lain ikut merasakannya. MKKS dibentuk dan didasari prinsip kebersamaan.”

Kepengurusan MKKS masa bakti 2021-2024 ini dilantik dan dikukuhkan oleh Kepala Dinas Pendidikan, disaksikan oleh Sekretaris, dan Kepala Seksi serta pengurus MKKS SubRayon. Kegiatan pergantian kepengurusan MKKS periode sebelumnya kepada kepengurusan periode baru ditandai dengan diserahterimakannya bendera yang menjadi simbol. Saat ini, di bawah kepemimpinan Suhartono, bendera tersebut akan menjadi spirit dan motivasi, sesuai dengan misinya, yaitu untuk menjadikan MKKS semakin baik.

Dalam pidatonya, Kepala Dinas Pendidkan,  Asep Dendih, menyampaikan beberapa hal sebagai bekal bagi MKKS dalam menjalankan visi dan misinya. Kadisdik berharap bahwa hendaknya MKKS selalu berpedoman pada AD dan ART. Jadikan kebersamaan dan keikhlasan sebagai landasan dan ladang amal bagi insan pendidikan. Jadikan MKKS sebagai wadah untuk berkiprah, sehingga dapat menjadikan anggotanya handal dan inovatif.

Asep Dendih menandai MKKS masa bakti 2021-2024 sebagai MKKS 123, sebab bertepatan dengan masa kerjanya, yaitu satu tahun, dua bulan, tiga hari. Baginya, angka ini spesial karena mengandung simbol yang mermakna sangat dalam.

Angka satu, mengandung simbol esa, atau ketauhidan. Angka dua memiliki makna kehidupan, artinya sejalan dengan kehidupan yang terus berkembang, maka songsonglah masa depan penuh gemilang. Angka tiga bermakna kekuatan. Dengan bekerjasama dan gotong royong, semua permasalahan dapat diselesaikan dengan baik. Jika ketiga angka itu dijumlahkan, menjadi enam. Angka enam, adalah angka keimanan, atau rukun iman. Sebagai pedoman dalam menjalani kehidupan.

Mengakhiri pidatonya, Asep Dendih menyampaikan ucapan selamat bertugas, “Saya mengucapkan selamat kepada para pengurus. Semoga dapat mengemban amanah ini dengan baik dan ada dalam lindungan Allah Swt.”

Kepengurusan MKKS 2021-2024 diketuai oleh Suhartono dengan wakil Dadang Nurjaman. Sekretaris dijabat oleh Mepi, Ceceng Gunawan dan Siti Nina Hermina. Sebagai bendahara Ati Rosmiati dan Desi Ekayanti.

Jabatan Ketua SubRayon I oleh Kusnadi. SubRayon II oleh Dede Junaedi. SubRayon III oleh Kosasih. SubRayon IV oleh Jumardi dan SubRayon V oleh Jaja. Sebagai penasehat MKKS dikukuhkan Wawan Kuswandi, Atang Kurniawan, Jaka Supriatna dan Agus Hidayat Idris.

Kegiatan pengukuhan berakhir sekitar pukul 13.00 WIB. Selamat bertugas MKKS 123, semoga dapat menjadi wadah positif bagi para kepala sekolah untuk berkiprah, berinovasi dalam memajukan pendidikan di Bandung Barat.