“OPHA” Upaya Wujudkan Visi Sekolah Adiwiyata

Oleh: Hj. Eni Haerini, M.Pd
(Kepala SMP Negeri 4 Cipeundeuy)

Sesuai dengan visi sekolah, yaitu: mewujudkan lulusan yang berprestasi, agamis, disiplin, mandiri, kolaboratif dalam lingkungan yang asri, SMP Negeri 4 Cipeundeuy berusaha untuk mewujudkan lingkungan yang nyaman bagi semua yang datang. Salah satu yang akan membuat nyamannya lingkungan pendidikan adalah keasrian yang memiliki makna lingkungan yang indah dan sedap dipandang mata. Oleh karena itu seluruh warga sekolah selalu diajak untuk menciptakan lingkungan yang resik dan rindang.

Sebagai upaya untuk membuat sekolah menjadi resik, kini SMP Negeri 4 Cipeundeuy memiliki program “OPHA (Opsih Harian)”. Artinya setiap hari terdapat aktivitas membersih lingkungan sekolah oleh siswa dan guru. Baik itu berupa menyapu seluruh halaman sekolah, maupun membersihkan ruangan dan sekitar halaman kelas. Adapun waktu yang digunakan untk melakukan OPHA ini adalah sejak siswa dating ke sekolah sampai pukul 07.00 karena pada pukul 07.00 siswa sudah harus mengikuti kegiatan pembiasaan harian.

Sebagai bentuk upaya agar program OPHA ini berjalan dengan baik, makapelaksanaannya diatur oleh coordinator K7 berupa jadwal pembagian tempat  yang dibebankan kepada masing-masing kelas. Artinya siswa melakukan OPHA di tempat yang telah ditentukan dalam jadwal tersebut. Sementara pengawasannya dibebankan kepada guru yang mengajar pada hari itu.

Pada mulanya memang siswa banyak diperintah. Namun lama kelamaan hal itu menjadi habit dalam keseharian mereka sehingga pada akhirnya tujuan program ini tercapai, yaitu mewujudkan sekolah yang bersih dalam keseharian. Jika masih ada yang malas-malasan untuk membantu, tentu saja guru diharuskan terus memotivasi mereka agar mau berkolaborasi karena dalam kegiatan ini terdapat segmen kolaborasi dalam profil pelajar pancasila.

Sebagai bonus dari kegiatan ini, akhirnya setiap orang yang dating ke SMPN 4 Cipeundeuy selalu mengatakan bahwa lingkungannya bersih. Harapan ke depan dari program ini adalah siswa memiliki kemampuan untuk selalu membersihkan lingkungan di mana pun dia berada. **