OUT BOUND SMPN 3 LEMBANG PERKUAT KERJA SAMA TIM

Ngamprah-Newsroom. Dalam rangka membangun kekompakan dan kerja-sama di antara PTK, SMP Negeri 3 Lembang melakukan kegiatan dinamika kelompok melalui kegiatan out bound yang digelar 5-7 Oktober 2018 di Pantai Pananjung dan kawasan wisata alam Santirah-Pangandaran.

Kegiatan yang diikuti oleh enam puluh guru dan tenaga kependidikan ini juga mengagendakan Water Tubing sebagai bagian dari rangkaian kegiatan dinamika kelompok yang dikemas dalam acara out bound dan silaturahmi. Water Tubing adalah olah raga air yang memanfaatkan  aliran sungai yang memiliki debit air khusus dengan gelombang dan halangan lain. Water Tubing ditengarai memberikan banyak manfaat. Selain menaikkan adrenalin (sering disebut uji nyali), sebagai olah raga yang tergolong ekstrim, water tubing juga dapat memperkuat otot tubuh (khususnya lengan), membakar kalori tubuh, memperkuat otot jantung, melawan rasa takut, meningkatan kepercayaan di antara tim, dan melatih stabilitas emosi.

Kegiatan dinamika kelompok erat kaitannya dengan organisasi. Dinamika kelompok dengan metode out bound sangat bermanfaat, dan biasanya ditujukKan sebagai program untuk pengembangan tim (team building). Team building merupakan sebuah pendekatan yang dimaksudkan agar anggota tim dapat memahami peran masing-masing individu dalam suatu tim, sehingga tercipta kolaborasi. Berbagai latihan dalam team building bertujuan untuk menyelaraskan tujuan (goal), membentuk pribadi yang kreatif dan terbuka (personal development), membangun hubungan kerja dan komunikasi yang efektif, memantapkan peran dan tanggung jawab anggota (responsibility), meningkatkan motivasi, mencari solusi permasalahan dalam tim, dan mengatasi masalah interpersonal dalam kelompok

Kini, kegiatan dinamika kelompok, lebih sering diselenggarakan berbasis lingkungan atau di alam terbuka. Selain manfaat utama sebagai upaya memantapkan tim, kegiatan dinamika kelompok yang dilakukan di alam terbuka memberi banyak dampak positif. Di antaranya adalah menjadi kegiatan relaksasi yang dapat meminimalisir stress karena beban pekerjaan, menyegarkan tubuh, karena kesejukan alamnya, serta udara yang bersih dan segar. Selain itu, peserta juga dibawa ke dalam suasana yang penuh kegembiraan.

Ketika dikonfirmasi tentang kegiatan out bound ini, Kepala Sekolah SMPN 3 Lembang, Wawan Kuswandi mengatakan bahwa hasil dari kegiatan dinamika kelompok ini membuat sebagian besar PTK menjadi lebih toleran terhadap berbagai ide yang muncul, bahkan terdorong memiliki kepercayaan diri dalam berinovasi.

Wisata alam Green Santirah, yang terletak di dusun Giriharja, Desa Selasari, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. Atau sekitar 18 km dari Pangandaran dan dapat ditempuh dengan waktu sekitar 45 menit menggunakan kendaraan darat. Meski tergolong destinasi wisata baru di Pangandaran dan mulai dibuka untuk umum sekaligus peresmiaannya pada Januari 2014, namun kini sudah mulai dikenal oleh kalangan pencinta kegiatan di alam bebas. Beraktivitas water tubing di Green Santirah, peserta out bound akan mengarungi tiga jeram, empat gua, dan lima curug.

“Kegiatan ini dilaksanakan sebagai upaya memelihara silaturahmi, kebersamaan dan kekompakan team work PTK SMPN 3 Lembang, sekaligus sebagai refreshing akhir pekan yang diharapkan dapat meningkatkan kinerja PTK dalam melaksanakan tugas sehari-hari. Saya sangat senang melihat semua peserta antusias, ceria, penuh canda tawa bersama dalam kegiatan tersebut”, tandas Wawan.***ZaFa edited by Bud’s