PAMERAN ALUTSISTA TUMBUHKAN NASIONALISME

BANDUNG-(NEWSROOM)- Dalam rangka memeriahkan HUT TNI yang ke-73, pada Jumat (5/10/18) empat siswa SMPN 1 Padalarang didampingi oleh 4 guru pembimbing mendapat undangan dari Komandan Koramil 0923 Padalarang untuk menyaksikan pameran Alutsista (Alat Utama Sistem Persenjataan) yang di gelar di lapangan Gasibu, jalan Diponegoro Kota Bandung.

Rombongan SMPN 1 Padalarang tiba di lokasi sekitar pukul 10.00 WIB dan langsung menemui panitia pameran yang terdiri dari anggota TNI yang sedang berjaga saat itu. Rombongan menunjukkan surat undangan yang diterima dari Komandan Koramil 0923 dan disambut dengan ramah oleh panitia. Rombongan pun dipersilahkan untuk berkeliling dan mengunjungi setiap stand pameran.

Pada pameran ini, para siswa dapat melihat, memegang, dan bertanya langsung kepada petugas mengenai sejumlah alat persenjataan yang berada pada masing-masing tenda kesatuan di bawah naungan Kodam III Siliwangi. Sejumlah alat persenjataan TNI AD seperti panser Anoa, senjata artileri medan, senjata pertahanan udara, peralatan polisi militer hingga persenjataan buatan PT. Pindad dipamerakan dan tak luput dari perhatian para siswa.

“Saya sangat kagum dan terkesan dengan fasilitas teknologi dan kemiliteran yang modern ini” ungkap Amung Jatnika, salah seorang siswa dari kelas IX G SMPN 1 Padalarang yang turut diundang dalam kegiatan pameran Alutsista tersebut.

Kendaraan militer seperti tank, panser, mobil lapis baja, truk, perahu dan motor harley menjadi fokus perhatian para pengunjung. Mereka diberi kesempatan untuk mencoba dan menaiki kendaraan-kendaraan militer ini. Tentu saja kesempatan langka ini tidak dilewatkan oleh siswa dan guru untuk berfoto bersama, mengingat jika tidak sedang pameran, alat-alat khusus milik TNI ini tentu tidak dapat dinaiki secara bebas oleh masyarakat umum.

“Ini yang membuat saya yakin dengan kekuatan dan ketangguhan kemiliteran Indonesia serta membuat saya merasa aman menjadi waga negara Indonesia. Saya bertekad untuk terus mempertahankan NKRI,” pungkas Amung yang juga menjabat sebagai ketua MPK di sekolahnya.

Tak hanya itu, pada pameran ini dilaksanakan juga pelayanan pemeriksaan kesehatan gratis oleh stand kesehatan Kesdam III Siliwangi. Pemeriksaan dilakukan terhadap tensi darah, golongan darah, pemeriksaan THT, gigi dan mata. Para Guru pembimbing dan siswa dari SMPN 1 Padalarang pun ikut mencoba  memeriksakan darah dan kondisi mata mereka saat itu.

Eka Dianti Usman, wakasek kesiswaan SMPN 1 Padalarang menuturkan bahwa banyak manfaat yang diterima siswa ketika mereka diberi kesempatan untuk mengenal langsung alutsista. Moment ini menjadi cukup strategis karena dapat membangun kedekatan TNI dengan masyarakat, termasuk di antaranya dengan para pelajar.

“Dengan menyaksikan pameran alutsista TNI, selain mengenal berbagai persenjataan TNI, juga dapat menjadikan masyarakat lebih bersahabat dan dekat dengan TNI. Selain itu dapat menumbuhkan rasa aman pada masyarakat luas”.

Menyaksikan pameran alutsista merupakan salah satu outdoor learning yang memberikan kesempatan pada siswa untuk mengenal dan mencari tahu tentang persenjataan TNI. Selain itu  juga siswa bisa mengenal lebih dekat profesi TNI. Rekreasi dan pembelajaran baik bagi guru maupun siswa juga dapat dicapai. Pameran Alutsista ini diharapkan dapat menumbuhkan kecintaan serta jiwa nasionalisme siswa terhadap bangsa dan negaranya. Selain itu, juga untuk menciptakan kebanggaan siswa pada TNI yang memiliki kesiapan dan kekuatan persenjataan yang mumpuni. Seperti slogan TNI yang sering kita dengar “Bersama Rakyat TNI Kuat”.***(NFr)