PASAGI: Membangun Generasi Muda Literat, Kreatif, dan Berkarakter di SMKN 1 Cihampelas

Oleh: Hendy Yahya Gusriana, S,Pd 
(Guru SMK Negeri 1 Cihampelas)

 

SMKN 1 Cihampelas meluncurkan program literasi inovatif bernama PASAGI (Program Akselerasi Literasi Anak Sekolah Generasi Indonesia). Program ini bertujuan untuk meningkatkan minat baca, pengetahuan, kreativitas, dan karakter siswa, demi mewujudkan generasi muda yang siap menghadapi masa depan.

PASAGI diinisiasi oleh tim yang terdiri dari guru, pustakawan, dan siswa yang berdedikasi dan antusias dalam literasi. Mereka berkomitmen untuk memberikan pengalaman belajar yang menarik dan bermakna bagi para siswa. Program ini memiliki struktur yang kokoh dengan melibatkan berbagai pihak, antara lain tim pengelola, kepala sekolah, komite sekolah, orang tua, dan komunitas literasi.

PASAGI fokus pada peningkatan minat baca siswa dengan berbagai cara. Salah satunya adalah dengan menerapkan proses baca rutin selama 15 menit setiap hari sebelum pelajaran dimulai. Program ini tidak hanya tentang membaca, tetapi juga tentang memperluas pengetahuan siswa dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan. Siswa didorong untuk menjelajahi minat dan bakat mereka melalui proyek-proyek kreatif.

PASAGI tidak hanya fokus pada aspek kognitif, tetapi juga pada pengembangan keterampilan dan karakter siswa. Mereka dilatih untuk menyelesaikan masalah, mengambil keputusan secara mandiri, dan menjadi individu yang bertanggung jawab dan berakhlak mulia. Program ini dievaluasi secara berkala untuk memastikan keberhasilan dan efektivitasnya. PASAGI merupakan program literasi yang inovatif dan inspiratif yang dapat membantu siswa mencapai potensi terbaik mereka dan menjadi pribadi yang sukses di masa depan. **

 

Profil Pwnulis
Hendy Yahya Gusriana H., lahir di Bandung pada tanggal 13 April 1992, adalah seorang pendidik yang bersemangat dan berpengalaman. Setelah menyelesaikan pendidikan formalnya di jurusan Pendidikan Fisika UPI, ia menempuh pendidikan lanjutan dalam bidang pendidikan sebagai Guru Penggerak Angkatan 9 pada tahun 2024. Sebagai seorang pendidik yang kompeten dan berdedikasi, Hendy aktif terlibat dalam pengembangan kurikulum dan kegiatan ekstrakurikuler yang membawa dampak positif bagi siswa dan masyarakat sekitar. Dengan pengalamannya yang luas dan semangatnya yang membara, Hendy terus berkontribusi dalam meningkatkan mutu pendidikan dan kesadaran lingkungan di wilayahnya.