Pemimpin Pembelajaran dan Prestasi Sekolah

 

Oleh: Nenden Lia Amalia, S.Pd., S.Kom., M.Pd
(Kepala SMPN 3 Cisarua)

 

Sangat menarik ketika penulis berkempatan menjadi pembicara di Podcast Bisa Cerdas-Bincang Santai Seputar Pendidikan Paud Penmas dan Pendidikan Dasar, yang diinisiasi oleh Dinas Pendidikan Kab, Bandung Barat, baru-baru ini. Sebuah program interaktif yang menampilkan para tokoh dari insan pendidikan yang telah memberi warna dengan ragam inovasi yang berdampak bagi peningkatan kualitas layanan pendidikan, khususnya di Kabupaten Bandung Barat.

Di dalam Podcast Bisa Cerdas tersebut, penulis memaparkan bahwa sebuah inovasi akan membawa dampak yang lebih luas kebermanfaatannya, jika diwujudkan dalam bentuk karya. Termasuk, prestasi-prestasi yang menjadi parameter meningkatnya mutu pendidikan di setiap sekolah, tentunya berawal dari inovasi yang nyata.

Sebagai orang yang telah diamanahi memimpin satuan pendidikan di SMPN 3 Cisarua, penulis berupaya mengimplementasikan peran agen perubahan yang diperoleh selama mengikuti pendidikan program Guru Penggerak. Di antara peran yang dilaksanakan oleh penulis adalah dengan mentranformasi nilai-nilai guru pengegrak dalam kehidupan nyata kepada seluruh warga sekolah.

Berangkat dari visi sekolah yang disuung penulis, yaitu Terwujudnya Peserta Didik yang “JUARA- Jujur, Unggul, Agamis, Rajin dan Aktif serta Berbudaya Lingkungan. Dari visi tersebut, munculah jargon sekolah, yakni SMPN 3 Cisarua, Jaya, Jaya, JUARA.

Seperti diketahui, semangat untuk menumbuhkembangakan budaya positif di ekosistem sekolah, memerlukan semangat untuk maju bersama. Maka, penulis berupaya menggali dan mengembangkan potensi yang dimiliki sekolah, baik dari sisi sumber daya manusia, sosial, lingkungan, budaya, politik, finansial, dan tentu saja para peserta didik yang menjadi subyek pendidikan.

Selain itu, fasilitas kegiatan belajar mengajar yang relatif cukup memadai, pserta didik yang heterogen, dan lingkungan serta warga sekolah yang dinamis,  merupakan modal utama untuk mengembangkan pendidikan yang lebih bermakna sesuai dengan tuntutan zaman.

Atas hal tersebut, sejumlah program sekolah lebih digiatkan, seperti pengembangan penguatan pendidikan karakter yang dilaksanakan setiap hari. Program-program tersebut, yaitu:

  1. Upacara Ketahanan Sekolah,dilaksanakan setiap hari Senin,
  2. Program “Selpi”- Selasa Senam pagi,
  3. Program “Ramli”-Rabu Mengaji dan Literasi,
  4. “Kaduku”- Kamis Dhuha dan Kultum, dan
  5. Program “Jumsih”-Jumat Bersih.

Di antara capaian sekolah buah dari program di atas, yaitu diraihnya predikat Sekolah Inovatif Tantangan Membaca Bandung Barat dan sebagai Sekolah Adiwiyata Tingkat Kabupaten Bandung Barat pada 19 Desember 2023.

Selain itu, prestasi siswa yang dicapai pada 2023-2024, untuk masing-masing program, yaitu:

  1. Ekskul Sanggar : Juara 2 Pop Sunda Al Musyawaroh Festival,  Juara 2 Tari Jaipong putra LHT, Juara harapan 3 Jaipong putri LHT, dan Juara harapan 2 Anggana Sekar putra LHT.
  1. Ekskul Paskibra, di Lomba Keterampilan baris Berbaris Beureum Bodas Event Organizer Tk. SD, SMP, SMA se-derajat dan Purna se-Jawa Barat Nurruzzaman Boarding School Komponen SMP Se-derajat  Minggu 26 Pebruari 2023, meraih Juara I Bina, Juara III Variasi Formasi, dan Juara 3 Madya Lomba Kompetisi Organisasi Paskibra Misbahunnur Tingkat SMP/MTs Se-Jawa Barat Open, yaitu: Juara 1 Bina Putra, Juara 1 Caraka Putra, Juara Harapan 1 Caraka Putri, dan Juara Harapan 1 Perintis Putri.
  1. Pramuka-Prestasi sekolah yang dicapai, adalah: Juara 1 Pentas Seni, Juara 1 Ketangkasan, Juara 3 PPGD, dan Juara 3 Mini Pionering.
  1. Ekskul Rohis-. Di Pekan Keterampilan dan Seni PAI, MGMP PAI SMP, meraih Juara 2 Lomba Solo Vokal.
  2. Ekskul Futsal, meraih Juara 2 Turnamen ALFES Tingkat Bandung Raya (2023),  ⁠Juara 2 Jagoan Futsal Turnamen Tingkat Bandung Raya (2023),  ⁠Nazril Pemain Terbaik Alfes (2023), ⁠Vicky Kiper Terbaik Jagoan Futsal Turnamen (2023), Juara 2 Futsal Putri BMC Futsal Competition (2023), – ⁠Atas Nama Cinta Kls 8 Topscore BMC Futsal Competition (2023),  ⁠Juara 2 Kategori Kls 7 Sixfeo (2023),  ⁠Juara 3 Kategori Kls 8-9 Sixfeo Turnamen (2023), ⁠dan Wildan Ramadhan Pemain Terbaik (2023).
  3. Ekskul Science, meraih Juara ke-3 Science expo dan Science Camp 2024 Se- Bandung Barat.
  4. Ekskul Pencak Silat- pada Kejuaraan “Bandung Lautan Api Championship”- Keyla Asyifa Juara 2 Seni Tunggal Putri Bersenjata, Dina Puspita Sarah Juara 3 Seni Tunggal Putri Tangan Kosong, dan Dini Puspita Sari Juara 1 Seni Tunggal Putri Tangan Kosong.
  5. Ekskul Literasi- Bulan Bahasa MGMP Bahasa Indonesia tingkat SMP subrayon 01, yaitu: – ⁠Juara 3 Cipta Puisi, – ⁠Juara 2 Poster Digital, – ⁠Juara Harapan 1 Baca Puisi. dan – ⁠Juara 3 Cipta Cerpen

Prestasi-prestasi yang membanggakan di atas, tentunya merupakan hasil kolaborasi dan dukungan penuh dari semua warga sekolah, termasuk orang tua.  Dan, pastinya optimalisasi potensi peserta didik menjadi parameter utama dalam mengukur ketercapaian sebuah program sekolah.

Akhirnya, motivasi yang dibangun untuk menjadi agen perubahan, merupakan modal utama untuk melejitkan prestasi sekolah. Sebaik apapun program sekolah yang dirancang seorang pemimpin satuan pendidikan, tidak akan terasa berdampak positif, jika tidak berkolaborasi dan mendapatkan dukungan semua warga sekolah. Maka, semangat untuk memajukan sebuah satuan pendidikan merupakan tanggung jawab semua pihak. Oleh karena itu, marilah kita tingkatkan kualitas layanan pendidikan dengan memanfaatkan semua potensi yang dimiliki, agar cita-cita untuk melahirkan generasi unggul, dan berkarakter dapat kita raih. Semangat, semangat, dan semangat terus memajukan pendidikan Indonesia. ***