PENTINGNYA KOMUNIKASI

Nuraeni, S.Pd

(Guru SMPN Satu Atap Lembang Cililin)

Kadang komunikasi itu dianggap hal yang kurang penting, padahal komunikasi itu adalah hal yang penting dalam kahidupan.kita sering menyepelekan komunikasi dan menganggapnya hal yang biasa saja. Padahal kita sebagai manusia sangat membutuhkan yang namanya komunikasi. Kadang hal kita anggap sepele bisa menjadi hal yang sangat penting.

Wujud komunikasi itu beraneka ragam ada komunikasi yang menggunakan alat telekomunikasi seperti surat, sms, telefon, dan sebagainya. Ada pun komunikasi secara langsung yaitu berinteraksi secara langsung seperti sapaan, obrolan, diskusi, dan sebagainya. Komunikasi itu sangat penting apalagi di lingkungan keluarga, antar setiap anggota keluarga harus terjalin komunikasi yang baik. Pentingnya komunikasi dalam keluarga itu hal sangat penting karena dengan adanya komunikasi akan timbulnya keharmonisan keluarga. Tetapi jika komunikasi antar keluarga tidak terjalin baik akan timbulnya suatu jarak antar satu sama lain anggota keluarga. Komunikasi akan terjalin walau hanya sekedar tegur sapa dan saling berdiskusi,dengan cara itulah kita dapat mempererat tali kekeluargaan. Begitupun sama halnya dalam kehidupan bermasyakat.

Apalagi pada era sekarang alat komunikasi sudah sangat canggih, sehingga memudahkan kita untuk saling berkomunikasi. Walau itu hanya sekedar memberi kabar, itu sudah termasuk wujud dari komunkasi. Dengan adanya komunikasi akan mudah menemukan solusi suatu masalah. Apalagi dalam keluarga komunikasi itu adalah hal yang sangat penting , misal kita ingin melakukan sesuatu lakukan komunikasi antar keluarga agar setiap anggota keluarga dapat memahami apa yang akan kita lakukan supaya tidak menimbulkan kesalah pahaman.

Oleh karena itu kita sebagai makhluk sosial membutuhkan yang namanya komunikasi. Dan oleh karena itu juga komunkasi hal yang penting bagi manusia. Maka dari itu jalinlah komunikasi dengan baik.

* Nuraeni, S.Pd.  lahir di Cililin, 12 Januari 1984. Istri dari Agus Setiawan ini mengajar Bahasa Indonesia dan Bahasa Sunda di SMPN Satap Lembang Cililin.  Merupakan lulusan dari Universitas Bale Bandung jurusan Bahasa Sastra Indonesia dan daerah.