POTRET PKKS DI SMPN 2 PARONGPONG

Dra. Yeti Resmiati, M.M

(Kepala SMPN 2 Parongpong)

Penilaian Kinerja Kepala Sekolah (PKKS) merupakan kegiatan rutinitas tahunan untuk menilai kinerja kepala sekolah yang profesional dan dapat merumuskan sebuah mutu lulusan dalam lembaga yang diembannya. Kegiatan ini bertujuan untuk melihat dan menilai  kinerja kepala sekolah dalam melaksanakan fungsi-fungsinya dalam tiga komponen penilaian PKKS, yaitu Manajemen Sekolah, Proses Pembelajaran, dan Lingkungan dan Budaya Sekolah. Kegiatan penilaian ini dilaksanakan selama satu tahun pelajaran pada sekolah yang dipimpinnya.  Biasanya dilakukan pada akhir tahun, yakni November, dan penilaian ini dilakukan di semua jenjang pendidikan mulai dari tingkat SD, SMP, SMA, maupun SMK.

Demikian pula, penilaian kompetensi kepala sekolah di SMPN 2 Parongpong dilaksanakan oleh tim penilai dari Dinas Pendidikan Kabupaten Bandung Barat. Dua orang Tim Penilai sebagai mentor yang spesialis, handal dan profesional , serta berpengalaman  sebagai pengawas pembina di Kabupaten Bandung Barat, yaitu Drs. Rondang Okinda dan Dra. Hj. Yuli Ridawati, M.Pd . Kegiatan ini dilaksanakan pada Rabu, 24 November 2021, mulai pukul 11.30 sd. 16.30 WIB. Kegiatan pembukaan diawali dengan doa dan menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya, kemudian dilanjutkan dengan menyanyikan Mars SMPN 2 Parongpong. Dilanjutkan dengan sambutan-sambutan yang disampaikan  oleh kepala sekolah dan perwakilan dari Asesor. Di akhir sesi penayangan Video berbagai kegiatan  selama satu tahun pelajaran.

Penulis menyampaikan selamat datang, ahlan wasahlan wamarhaban, kepada para asesor, ucapan terima kasih kepada bapak dan ibu  guru, Tenaga Administrasi Sekolah, dan Komite Sekolah, serta orang tua peserta didik yang telah mendukung kegiatan PKKS tersebut. Hal ini terkait dari persiapan semua program sekolah hingga kegiatan pelaksanaannya dapat berjalan dengan baik, lancar,  tertib, aman, dan kondusif.

Selanjutnya, penulis menyampaikan kegiatan PKKS pada dasarnya merupakan potret atau Rapot Sekolah. Hal ini merupakan gambaran kinerja Keluarga besar SMPN 2 Parongpong serta upaya-upaya  yang telah dilakukan dalam memberikan jaminan peningkatan kualitas pelayanan pendidikan kepada warga sekolah dan orang tua siswa.

Kemudian, harapan semua pihak dapat mengetahui keunggulan dan kelemahan dari kinerja sekolah selama ini. Demikian pula,  orang tua peserta didik dilibatkan sebagai satu tim yang yang kompak dan solid dalam upaya mendukung kemajuan pendidikan dan pengajaran di sekolah. Semuanya dilakukan untuk menjamin bahwa kepala sekolah, guru, dan tenaga administrasi sekolah, komite, dan orang tua dapat bekerja sama secara efektif, efisien, berdaya guna dan berhasil guna.

Di sisi lain, hasil penilaian PKKS yang dicapai nanti sesuai dengan target yang telah ditentukan.  Sehingga kegiatan ini membawa manfaat dalam upaya peningkatan mutu sekolah. Hal ini menjadi motivasi  peningkatan mutu kinerja yang lebih baik, kompetitif, inovatif, kreatif, dan proaktif serta menjadi superlatif. Selain itu, semua capaian kinerja kepala sekolah merupakan cerminan kinerja seluruh warga sekolah dalam mencapai  slogan BERSAMAMU AKU MAMPU. DUPONG BERSINAR. Oleh karena itu, semua pihak harus kompak, semua harus kerja keras, kerja cerdas, kerja tuntas, dan kerja ikhlas demi kemajuan sekolah.

Sementara itu, sebelum proses penilaian dimulai, asesor Bapak Drs.  Rondang Okinda  melakukan evaluasi dan penilaian dengan seksama  dengan  menggali informasi dari perwakilan komite sekolah, orang tua peserta didik, dan guru, serta peserta didik melalui wawancara, studi dokumentasi, serta pengisian angket. Sedangkan Dra.Yuli Ridawati, M.Pd melakukan pengecekan dokumen dengan tiga komponen sesuai Instrumen PKKS, yaitu Manajemen Sekolah, Proses Pembelajaran, dan Lingkungan dan Budaya Sekolah.

Setelah semua dokumen terperiksa, para Asesor menyampaikan kesimpulan hasil penilaian dokumen dan hasil wawancara dengan berbagai unsur. Kesan dan pesan yang diperoleh sangat memuaskan. Semua kesuksesan dan keberhasilan prestasi pendidik maupun  peserta didik, serta  peningkatan dan pengembangan sarana  prasarana maupun kepiawaian profesionalisme para gurunya, adalah berkat adanya ‘Motivator dan Excellent Service’  kepala sekolahnya, serta adanya jalinan yang mesra antara warga sekolah  Untuk itu, teruslah berinovasi untuk membuat SMPN Dupong selalu bertambah baik, maju, dan tetap bersinar, paparnya.

Akhirnya, setelah paparan demi paparan positif dari hasil refleksi disampaikan oleh para asesor, penulis berharap semoga hasil PKKS tahun ini mampu  memberikan kecerahan yang yang maksimal. Semuanya tersebut selaras dengan rasa bahagia yang terpancar dari para Asesor, komite sekolah. Terutama para guru dan staf administrasi yang telah berupaya menyiapkan segala sesuatunya sehingga kegiatan berjalan lancar, cepat, tepat, kondusif, menyenangkan, serta sangat memuaskan. Semoga keberkahan Alloh SWT selalu menyertai kita. Aamiin Yaa Rabbal Aalamiin.

Penulis adalah Kepala SMPN 2 Parongpong –Sumber dan Foto: Dra. Yeti Resmiati- Editor Redaksi: AdhyatnikaGeusan Ulun