PROGRAM PENINGKATAN KOMPETENSI BAHASA INGGRIS ENGLISH STUDENT COMMUNITY (ESC) SMP NEGERI 2 SINDANGKERTA

Oleh Dian Firmansyah
(CGP Angkatan 9 Kabupaten Bandung Barat)

 

Pembelajaran abad 21 adalah pembelajaran yang menganut prinsip pada pembelajaran yang berpusat pada siswa, bersifat kolaboratif, belajar memiliki konteks dan sekolah yang terintegrasi dengan lingkungan masyarakat dan sosial. Pada pembelajaran bahasa Inggris, karena pembelajaran sebagai bahasa asing, maka dalam praktiknya masih banyak ditemukan pembelajaran yang masih berpusat pada guru. Meskipun dalam pembelajaran bersifat kolaboratif, tetapi hanya siswa yang aktif yang dapat memanfaatkan waktu untuk mengasah kemampuannya.

Dalam pembelajaran Bahasa Inggris yang merupakan salah satu pembelajaran bahasa sepatutnya di harapkan para siswa mampu berkomunikasi dalam bahasa Inggris secara sederhana, tetapi pada kenyataannya siswa kurang mampu menguasai kosakata sehingga mereka juga kurang mampu bercakap cakap dalam bahasa Inggris.

Di dunia pendidikan, yang sekarang ini sudah memasuki era globalisasi maka sudah sewajarnya di sebagian besar kegiatan mulai memasukkan Bahasa Inggris sebagai bahasa pendamping pada kegiatan tersebut termasuk juga aktivitas peserta didik di sekolah. Banyak aplikasi-aplikasi yang berkembang di dunia pendidikan hampir seluruhnya menggunakan Bahasa Inggris.

Melalui program ini di harapkan peserta didik mampu meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris, meskipun melalui cara yang paling sederhana.

Adapun kegiatan yang akan kami laksanakan kami beri nama “ENGLISH STUDENT COMMUNITY” SMPN 2 SINDAGKERTA yang disingkat dengan nama “ESC DUTA” dengan motto LEARNING and PLAYING.

Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah meningkatkan motivasi siswa, meningkatkan mutu pembelajaran bahasa Inggris, meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris siswa dan guru dan siswa memiliki daya saing (output). Selanjutnya anggota dari esktrakurikuler ini adalah seluruh siswa SMPN 2 Sindangkerta  yang berjumlah 320.

Jenis kegiatan peningkatan kompetensi berbahasa Inggris dengan uraian kegiatan sebagai yaitu berupa:

A. Pembiasaan peserta didik.

  1. English Day

Kegiatan ini dilaksanakan dengan cara menggunakan Bahasa Inggris untuk percakapan pada hari tersebut.Sasaran kegiatan ini adalah seluruh siswa,guru dan karyawan SMP Negeri 2 Sindangkerta.

Dalam kegiatan ini yang akan dilaksanakan adalah:

   a. Five Words

Pada kegiatan ini seluruh warga sekolah akan diperdengarkan lima buah kosa kata dalam Bahasa Inggris dan semua harus mengucapkan dan menghafalkan kosa kata tersebut.Kegiatan ini dilaksanakan

sebagai pembiasaan pada pagi hari sebelum Kegiatan Belajar Mengajar dimulai.

  b. English Song

Pada kegiatan ini seluruh warga sekolah akan diperdengarkan lagu dalam Bahasa Inggris dan semua harus mengucapkan dan menyanyikan dan mengikuti lagu tersebut. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai pembiasaan pada pagi hari sebelum kegiatan belajar mengajar dimulai bergantian dengan program “Five Words”

  c. Using English

Pada kegiatan ini seluruh warga sekolah akan dibiasakan untuk menggunakan Bahasa Inggris sebagai percakapan yang sederhana.

  d. English Corner

Pada English Corner, kegiatan yang akan dilaksanakan adalah berbahasa Inggris pada satu tempat khusus yang seluruh warga sekolah diharuskan berbahasa Inggris pada tempat tersebut.

  e. English Police.

Pada Kegiatan ini disiapkan siswa yang mempunyai kemampuan lebih untuk mengontrol warga sekolah yang pada kegiatan English Day tidak menggunakan bahasa Inggris dalam percakapannya. Mereka diberi wewenang untuk memberikan peringatan kepada warga sekolah yang tidak menggunakan bahasa Inggris dalam percakapannya.

B. Extra-Curricular Activity

Kegiatan ekstrakurikuler ini bertujuan untuk:

a. Membentuk English Club
b. Menggali potensi siswa (Student’s Potency)
c. Memberi wadah kepada siswa yang berkemampuan lebih dalam bidang Bahasa  Inggris (Acceleration)
d. Menyiapkan siswa dalam lomba di bidang Bahasa Inggris (Preparation for Competetion)
e. Untuk membantu terlaksananya Program Peningkatan Kompetensi Bahasa Inggris

3. Language Classroom.
4. Learning Product Display
5.. English Course for Teacher

Demikian program kegiatan yang penulis lakukan dengan harapan untuk memberikan bekal kepada siswa SMPN 2 Sindangkerta untuk dapat melakukan komunikasi dengan bahasa Inggris yang sederhana agar bisa berkomunikasi dengan menggunakan bahasa Inggris. ***

Profil Penulis
Penulis adalah Dian Firmansyah, S.Pd, Lahir di Bandung Tanggal 12 September 1982 merupakan calon guru penggerak yang berasal dari SMPN 2 Sindangkerta Kabupaten Bandung Barat. Pengalaman mengajar sejak tahun 2004 sampai sekarang sebagai guru bahasa Inggris. Selain mengajar penulis juga aktif di kegiatan kepengurusan MGMP Bahasa Inggris Sub Rayon 05 Kab. Bandung Barat sebagai ketua.