Proyek Drama Kolaborasi Biologi-Bahasa Indonesia-Bahasa Inggris di SMAN 1 Cililin

Oleh: Wety Dwi Yuningsih, S.Si
(Guru Biologi SMAN 1 Cililin)

Pada kesempatan kali ini penulis akan memaparkan bagaimana melaksanakan pembelajaran berupa proyek kolaborasi pelajaran Biologi – Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Hal ini merupakan hal yang baru buat penulis dan rekan Guru yang penulis ajak kolaborasi.

Kebetulan, penulis mengajar Biologi Lintas Minat di kelas 11 IPS 2 dan 11 IPS 3. Kemudian, penulis mengajak rekan Guru Bahasa Indonesia, Bunda Neni dan rekan Guru Bahasa Inggris Pak Andri. Alhamdulillah, anak-anak Kelas 11 IPS 2 dan 3 sangat baik, sehingga mudah untuk diajak melakukan hal yang baru, yaitu proyek kolaborasi.

Sempat bingung, karena untuk menyatukan ketiga pelajaran antara Biologi, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris harus ada produk pembelajaran yang bisa memuat ketiga unsur pelajaran tersebut. Akhirnya kami sepakat untuk membuat proyek drama dengan tema Biologi yang terdapat unsur ‘explanation’ dengan menggunakan percakapan bahasa Inggris dalam drama tersebut.

Langkah Proyek Kolaborasi Drama

Pertama kali penulis berdiskusi bersama dengan Guru Kolaborator. Pada proyek kali ini, penulis berkolaborasi dengan Ibu Neni selaku Guru Bahasa Indonesia dan Pak Andri selaku Guru Bahasa Inggris. Kami membuat analisis KD (Kompetensi Dasar) supaya ada tema yang sama, dan kita bisa menentukan proyek yang harus peserta didik lakukan. Selain itu, untuk melihat analisis KD antar mata pelajaran beserta dengan kisi- kisi proyek kolaborasi.

Akhirnya kami sepakat untuk membuat proyek pembuatan drama (materi Bahasa Indonesia) dengan tema Biologi (materi Sistem Koordinasi) dan di dalam drama tersebut terdapat percakapan bahasa inggris (tema explanation).

Selanjutnya, kami membuat modul proyek kolaborasi dengan tema: Berekayasa dan berteknologi membangun NKRI. Sedangkan topiknya adalah Drama Sistem Koordinasi. Untuk relevansi tema dan topik proyek, yaitu dengan membuat drama sistem koordinasi, maka peserta didik dapat berekayasa dan berteknologi membangun NKRI.

Kemudian, dimensi drama tersebut adalah kreatif, dan elemennya adalah menghasilkan karya berupa video drama sistem koordinasi. Sedangkan sub-elemennya, yaitu peserta didik mampu menghasilkan karya inovatif drama sistem koordinasi.

Langkah selanjutnya, kami membuat asesmen kolaborasi. Masing-masing Guru membuat RPP Proyek Kolaborasi (Unduh Disini). Kemudian, Guru membuat kelompok siswa. Di dalam 1 kelas terdapat 6 kelompok, sehingga satu kelompoknya terdapat 5 atau 6 siswa. Akhirnya, guru mengadakan pembelajaran kolaborasi di kelas untuk menjelaskan kepada siswa tentang proyek kolaborasi pembuatan drama.

 Tugas Peserta Didik

Pertama, tentukan satu materi pada sistem koordinasi manusia, boleh pilih saraf, otak, hormone dan panca indra (ambil satu materi saja, missal materi Mata atau materi Otak Besar). Kemudian, buat skenario drama tentang materi tersebut, semua anggota kelompok harus mempunyai peran.

Berikutnya, shooting drama boleh di sekolah atau di rumah dengan pakaian dibolehkan mengenakan seragam atau bebas, namun rapi. Selanjutnya, buat teks explanation tentang materi yang dipilih (Bahasa Inggris).

Kemudian, harus ada bagian atau scene drama untuk presentasi teks explanation tersebut, dan wajib tiap anggota mempresentasikan teks explanation menggunakan Bahasa inggris.

Durasi drama selama 7 sampai 10 menit. Dilakukan edit video sekeren mungkin, dan di-upload video drama tersebut ke salah satu channel Youtube anggota kelompok.

Akhirnya, link youtube dikirim lewat WA ke guru Biologi, Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia.

Persiapan Peserta Didik

Pada pertemuan awal, diadakan diskusi peserta didik untuk menentukan tema drama. Hal tersebut untuk menentukan materi biologi yang akan dipilih untuk dijadikan drama, penentuan percakapan bahasa inggris dan pembuatan skenario drama kolaborasi.

Berikut adalah Dokumentasi pada saat diskusi persiapan proyek kolaborasi pembuatan drama Biologi- Bahasa Indonesia – Bahasa Inggris

Capaian Kegiatan

Untuk waktu pengerjaan proyek kolaborasi pembuatan drama, penulis memberikan waktu satu minggu. Alhamdulillah, semua peserta didik dapat mengumpulkan video tepat pada waktunya. Kebetulan penulis mengajar Biologi di kelas 11 IPS 2 dan 11 IPS 3 (Biologi adalah pelajaran lintas minat).

Berikut adalah video kumpulan tugas proyek kolaborasi pembuatan drama Biologi – bahasa Indonesia – Bahasa Inggris


https://youtu.be/Sn71YsH5xEc
Naskah Skenario
      

Refleksi Peserta Didik

dikarenakan program proyek kolaborasi antar mata pelajaran baru pertama kami laksanakan, maka kami meminta perwakilan peserta didik untuk memberikan reflleksi terhadap kegiatan proyek kolaborasi ini.

Berikut ini adalah video refleksi peserta didik terhadap proyek kolaborasi Biologi – Bahasa Indonesia – Bahasa Inggris.



https://youtu.be/cwvvOhc5w3w

Alhamdulillah program ini sangat menyenangkan bagi pererta didik, walaupun sesuatu yang baru karena harus menyatukan beberapa pelajaran menjadi satu produk, namun kegiatan proyek kolaborasi ternyata membantu meringankan tugas peserta didik lebih sedikit karena adanya kolaborasi antar mata pelajaran.

Demikian tadi pemaparan kegiatan proyek kolaborasi pembuatan drama Biologi – Bahasa Indonesia – Bahasa Inggris yang telah kami praktekkan di sekolah.

Mudah-mudahan dapat mengisnpirasi. Salam dan sehat selalu.😍😍😍

Profil Penulis

Wety Dwi Yuningsih, Guru Biologi SMAN 1 Cililin. Penulis mempunyai semboyan hidup: Berbagi itu sangat indah, dan bermanfaat untuk sesama…

Kesibukan penulis sekarang adalah menjadi peserta Pelatihan Guru Penggerak Angkatan 4 Kabupaten Bandung Barat. Selain itu, sejak tahun 2020 menjadi Guru Youtuber dengan channel wetyyuningsih dan pada tahun 2021 sebagai guru blogger dengan akun wetyyuningsih.com.

Pewarta: Adhyatnika Geusan Ulun