“Ramadan Yang Dirindukan” Ala SMPN 3 Cisarua

   

Bandung Barat – SMPN 3 Cisarua menyelenggarakan pesantren kilat (sanlat). Program bidang kesiswaan yang diikuti oleh seluruh pesrta didik tersebut, diselenggarakan untuk mengisi bulan suci Ramadan pada hari terakhir jelang libur Hari raya Idul Fitri, Senin (25/3/24).

Kepala SMPN 3 Cisarua, Nenden Lia Amalia, dalam sambutannya ketika membuka kegiatan menyampaikan Sanlat merupakan program rutin sekolah yang diselenggarkan sebagai upaya sekolah dalam upaya meningkatkan keimanan warga sekolah, khususnya para peserta didik.

“Melalui kegiatan sanlat ini semoga dapat meningkatkan keimanan kita semua, sehingga kebiasaan baik yang dilakukan selama sanlat  bisa terus dilakukan, walaupun bulan Ramadhan telah berlalu,” ujarnya.

Lebih jauh disampaikan Kepala Sekolah, pihaknya mengucapkan terimakasih kepada panitia dan seluruh guru  yang telah mempersiapkan kegiatan sanlat ini dengan sangat baik.

Dalam kegiatan sanlat ini siswa-siswa melaksanakan berbagai hal keagamaan seperti sholat Duha berasama, tadarus Al-Quran, Kultum dan ceramah. Sholat Duha dan Tadarus Al-Quran  dilaksanakan di lapangan upacara. Sedangkan, kultum dan ceramah dilaksanakan di kelas masing-masing. Kultum disampaikan oleh siswa yang ditunjuk oleh walikelas, sementara ceramah disampaikan oleh guru sesuai jadwal yang telah di berikan oleh panitia.

Ditandaskan Kepala Sekolah,  Sanlat ini juga mengajarkan siswa untuk bersedekah. Pengumpulan sedekah dilaksanakan setiap hari selama selama kegiatan sanlat berlangsung.

Shodakoh yang dikumpulkan berupa uang yang dikumpulkan dari siswa dan guru yang nantinya akan digunakan untuk berbagi sasaran utama dari pengumpulan shadakoh ini adalah siswa yatim piatu dan warga sekitar yang tidak mampu. Setelah uang terkumpul nantinya akan dibelikan kebutuhan pokok, seperti beras, minyak, terigu, susu dan lain-lain,” tandasnya. ***

Kontributor: Rika Maesaroh, S.Pd (SMPN 3 Cisarua)-Pewarta/Editor: Adhyatnika Geusan Ulun