Serunya Pemilu OSIS di SMPN 3 Cisarua

Bandung Barat– SMPN 3 Cisarua melaksanakan pemilihan ketua dan wakil ketua OSIS periode 2023-2024. Kegiatan yang  diselenggarakan  di lapang upacara tersebut, diikuti oleh seluruh warga sekolah (21/3/24).

Kepala SMPN 3 Cisarua, Nenden Lia Amalia, menyampaikan kegiatan di atas merupakan program rutin tahunan bidang kesiswaan. Menurutnya, pemilihan pengurus OSIS tersebut bertujuan supaya siswa beroleh pengalaman melaksanakan pemilihan secara langsung seperti pemilihan umum sebenarnya.

“Pada kesempatan ini diharapkan semua siswa dapat menggunakan hak pilihnya untuk memilih ketua dan wakil ketua OSIS, semoga pengalaman ini memberikan gambaran kedepannya dalam pemilihan umum  yang sebenarnya,” ujarnya.

Lebih jauh ditambahkan,  kedepan siswa yang terpilih dapat menjadi pemimpin yang amanah dan dapat memberikan contoh yang baik kepada siswa lain  di sekolah. Pihaknya pun mengapresiasi para pengurus dan pembina OSIS yang telah menyelenggarakn kegiatan dengan baik dan lancar.

Sementara itu, Rika Maesaroh selaku Pembinan OSIS memaparkan pemilihan pengurus OSIS berlangsung selama satu minggu. Diawali dari penjaringan yang dilakukan oleh wali kelas kelas VII, VIII dengan memilih lima siswa, empat siswa calon pengurus dan satu di antaranya dijadikan bakal calon ketua dan ketua OSIS.

“Dari penjaringan wali kelas diperoleh 11 bakal calon. Bakal calon terpilih sebayak 11 orang, ke 11 orang tersebut dilakukan penilaian yang akhirnya diperoleh  3 pasang calon ketua dan wakil ketua yaitu pasangan calon dengan  nomor urut 01 Suci Rizki Amelia dan Ahmad Sutisna, nomor urut 02 Lucky Pratama dan Amelia Lestari dan nomor urut 03 Ahmad Reyhan dan Jalila,” paparnya.

Lebih jauh disampaikannya, setelah diperoleh calon ketua dan wakil ketua, hari berikutnya ketiga pasangan calon tersebut melaksanakan kampanye menyampaikan misi dan visi yang telah dibuatnya.

“Pada hari yang sama setelah melaksanakan kampanye semua calon melaksanankan debat terbuka yang dilihat oleh seluruh siswa-siswi SMPN 3 Cisarua, barulah semua melaksanakan haknya untuk memilih calon dengan cara penyoblos calon yang dipilih pada bilik suara yang telah disediakan,” imbuhnya.

Selanjutnya, masih kata Rika, setelah dilaksanakan pemilihan, perhitungan suara dilasanakan hari itu juga dengan perolehan nomor urut 01 beroleh suara 99, nomor urut 02 beroleh suara 284, nomor urut 03 beroleh suara 61 dan suara tidak sah sebanyak 3.  Dengan demikian maka no urut 02 atas nama Lucky Pratama dan Amelia Lestari dinyatakan sebagai ketua dan wakil ketua OSIS periode 2024-2025 SMPN 3 Cisarua.

“Kami ucapkan terima kasih kepada pengurus OSIS lama, dan selamat kepada ketua dan wakil ketua terpilih, semoga visi dan misinya dapat dijalankan dengan baik dan semoga membawa SMPN 3 Cisarua lebih maju dan lebih berprestasi lagi,” tandasnya. *

Kontributor: Rika Maesaroh, S.Pd (SMPN 3 Cisarua)-Pewarta/Editor: Adhyatnika Geusan Ulun