“SEKUTER” – Sekolah Suka Literasi

Oleh: Dwi Irmayanti, S.Pd.l
(SDN 4 Cililin)

 

Program Sekuter berkaitan dengan modul 1.1 Filosofi Ki Hajar Dewantara yaitu pendidikan harus berpihak pada murid, melalui program SEKUTER, murid dapat memilih bacaan antara lain dongeng, puisi, dan pantun. Program ini dibuat atas kesepakatan murid, mulai dari menentukan judul, penetapan pengurus, dan buku apa saja yang akan diperbanyak.

Tujuan penulis membuat program SEKUTER yaitu ingin menumbuhkan keterampilan peserta didik baik secara akademik maupun non akademik sehingga peserta didik terlibat aktif dalam proses belajar yang sesuai dengan minat dan bakatnya.

Capaian yang diharapkan pada program SEKUTER yaitu terbentuknya karakter dalam diri peserta didik untuk menggemari literasi, baik keterampilan dalam membaca buku, dongeng, puisi, dan pantun.

Program SEKUTER selain meningkatkan minat membaca, diharapkan dapat mencari bakat peserta didik dalam literasi, bakat peserta didik tersebut dapat diasah kembali untuk mengikuti lomba yang diadakan PUSPRESNAS. Lomba yang diadakan seperti lomba membaca puisi, pantun, dan dongeng mulai dari tingkat gugus sampai nasional. Kami dari pihak sekolah dapat dengan mudah mencari bakat dan melatih peserta didik karena sudah terbentuk dengan adanya program ini, jadi hanya tinggal mengasah kemampuannya lebih dalam lagi.

Untuk menjalankan program SEKUTER tentu tidak dapat dijalankan secara mandiri oleh penulis saja, penulis perlu menggali sumber daya sekolah maupun di sekitar sekolah yang dapat dimanfaatkan untuk mendukung program tersebut.

Penulis perlu berkolaborasi dengan pihak terkait seperti kepala sekolah, rekan sejawat, orang tua, dan operator sekolah. Sumber daya tersebut sering disebut juga sebagai modal manusia. Selain modal manusia penulis juga membutuhkan modal politik untuk mengajukan bantuan buku bacaan dari perpustakaan daerah.

Sebuah program agar berjalan dengan baik dan berkesinambungan, memerlukan sebuah evaluasi yang berkelanjutan. Program ini akan dievaluasi melalui rapat tahunan yang dipimpin oleh kepala sekolah secara berkesinambungan. Untuk menjalankan Program ini membutuhkan ketelitian dan ketelatenan dari berbagai pihak yang terkait, khususnya wali kelas untuk melaksanakan program ini.

Selain itu, penulis berharap Program ini dapat terlaksana dengan baik dan dapat diaplikasikan di sekolah lain. Melalui program ini penulis siap berkolaborasi dan mengamalkan ilmu yang didapatkan dari Program Pendidikan Guru Penggerak. Penulis akan berupaya mewujudkan program SEKUTER dan mampu melakukan perubahan menuju ke arah lebih baik lagi.

Penulis ucapkan terima kasih kepada Fasilitator Ibu Nenden Hasanah Robiatul Awaliah beserta Pengajar Praktik Ibu Prita Tania Rahmandita atas bimbingannya dan juga kesabarannya dalam mendampingi kami khususnya penulis selama 6 bulan mengikuti Pendidikan Guru Penggerak angkatan 9. Ssemoga kebaikannya dibalas oleh Allah Swt dengan beribu-ribu kebaikan. Aamiin…

 

Profil Penulis
Dwi Irmayanti, S.Pd lahir pada 18 Maret 1980 di Cililin Kabupaten Bandung Barat, Provinsi Jawa Barat. Penulis bekerja sebagai Guru Sekolah Dasar di SDN 4 Cililin dari tahun 2005 – sekarang. Penulis pernah mengenyam pendidikan D2 Hotel & Tourism di P3I (1998),  S1 di Universitas Terbuka (2014). Penulis merupakan Guru Penggerak Angkatan 9 (2024) di Kabupaten Bandung Barat..