Semangat Literasi Berbuah Karya Antologi Puisi dan Prestasi

Oleh: Hani Asnilawati, S.Pd
(SMPN 3 Cililin)

 

Semangat penguatan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) telah dibangun dari  tahun ajaran 2022/2023 hingga kini tahun ajaran 2023/2024. Pada tahun ajaran ini pula penulis berkesempatan mengikuti kegiatan Pendidikan Guru Penggerak (PGP) Angkatan Ke-9. Ilmu dan wawasan yang diperoleh dari PGP dapat meningkatkan keaktifan dalam menginisiasi prakarsa perubahan dan kolaborasi melaksanakan berbagai program sekolah, salah satunya GLS.

Peningkatan kegiatan literasi dimulai dari pengukuhan Gebyar STC menjadi komunitas belajar di sekolah. Kegiatan dilakukan melalui penyusunan kepengurusan dan pelaksanaan program-program yang digalakan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas literasi siswa, guru dan tenaga pendidik. Kegiatan ini diharapkan pula dapat mendorong peningkatan kemajuan dan prestasi sekolah.

Dengan kerjasama antarpengurus, kami melaksanakan berbagai program-program komunitas serta mengikuti Tantangan Membaca Bandung Barat (TMBB) VI 2024. Pebiasaan GLS yang dilaksanakan di sekolah kami diantaranya pembiasaan membaca 15 menit sebelum pembelajaran, membuat reviu dan tulisan minimal 1 buah dalam setiap bulan serta melaksanakan workshop penulisan untuk siswa maupun guru.

Workshop penulisan diadakan dengan narasumber Kepala SMP negeri 3 Cililin, Dra. N. Mimin Rukmini, M.Pd. Alhamdulillah kami memiliki banyak naskah orisinal berupa puisi guru dan siswa.  Teks yang terkumpul dilakukan uji plagiarism dan proses pengeditan sebelum dikirm ke penerbit. Kami pun berhasil menerbitkan  buku yang ber-QSBN. Dengan hati yang gembira dan takjub ternyata dengan segala keterbatasan yang kami miliki, kami mampu berkarya menumpahkan buah pikiran yang dikumpulkan menjadi satu dalam  karya Antologi Puisi Perdana sekolah berjudul “Torehan Asa”.

Tercipatanya buku antolgi puisi karya warga sekolah merupakan suatu prestasi dan kebahagiaan tersendiri karena hampir semua warga sekolah (Kepala sekolah, guru, penjaga sekolah dan  komite sekolah.) terlibat mengirimkan puisi.

Selain berbuah buku antologi, semangat literasi juga tampak dalam kegiatan TMBB. Keikutsertaan di tahun ke-2 TMBB VI 2024 ini, harapannya bisa meraih penghargaan sekolan Inovatif. Setelah tahun sebelumnya berhasil mendapat penghargaan sekolah inspiratif. Tahun ini secara kuantitas peserta TMBB dari SMPN  3 Cililin menghasilkan lebih banyak reviu dan tulisan daripada tahun sebelumnya. Siswa SMP Negeri 3 Cililin berhasil mendapat penghargaan peringkat  Ke-3 dan Ke-5 penulis konten terbanyak atas nama Nadiya Cahyani kelas 9a dengan 26 tulisan dan Yulia kelas 8a dengan 17 tulisan.

Sedangkan tahun ini berdasarkan data sementara dari Guru Pembimbing Literasi, beberapa siswa sudah banyak membuat reviu dan tulisan di antaranya yaitu Andini Walfadillah kelas 7b dengan 51 Reviu dan 74 Tulisan, Riri susilawati kelas 7b dengan 40 reviu dan 38 tulisan serta Muhamad Yasyir kelas 7c dengan 125 reviu dan 100 tulisan. Data tersebut menunjukkan motivasi melaksanakan tantangan berkembang sangat signifikan daripada tahun sebelumnya. Pencapaian ini pun merupakan sebuah prestasi tersendiri yang membahagiakan dan membanggakan untuk kami yang baru mengikuti TMBB tahun ke-2. **

 

Biodata Penulis
Hani Asnilawati. Lahir di Cianjur, 23 Mei 1987. Penulis merupakan lulusan pendidikan DII PGTK UT, dan SI PPKn di STKIP Pasundan Cimahi, Penulis juga merupakan Guru Di SMPN 3 Cililin, Pengurus MGMP PPKn SR.IV, memiliki hobi desain grafis, menonton, menyanyi, membaca, dan menulis terutama sejak menjadi Guru Pembimbing