Serunya Menjadi Pengajar Praktik Program Pendidikan Guru Penggerak Kab. Bandung Barat

Oleh: Taufik Mulyana, S.Pd., M.Pd
(Kepala SDN Cigugur Girang 01)

 

Pendidikan Guru Penggerak adalah salah satu program yang diusung oleh Kemendikbudristek bagi para guru di Indonesia. Sebelum mengikuti program tersebut, terdapat sejumlah pertanyaan yang perlu dijawab, yakni tentang mengapa penulis memilih untuk menjadi Pengajar Praktik di program pendidikan Guru Penggerak, Mengapa menjadi Pengajar Praktik di program pendidikan Guru Penggerak? Berikut beberapa jawaban penulis yaitu:

  1. Keterlibatan dalam Transformasi Pendidikan

Sebagai seorang pendidik, calon Guru Penggerak harus memiliki tekad untuk berkontribusi pada transformasi pendidikan di Indonesia. Program Guru Penggerak menawarkan kesempatan bagi calon guru untuk terlibat langsung dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan.

  1. Membimbing dan Menginspirasi Calon Guru Penggerak

Pendidikan merupakan kunci utama untuk masa depan generasi muda yang lebih baik. Dalam program ini, Guru Penggerak dapat menginspirasi dan membimbing para calon Guru Penggerak lainnya.

  1. Kolaborasi dengan Rekan Sejawat

Program Guru Penggerak dapat memfasilitasi kolaborasi dengan rekan sejawat. Dalam hal ini maka guru-guru akan belajar dari pengalaman dan pengetahuan orang lain yang menjadi kunci untuk pertumbuhan profesional.

Sebagai Pengajar Praktik PPGP  angkatan 9 kab. Bandung barat penulis adalah Guru Penggerak Angkatan 4  , ketika mengikuti program Pengajar Praktik di angkatan 9 alhamdulillah lulus bersama 26 Pengajar Praktik lain di kab. Bandung Barat dan kami mendampingi 152 CGP di angkatan 9 ini , penulis mendampingi 6 Calon Guru Penggerak di kecamatan parongpong tempat penulis bekerja sebagai kepala sekolah di SDN Cigugur Girang 01, selama kurang lebih 6 bulan penulis mendampingi calon Guru Penggerak sangat banyak pengalaman, pembelajaran, yang penulis dapatkan dan sangat berguna bagi penulis pribadi.

Berikut ini adalah beberapa tujuan yang dapat menjadi fokus dalam peran sebagai Pengajar Praktik dan apa yang ingin dicapai dalam program pendidikan Guru Penggerak.

  1. Meningkatkan Kompetensi Guru: Penulis ingin membantu guru mengembangkan keterampilan, pengetahuan, dan pemahaman yang diperlukan untuk mengajar dengan efektif.
  2. Penerapan Praktik Terbaik: Penulis ingin mendorong guru untuk menerapkan praktik pengajaran terbaik dalam kelas mereka.
  1. Pemberdayaan Guru: Penulis ingin membantu guru merasa lebih percaya diri dan berperan aktif dalam proses pengambilan keputusan pendidikan di sekolah mereka.

Ini bisa mencakup pelatihan kepemimpinan guru, partisipasi dalam komite kurikulum, dan pengembangan peran sebagai mentor bagi guru-guru lainnya.

  1. Meningkatkan Kualitas Evaluasi: Penulis ingin mendukung perbaikan dalam metode evaluasi    kinerja guru.
  2. Mendorong Penggunaan Teknologi: Penulis ingin membantu guru memahami dan menggunakan teknologi pendidikan dengan efektif dalam pengajaran mereka.
  3. Kolaborasi Antar Guru: Penulis ingin mendorong kolaborasi antara guru dalam hal perencanaan pembelajaran, berbagi sumber daya, dan pertukaran ide.

Dalam menjalani program Guru Penggerak dan menjadi Pengajar Praktik ini penulis di percaya sebagai Koordinator Pengajar Praktik di kabupaten Bandung Barat, menjadi sebuah motivasi lebih bagi penulis karena harus memberikan semangat dan informasi yang langsung diberikan oleh Balai Besar Guru Penggerak Jawa Barat di grup Whatshapp di grup tersebut terdiri dari koordinator Pengajar Praktik se Jawa Barat , yaitu 27 kabupaten/kota se Jawa Barat.

Sebuah kebijakan dan informasi yang di berikan oleh BBGP Jabar sebagai intruksi bagi kami Pengajar Praktik dalam menjalankan tugas kami dalam mendampingi Calon Guru Penggerak baik dalam pendampingan individu di lapangan atau di Lokakarya calon Guru Penggerak yang harus sesuai dengan moderasi pelaksanaannya. Di akhir lokakarya 7 tepatnya sebelum lokakarya 7 dan Panen Karya calon Guru Penggerak

Penulis sebagai koordinator Pengajar Praktik di beri tugas untuk menghadiri rapat pra pleno kelulusan calon Guru Penggerak di Surabaya. Ini sebuah pengalaman yang sangat menarik dan menyenangkan , rapat pleno kelulusan calon Guru Penggerak ini di laksanakan tanggal 21 april sampai 24 april 2024 di hotel Santika Premiere Gubeng Surabaya.

Dari Bandung, penulis berangkat dari stasiun kereta api bersama koordinator Pengajar Praktik dari Kabupaten Bandung, Kota Cimahi dan Purwakarta. Perjalanan tugas yang menyenangkan karena semua biaya perjalanan di tanggung oleh BBGP Jabar.

Kami para koordinator Pengajar Praktik dan Fasil membahas tentang ketuntasan tugas fasil dan ketuntasan Pengajar Praktik tentang penilaian terhadap CGP, alhamdulillah ketuntasan Pengajar Praktik Kabupaten Bandung Barat mencapai 98 persen menjadi sebuah kebanggaan buat penulis dan teman teman Pengajar Praktik kab. Bandung Barat bisa menjalankan tugas sebagai Pengajar Praktik ini dengan baik dan bisa mendampingi seluruh Calon Guru Penggerak menjadi Guru Penggerak. *