SMP Daarut Tauhiid Boarding School Laksanakan Asesmen Bakat Minat

Bandung Barat-SMP Daarut Tauhiid Boarding School menggelar Asesmen Bakat Minat (ABM) pada Senin s.d. Kamis, 19-22 Februari 2024. Kegiatan ini merupakan salah satu program yang diinisiasi oleh Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Kegiatan ini bertujuan untuk mengukur kemampuan siswa pada bidang-bidang khusus dan minatnya berdasarkan ketertarikannya pada suatu jenis kegiatan atau pekerjaan tertentu. Asesmen ini juga diharapkan mampu memprediksi kemampuan siswa dalam menguasai hal baru pada program pendidikan selanjutnya sehingga dapat membuat arah pengembangan diri secara lebih jelas dan terencana.

Hamdani selaku Kepala SMP Daarut Tauhiid Boarding School  menyampaikan bahwa kegiatan ini akan bermanfaat bagi seluruh siswa sehingga harus dilaksanakan dengan sungguh-sungguh dan maksimal. “Semoga semuanya diberi kelancaran dan kemudahan saat mengerjakannya, Insya Allah kegiatan ABM ini akan bermanfaat”, tambahnya.

Berbeda dengan ujian prestasi yang menilai pengetahuan akademik, ABM tidak didasarkan pada kurikulum mata pelajaran tertentu, sehingga dalam menjawab pertanyaan lebih bergantung pada kemampuan berpikir kritis. Proses pembuatan soal ABM sudah diatur standarnya untuk memastikan soal-soal yang dihasilkan valid.

Dengan menggunakan soal yang terkalibrasi, hasil evaluasi dari berbagai subtes, waktu, dan paket tes yang berbeda dapat dibandingkan. Asesmen ini harapannya dapat memprediksi kesuksesan siswa di jurusan yang diminati serta mengidentifikasi ketertarikan siswa terhadap bidang-bidang khusus.