SMPN 1 CIPONGKOR SUKSES GELAR VAKSINASI PELAJAR

Cipongkor-(Newsroom).  SMPN 1 Cipongkor bekerja sama dengan Puskesmas Cipongkor menggelar program vaksinasi pelajar. Kegiatan yang diikuti oleh ratusan siswa tersebut, melibatkan 14 tenaga kesehatan, Satgas Covid-19 sekolah dan seluruh guru, didukung oleh Dinas Pendidikan Kab. Bandung Barat, Senin (20/9/21).

Kepala SMPN 1 Cipongkor, Agus Solihin, mengapresiasi kegiatan di atas. Menurutnya, kegiatan di atas bertujuan untuk memberikan imunitas kepada warga sekolah, khususnya siswa dalam menyambut diselenggarakannya pemeblajaran tatap muka terbatas yang sebentar lagi akan dilaksanakan.

“Vaksinasi pelajar merupakan program pemerintah yang harus didukung. Hal ini, meskipun bukan syarat utama pelaksanaan pembelajaran tatap muka terbatas yang dicanangkan pemerintah, namun kegiatan vaksinasi pelajar akan memberikan rasa aman kepada sekolah dalam menyongsong penyelenggaraan pembelajaran tatap muka terbatas nanti,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Seksi GTK SMP Dinas Pendidikan Kab. Bandung Barat, Samid Rusmana, dalam kunjungannya menyampaikan pembelajaran tatap muka terbatas harus memenuhi sejumlah tahapan. Menurutnya, hal ini sesuai dengan arahan Kepala Dinas Pendidikan KBB, pembelajaran tatap muka terbatas diperkenankan untuk dilaksanakan sekolah dengan mengikuti prosedur yang harus dipenuhi. Selain mendapatkan izin dari pemerintah daerah setempat, izin orang tua, juga memberikan rasa aman kepada seluruh warga sekolah.

Ditambahkannya, vaksinasi pelajar merupakan upaya pemerintah dalam menekan penyebaran Covid-19 khususnya dikalangan siswa. Hal ini mengingat usia pelajar sangat rentan terhadap penyebaran pandemic Covid-19. Oleh karena itu kegiatan vaksinasi pelajar ini harus didukung oleh semua pihak.

Di sisi lain, Dr. Ayu Listya, Kepala Puskesmas Cipongkor, menyampaikan kegiatan tersebut, selain diikuti oleh SMPN 1 Cipongkor, juga sekolah lain, seperti SMK Al Fatih, dan SMPN 2 Cipongkor. Hal ini sangat menggembirakan mengingat edukasi tentang pentingnya vaksinasi sudah tersosialisasikan kepada masyarakat, khususnya orang tua siswa. Diharapkan program ini akan membantu mempercepat terciptanya herd immunity di kalangan pelajar.

Lebih lanjut disampaikan, pihaknya mengucapkan terima kasih atas terselenggaranya program vaksinasi tersebut. Hal ini tidak lepas dari dukungan sekolah penyelenggara, semua tenaga kesehatan, para guru, staf tata usaha dan tim sarana dan prasarana sekolah, serta orang tua siswa yang sudah memberikan izin.

Senada dengan Bidan Rina Rahmawati, tenaga kesehatan, mengungkapkan walaupun terdapat 20 siswa yang berhalangan hadir, dan 15 lainnya belum mendapatkan izin, namun secara keseluruhan pelaksanaan kegiatan berlangsung lancar dan sesuai dengan harapan. Ditandaskannya, untuk kegiatan vaksinasi ke dua bulan depan siswa dapat kembali menyukseskan kegiatan tersebut.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat sehingga kegiatan vaksinasi pelajar di SMPN 1 Cipongkor berlagsung lancar sesuai dengan harapan. Semoga pada vaksinasi tahap kedua nanti, semua siswa dapat kembali mengikutinya, sehingga hal ini dapat memberikan rasa aman dan nyaman dalam mengikuti kegiatan pembelajaran nanti,”  tandasnya.***

Berita: Adhyatnika Geusan Ulun

Sumber Berita dan Foto: Sintia Isma dan Arieska Oktaviani Saputri  (Staf Tata Usaha  SMPN 1 Cipongkor)