SMPN 3 Padalarang Gelar Gatra Lentera Se-Bandung Raya

Bandung Barat-SMPN 3 Padalarang menggelar Lomba Gatra Lentera bagi anggota Pramuka Penggalang se-Bandung Raya tahun 2024. Kegiatan kepramukaan penggalang yang berorientasi kepada pendidikan Pramuka yang terampil, kreatif dan berbasis kepanduan tersebut, dilaksanakan pada Minggu (3/3/2024) terdiri dari 31 regu, di antaranya 9 regu putra dan 22 regu putri dari 13 Gugus Depan di Kabupaten Bandung Barat, Kota Cimahi dan Kabupaten Bandung.

Kepala Dinas Pendidikan Kab. Bandung Barat, Kak Asep Dendih, dalam sambutannya yang disampaikan  oleh Kepala Bidang Pembinaan SMP, Kak Edi Saprudin, mengapresiasi kegiatan di atas. Menurutnya, kegiatan tersebut sangat bagus untuk perkembangan karakter peserta didik,

Pihaknya berharap agar penyelenggaraan Gatra Lentera kedepan semakin banyak lagi pesertanya. Oleh karena itu, pihaknya mendorong seluruh sekolah negeri dan swasta yang ada di Kab. Bandung Barat untuk turut berpartisipasi.

“Kami berharap peserta yang mengikuti lomba bisa lebih banyak lagi, karena jumlah pangkalan di Bandung Barat untuk sekolah negri dan swasta cukup banyak.¬† Knapa tidak seluruh Kamabigus yang ada di Bandung Barat mendorong anggota pramukanya untuk mengikuti Lomba tersebut.” ujarnya.

Kegiatan Lomba dihadari oleh unsur pimpinan Kwartir cabang Gerakan Pramuka Bandung Barat, Kak Yeyet (Ketua Harian), Kak Shinta (Waka Kominfo), Kak Aan (Bendahara), Kak Syarif (Andalan) dan Kak Joseph (Andalan), serta para Juri yang diundang dari Pusdiklatcab Bandung Barat.

Sementara itu, Ketua Pelaksana, Kak Taufik menyampaikan maksud dan tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mempererat tali silaturahmi antar Pramuka Penggalang se-Bandung Raya. Selain itu, kegiatan tersebut merupakan media dalam kaderisasi kepemimpinan anggota Pramuka Penggalang yang tertuang dalam kegiatan Gladian Pemimpin Regu.

Lebih jauh disampaikan, tema yang diangkat dari Gatra Lentera II tahun 2024 di atas, adalah “Menggalang Tunas Bangsa dengan Trisatya dan Menepati Dasa Darma” serta Moto ” Satyaku Kudarmakan, Darmaku Kubaktikan”.

“Gatra lentera pertama kali diadakan pada tahun 2003 silam, dan mulai digeliatkan kembali ditahun 2024 dengan berbekal pengalaman dan ilmu dari anggota Pramuka SMPN 3 Padalarang yang sudah jauh lebih berkembang dari sebelumnya.¬†Semoga kegiatan ini menjadi tolak ukur kecintaan kita pada pendidikan Kepramukaan di negri kita tercinta. Tetap Memandu!” tandasnya. ***

Kontributor: Humas Kominfo Kwarcab Bandung Barat-Pewarta?editor: Adhyatnika Geusan Ulun.