SOSIALISASI DIGITALISASI PERPUSTAKAAN DI SMPN 1 NGAMPRAH

Ngamprah-(Newsroom). SMPN 1 Ngamprah Kab. Bandung Barat bersama ATPUSI (Asosiasi Tenaga Perpustakaan Sekolah Indonesia)  menyelenggarakan Sosialisasi Digitalisasi Perpustakaan. Kegiatan yang berrtujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan mendorong digitalisasi perpustakaan tersebut,  diikuti Tenaga Perpustakaan, Guru, para Wakasek,  dan warga sekolah lainnya, Sabtu (23/1/21).

Kepala SMPN 1 Ngamprah, H. Sudarmanto,  menyambut baik pelaksanaan digitalisasi perpustakaan tersebut. Menurutnya,  hal ini merupakan langkah maju sebagai upaya mendukung penerapan protokol kesehatan dengan meminimalisasi kontak langsung antara siswa dengan petugas perpustakaan.

“Kami menyambut baik pelaksanaan digitalisasi perpustakaan ini. hal ini adalah langkah maju sebgai upaya mendukung penerapan protokol kesehatan dengan meminimalisir kontak secara  langsung antara siswa dengan petugas perpustakaan,” ungkaonya kepada Newsroom,  (23/1/21).

Sementara iru,  Ketua ATPUSI, Deni Nurzaman, menjelaskan bahwa tedapat dua macam fasilitas perputakaan digital, yaitu aplikasi perpustakaan off line dan aplikasi perpustakaan secara online .

Dipresentasikannya  tentang  langkah-langkah input data seluruh siswa, PTK dan seluruh warga sekolah. Kemudian input data buku baik buku paket mata pelajaran maupun buku lainnya dengan pengkodean berdasarkan barcode yang ditempel di setiap buku
Hal ini sangat mempermudah proses peminjaman yaitu dengan cara scan barcode baik data siswa ataupun identitas buku secara automatis dapat terekam dalam computer.

Dijelaskannya juga bahwa program ini merupakan tindak lanjut dari kunjungannya pada  12 Januari 2021 sebelumnya, dan hal ini disampaikan secara secara umum kepada warga sekolah, terutama pesertanya pegiat literasi dan pengelola perpustakaan sekolah beserta seluruh Wakasek SMPN 1 Ngamprah.

Lebih jauh  Deni Nurzaman menjelaskan bahwa,  selain proses digitalisasi perpustakaan melalui aplikasi perpustakaan, juga seluruh warga sekolah dapat mengakses ribuan e-book yang include dengan aplikasi perpustakaan digital.

Di sisi ain,  Emi Kulsum, Kepala Perpustakaan SMPN 1 Ngamprah, mengapresiasi kegiatan di atas. Menurutnya,  hal ini akan mempermudah pelayanan kepada siswa dan semua warga sekolah. Selain itu,  juga  sekolah akan  memiliki koleksi ribuan e-book yang secara gratis dapat diakses.

Di kesempatan terpisah, Mahfudin Sugandi, Wakasek Humas, menuturkan bahwa program ini sangat membantu guru dan siswa. Pihaknya  akan segera menyosialisasikannya kepada orang tua siswa tentang digitalisasi perpustakaan di SMPN 1 Ngamprah.

Selanjutnya,  Budi Ruhiat,  Wakasek Kurikulum, menandaskan bahwa pelaksanaan digitalisasi perpustakaan merupakan langkah yang strategis dan sangat penting untuk segera dilaksanakan. Hal tersebut untuk menunjang Belajar Dari Rumah (BDR) dalam pelaksanaan PJJ .

“Pelaksanaan digitalisasi perpustakaan merupakan langkah yang strategis dan sangat penting untuk segera dilaksanakan. Hal tersebut untuk menunjang Belajar Dari Rumah (BDR) dalam pelaksanaan PJJ, dimana hal ini sangat membantu siswa dan orang tua untuk dapat memperoleh referensi yang diperlukan pada saat pendalaman materi,” tandasnya.***

Catatan Redaksi: Bagi sekolah yang berminat untuk mengadakan Sosialisasi Digitalisasi Perpustakaan dapat menghubungi Budi Ruhiat,  SMPN 1 ngamprah, di 085220283109
Dan Link web smpn1ngamprah : libsmpn1ngamprah.my.id

Berita: Budi Ruhiat 

Editor: Adhyatnika Geusan Ulun.