TIM PPK BANDUNG BARAT GELAR LAUNCHING DAN BEDAH BUKU MEMBANGUN GENERASI CERDAS BERKARAKTER

Padalarang-(Newsroom). Tim Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Kab. Bandung Barat menggelar launching dan Seminar Bedah Buku Membangun Generasi Cerdas Berkarakter. Acara yang diikuti 37 penulis dan ratusan peserta yang menyimak secara virtual di Zoom tersebut, dihadiri Bunda Literasi Kab Bandung Barat, Sonya Fatmala Hengki Kurniawan, Kepala BNN Kab. Bandung Barat, Dinas Pendidikan Kab. Bandung Barat, dan sekolah yang mendapatkan anugerah dari BNN, diselenggarakan di SMPN 2 Padalarang, Sabtu (25/9/21).

Bunda Literasi Kab. Bandung Barat, Sonya Fatmala Hengki Kurniawan, dalam sambutannya mengapresiasi kegiatan di atas. Menurutnya hal ini menyadarkan semua pihak untuk memahami betapa pentingnya pendidikan karakter. Selain itu, pendidikan karakter harus ditanamkan sejak usia dini, dan tugas tersebut bukan hanya dibebankan kepada guru saja, namun merupakan kewajiban semua pihak.

“Saya mengapresiasi launching dan seminar bedah buku Membangun Generasi Cerdas Berkarakter yang digagas dan ditulis oleh para guru penulis, pengawas penulis di Kab. Bandung Barat. Hal ini sangat penting mengingat pendidikan karakter bukan hanya tugas guru semata, namun tugas dari orang tua, masyarakat, dan semua pihak,” tuturnya kepada Newsroom.

Di sisi lain, kegiatan yang mengambil tema Membangun Generasi Cerdas Berkarakter dan Bersih Narkoba dan dipandu oleh Hj. Eti Rohaeti, Pengawas Pembina, serta Euis Lesmina Djuanda, Kepala SMPN 5 Gununghalu tersebut, dihadiri juga oleh Kepala Badan Nasional Narkotika (BNN) Kab. Bandung Barat, AKBP M. Yulian. Dalam presentasinya, M. Yulian menyampaikan tentang pentingnya edukasi bahaya narkoba kepada generasi muda, terutama pelajar. Menurutnya, sejumlah kasus penyalahgunaan narkotika yang terjadi saat ini dikarenakan, salah satunya kurangnya pengawasan orang tua, dan pemahaman yang masih minim tentang dampak buruk dari benda terlarang tersebut.

Di lain pihak, Ir. Hendarman, Ph.D, Plt. Kepala Puspat Pendidikan Karakter (Puspeka) KemdikbudRistek, memaparkan tentang pentingnya penguatan pendidikan karakter diterapkan di sekolah. Hal ini akan mendorong terwujud Profil Pelajar Pancasila yang merupakan perwujudan pelajar Indonesia sebagai pelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.

Sementara itu, Pemateri bedah buku Membangun Generasi Cerdas Berkarakter, Dadang A. Sapardan, M.Pd menyampaikan terdapat tiga arah kebijakan pendidikan yang menjadi perhatian  Dinas Pendidikan Kab. Bandung Barat, yakni Gerakan Literasi Sekolah, Pendidikan Penguatan Karakter,  dan peningkatan Kompetensi Abad 21. Menurutnya, hal ini menjadi pilar menuju Profil Pelajar Pancasila.

Senada dengan Pemateri lainnya yang juga Koordinator PPK KBB, Iwan Hernawan, MM.,  mengungkapkan terdapat enam ciri utama Profil Pelajar Pancasila, yakni bertakwa kepada Tuhan YME dan berahklak mulia, berkebhinekaan global,bergotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif.  Keenam ciri tersebut harus sudah mulai sekarang ditanamkan kepada para pelajar yang pada akhirnya dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Di kesempatan terpisah, Ketua Penyelenggara, Endang Wahyu Widiasari, mengucapkan terima kasih atas dukungan semua pihak sehingga kegiatan launching dan seminar buku tersebut dapat terselenggara denga baik dan sesuai dengan harapan. Ditandaskannya, kegiatan ini merupakan salah satu dukungan atas komitmen pemerintah dan Dinas Pendidikan Kab. Bandung Barat yang selalu mendorong sekolah, guru, dan siswa untuk selalu menanamkan pendidikan karakter dalam kehidupan sehari-hari.

“Terima kasih kepada Bunda Literasi, Ibu Sonya Fatmala Hengki Kurniawa, Bapak Ir. Hendarman, Ph.D, Bapak AKB M. Yulian, Bapak Kepala Dinas Pendidikan, Bapak Kabid SMP, Bapak Kabid SD, Bapak dan Ibu Pengawas Pembina Disdik KBB, para Kepala Sekolah Penulis, Para Guru Penulis, para peserta yang menyimak secara virtual, juga rekan-rekan panitia yang sudah mendukung terselenggaranya acara ini. Sehingga kegiatan dapat berlangsung dengan baik , sesuai harapan semua pihak. Semoga hal ini menjadi langkah dan karya nyata kami dalam mewujudkan Profil Pelajar Pancasila melalui pendidikan karakter yang semuanya dicurahkan dalam buku antologi Membangun Generasi Cerdas Berkarakter,” tandasnya.***

Berita dan Foto: Adhyatnika Geusan Ulun