Bergerak Bersama, Lanjutkan Merdeka Belajar!

Dr. H. Rustiyana, ST., MT., M.Pd., M.A.P
(Sekretaris Dins Pendidikan KBB)

 

Selamat Hari Pendidikan Nasional tahun 2024! Saatnya kita bersama-sama mengambil langkah maju dalam mewujudkan visi pendidikan yang inklusif dan bermakna. Tema “Bergerak Bersama, Lanjutkan Merdeka Belajar” mengajak kita untuk terus mendorong semangat belajar tanpa batas, membebaskan potensi setiap individu, dan menciptakan ruang belajar yang kreatif serta inklusif.

Di tengah dinamika zaman, pendidikan menjadi tonggak penting dalam mempersiapkan generasi penerus. Mari kita lanjutkan semangat Merdeka Belajar untuk memastikan bahwa setiap anak-anak Indonesia mendapatkan kesempatan yang sama untuk belajar dan berkembang. Dalam meraih visi ini, kolaborasi dan kebersamaan dari seluruh elemen masyarakat sangatlah penting.

Bergerak Bersama mencerminkan semangat untuk bekerja secara kolektif: pendidik, orang tua, pemerintah, serta masyarakat secara keseluruhan. Bersama-sama, kita dapat memastikan akses pendidikan yang merata dan berkualitas untuk semua anak Indonesia. Langkah ini menghadirkan harapan untuk masa depan yang lebih cerah dan sejahtera bagi bangsa ini.

Lanjutkan Merdeka Belajar menjadi panggilan untuk menjunjung tinggi nilai kebebasan dalam proses belajar-mengajar. Setiap individu memiliki potensi unik yang perlu ditemukan, dipupuk, dan diberdayakan. Pendidikan yang membebaskan memungkinkan kita mengeksplorasi passion, menumbuhkan kreativitas, dan menghadapi tantangan masa depan dengan percaya diri.

Seiring dengan peringatan Hari Pendidikan Nasional, mari kita peringatkan semangat juang para pahlawan pendidikan yang telah berjuang keras demi menyediakan akses pendidikan bagi semua. Terima kasih kepada semua guru, dosen, pengajar, dan tenaga pendidik yang tak kenal lelah memberikan ilmu dan inspirasi kepada generasi muda.

Jadikan Hari Pendidikan Nasional tahun 2024 sebagai momentum untuk merefleksikan komitmen kita terhadap pendidikan yang lebih baik. Mari kita bersama-sama bergerak maju, melanjutkan semangat Merdeka Belajar, dan mewujudkan cita-cita besar pendidikan untuk Indonesia yang lebih unggul dan berdaya saing. Selamat Hari Pendidikan Nasional!