SMPN 3 SAGULING PERINGATI HUT RI DAN TAHUN BARU ISLAM

Saguling-(Newsroom). SMPN 3 Saguling Kab. Bandung Barat memperingati HUT RI ke 76 dan Tahun Baru Islam 1443 H. Kegiatan yang diisi dengan sejumlah lomba virtual dan berlangsung dari 17-21 Agustus 2021 tersebut, diikuti oleh seluruh siswa.

Kepala SMPN 3 Saguling, Nani Sulyani, mengungkapkan program di atas merupakan aksi nyata sekolah dalam memperingati momen bersejarah nasional dan keagamaan. Pihaknya mengapresiasi kegiatan tersebut sebagai salah satu upaya untuk menggali potensi dan kepercayaan diri siswa sekaligus melatih karakter integritas seluruh civitas warga sekolah.

“Alhamdulillah kami bersyukur atas karunia Allah Swt, karena atas karunia-Nya kita dapat menikmati suasana merdeka. Kami turut memeriahkan HUT RI yang ke-76 dan Tahun Baru Islam 1443 H dengan berbagai lomba-lomba kreativitas siswa secara virtual. Meskipun masih dalam suasana PPKM, namun diharapkan kita tetap memiliki sikap integritas yang tinggi kepada bangsa dan negara,” ungkapnya kepada Newsroom,Selasa (24/8/21).

Disampaikannya, lomba-lomba yang digelar bukan semata untuk mencari pemenang, namun lebih ditekankan kepada ajakan berekspresi, mengembangkan rasa percaya diri serta menggali potensi siswa. Oleh sebab itu kegiatan ini terlaksana dengan penuh kegembiraan dan sederhana, terutama menjadi momentum untuk berani berproses dan dan pantang menyerah.

Menurutnya, kegiatan di atas juga bertujuan untuk menumbuhkan sikap nasionalisme dan religiusitas pada siswa, mengajarkan mereka agar mampu melatih diri untuk hidup selara dan seimbang.

Lebih jauh disampaikan, terdapat lima jenis lomba, yakni musikalisasi puisi, fashion show, menggambar dan mewarnai dengan tema Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh, kreasi ucapan selamat HUT RI dan Tahun Baru Islam, serta lomba dakwah dengan tema Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh dalam Pandangan Islam. Semuanya dikirim berupa video yang diunggah siswa ke link yang sudah disediakan sekolah.

Keluar sebagai pemenang pertama, kedua dan ketiga, yakni Rio Reypan (kls 8B), Nopita Ambarwati (9A), Niar Rahayu (7) untuk lomba puisi. Sementara untuk fashion show, Laras Anjani (9A), Sri Rahayu (kelas 7), dan Putri Salwa O (8A).

Selanjutnya, untuk lomba menggambar dan mewarnai keluar sebagai pemenangnya adalah Afdal Santana (7), Rohmah Romadhoni (9A), dan Dini Viani (8A). Sedangkan untuk kreasi ucapan, yakni Susi Lestari (9A), Neng Syifa Jamilah (7), dan Adelia Rahayu (9A). Sementara untuk dakwah, yakni Yulianti (9A),dan Taufik Agus Somantri (8B).

Di sisi lain, Zayyin. Panitia kegiatan, berharap kegiatan tersebut bisa menginspirasi siswa agar mampu meningkatkan kepercayaan diri dan lebih kreatif. Demikian juga Yeye, salah satu panitia,  berpesan bahwa kemenangan bukanlah tujuan, namun yang lebih penting adalah tumbuhnya semnagat rajin dan giat bekerja.

“Kami sangat mengapresiasi kegiatan ini. Untuk itu kami berharap kegiatan ini bisa menginspirasi siswa agar mampu meningkatkan kepercayaan diri dan lebih kreatif, dan kami berpesan bahwa menang bukanlah segalanya, tapi menginginkan kemenangan itulah yang terpenting dan sukses adalah milik mereka yang rajin dan giat bekerja,” harap Zayyin.

Di lain pihak, Taufik, salah seorang pemenang lomba, mengungkapkan rasa terimakasih dan bahagianya karena kegiatan tersebut merupakan tantangan baru untuk belajar dalam menyalurkan potensi dan bakatnya

“Perlombaan ini adalah pengalaman yang pertama untuk saya, dan saya merasa senang. Selain itu, hal tersebut merupakan tangtangan sekaligus peluang bagus untuk kami belajar menyalurkan bakat. Saya sangat berterimakasih pada Bapak dan Ibu yang selalu memberi semangat dan arahan untuk kami selalu bisa kreatif,” pungkasnya.*

 

Berita: Riska Mutiara

Sumber Berita: Eva Dzahara (SMPN 3 Saguling)

Editor: Adhyatnika Geusan Ulun