TINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN, SMPN 3 NGAMPRAH GELAR IHT

Ngamprah(Newsroom) SMPN 3 Ngamprah Kab. Bandung Barat dalam upayanya meningkatkan kualitas pembelajaran dan kompetensi guru, menyelenggarakan In House Training (IHT). Kegiatan yang diselenggarakan secara virtual tersebut disiarkan secara langsung melalui CEGUM TV, sebuah kanal youtube, berlangsung dari 27 Februari-2 Maret 2021.

Kepala SMPN 3 Ngamprah, Mepi, mengungkapkan bahwa kegiatan di atas diselenggarakan sebagai langkah pihaknya dalam mendukung pembelajaran jarak jauh. Menurutnya, kegiatan ini juga dilaksanakan untuk memotivasi warga sekolah dalam meningkatkan kinerja dan kompetensi.

“Kegiatan IHT ini diselenggarakn untuk lebih meningkatkan pembelajaran jarak jauh dengan mutu pembelajaran yang berkualitas. Dengan adanya kelas interaktif yang lebih hidup lagi bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun, diharapkan kegiatan ini menjadi motivasi yang lebih baik lagi bagi guru-guru yang berada di SMPN 3 ngamprah. Sehingga dapat meningkatkan kinerja dan kompetisi masing-masing guru,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala BIdang Pendidikan SMP Dinas Pendidikan Kab. Bandung Barat, Asep Nirwan, menuturkan bahwa kegiatan di atas merupakan salah satu dukungan sekolah kepada pemerintah dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran dan kompetensi guru. Oleh karena itu pihaknya mengapresiasi program tersebut dan berharap agar hasilnya dapat diimplementasikan ke dalam pembelajaran.

“Kegiatan IHT yang dilakukan secara online ini baru pertama kali dilaksanakan selama masa pandemi. Dengan adanya IHT diharapkan dapat membangkitkan motivasi dalam pembuatan media pembelajaran yang langsung diterapkan kepada peserta didik, sebagai guru penggerak kegiatan ini sangat mendukung, jadikanlah materi yang telah disampaikan oleh pemateri sebagai upaya untuk meningkatkan diri, karena IHT itu tujuannya untuk memunculkan potensi diri dan bisa lebih maju lagi dimasa yang akan datang,” tuturnya saat membuka secara resmi kegiatan.

Di sisi lain, Dati Dahliana, pemateri Canva for Education, memaparkan bahwa kegiatan yang dikemas secara menarik tersebut menggunakan channel youtube milik Cecep Gumilar, yang memberikan kesan sepeti sedang berada di studio televisi dengan teknologi mutakhir.

Lebih jauh disampaikannya kepada Newsroom (1/3/21) bahwa selain Kabid SMP Disdik KBB, Kepala SMPN 3 Ngamprah, hadir juga Citra Roska Awaliyah yang membawakan materi Google Suite, Dati Dahliana, dan dipandu oleh Nenden Amalia, Asep Iman Nurjaman, dan Dwitina.

Di kesempatan terpisah, Yeni Suryani, menadaskan bahwa kegiatan tersebut sangat bermanfaat dam meningkatkan kualitas dirinya, terutama dalam mengembangkan media pembelajaran.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat sekali untuk pengembangan media belajar, jadi guru-guru bisa mengupgrade dirinya, dengan tutor sebaya ini juga dapat meningkatkan pengembangan pembelajaran dimasa pandemi, semoga dikemudian hari ada kegiatan IHT lainnya,” pungkasnya.***

Sumber berita: Dati Dahliana, M.Pd (SMPN 3 Ngamprah)

Editor: Adhyatnika Geusan Ulun